Sukses Menjalankan Bisnis Online MLM Jaringan



Mengikuti bisnis Online jaringan, pada dasarnya intinya yang dikerjakan adalah menjual produk dan merekrut member. setelah banyak merekrut member jadi merasa harus bertanggungjawab karena sudah merekomendasikan atau mengajak untuk menjadi member dijaringan saya. paling tidak agar member yang saya ajak tidak rugi, dan tantangan saya ingin membuktikan atas kalimat promosi yang saya tawarkan pada proses perekrutan member, salah satunya yaitu mendapatkan penghasilan pasive income dari bisnis yang saya rekomendasikan. saya sudah menghasilkan dari bisnis mlm ini saya pun berbagi cara yang saya lakukan sehingga saya mendapatkan komisi, tapi dalam prakteknya member ada yang belum memahami sehingga kesulitan dala menjalankan bisnis yang saya rekomendasikan.

Untuk itu pada hari ini saya posting blog tentang Apa itu Bisnis MLM dan bagaimana agar sukses dari bisnis MLM ini berikut ulasannya

Sebelumnya Kenapa memilih bisnis MLM / jaringan, berikut ada sedikit kutipan

Menurut Robert T.Kiyosaki dalam bukunya, ada tiga tipe sistim bisnis yang digunakan saat ini.
Pertama, perusahaan tradisional, dimana seseorang membangun sisitm sendiri.
Kedua, franchises, yang sistimnya dapat dibeli-memegang franchises.
Ketiga MLM, yaitu suatu sistim yang dapat anda beli dan menjadi bagian dari sistim tersebut.
Dari ketiga tipe itu, maka rekomendasinya pada MLM untuk pindah ke kuadran kanan.

Kenapa pilihannya pada MLM ? Robert bercerita soal temannya, seorang milyader real estat, yang menjadi distributor MLM. Padahal temannya itu dikenal tidak membutuhkan uang. “Tapi ia begitu semangat, sehingga membuat saya kaget. Saya bertanya, kenapa dia terjun ke MLM ?” tutur Robert pada majalah Network Marketing Lifestyle.

Ternyata jawaban sang teman sungguh tak terduga. Dia ingin menolong orang lain mendapatkan passive income, seperti halnya diperoleh di real estat. “Banyak orang bertanya pada saya, bagaimana caranya memperoleh passive income di real estat. Padahal mereka tidak punya latar belakang pendidikan seperti saya, juga tidak punya modal tambahan untuk investasi di real estat,” tutur sang teman. Dia percaya, MLM memberikan peluang pada masyarakat untuk membangun passive income, sekaligus mendukung mereka belajar menjadi investor profesional.

Karena itu, Robert akhirnya maklum bila temannya atau masyarakat begitu tertarik kepada MLM. Sebab, dibandingkan waralaba, modal yang dilontarkan bisnis ini relatif kecil-hanya membeli starterkit untuk keanggotaan. Bahkan, Robert mengistilahkan MLM itu seperti halnya membeli “waralaba” kepribadian, mengingat muara dari bisnis MLM merekrut orang dan membentuk jaringan. Namun, Robert mengingatkan, sukses di MLM ataupun salah satu di kuadran kanan tetap bekerja keras dan antusias. Sebab ia telah meneliti beberapa perusahaan MLM, baik mengenai produk, marketing plan maupun rancangan pendidikan (training). Hasilnya? Robert merekomendasikan untuk masuk ke kuandran kanan lewat MLM, kuncinya bukan produk. Melainkan rancangan pendidikan yang ditawarkan perusahaan MLM.

“Saya melihat, ada beberapa perusahaan MLM yang hanya tertarik menjual sistimnya kepada masyarakat. Tapi ada juga yang mendidik dan membantu anda mencapai kesuksesan.” Robert mengaku, dari hasil penelitiannya tentang MLM, menemukan dua hal penting yang dapat dipelajari-pertama, mengatasi ketakutan, dan kedua, bagaimana menjadi pemimpin.

Menurut Robert, sukses dapat diraih, bila seseorang belajar mengatasi ketakutan terhadap penolakan, dan cuek terhadap penilaian orang tentang Anda. Sebagai contohnya, Robert menyebut ayahnya mendorong bekerja di perusahaan xerok selama empat tahun. “Dorongan ayah saya ini, agar saya dapat mengetasi rasa malu dan takut pada penolakan.” Jadi yang penting, janganlah mendengar pendapat orang, melainkan pendapat Anda sendiri, kenapa melakukannya?

Lalu, pelajarilah bagaimana orang sukses itu dapat memimpin bawahannya? Sebab, latar belakang, merupakan hal tersulit dalam bisnis. “Saya sering menemukan pemimpin alami, punya kamampuan interaksi dan memberi inspirasi kepada orang lain. Ini merupakan keahlian yang tak ternilai yang dapat di pelajari.”

Menurutnya, transisi dari kuadran kiri ke kuadran kanan, bukan sesuatu yang harus anda lakukan. Melainkan apa yang Anda inginkan. Jadi, kata Robert, jika anda belajar mengatasi penolakan, tidak terpengaruh oleh perkataan orang dan belajar memimpin, akan menemukan kemajuan. Disinilah, rekomendasi Robert dalam memilih perusahaan MLM, patutu disimak dengan baik-baik. Setidaknya, bagaimana perusahaan MLM itu dapat membangun Anda tidak sekedar sebagai sales. Tapi, lebih dari itu.

Lalu bagaimana menjalankan Bisnis MLM Jaringan 

Berikut ada tips yang saya kutip dari beberapa sumber
Pertama saya dari sites google yang berjudul 7 Tips Sukses Menjalankan Bisnis MLM Online

1. Berdoa.
Awali semua dengan doa meminta kepada Allah SWT agar dberikan kelancaran dalam menjalan bisnis online MLM ini.

2. Sesuaikan modal dengan kemampuan finansial anda.
Jangan mudah tergoda dengan keuntungan sedemikian rupa dengan modal yang cukup besar. Karena bisnis ini bukan bisnis 30 menit duduk di depan komputer dapat jutaan rupiah. Sesuaikan modal dengan kemampuan finansial yang anda miliki. Baru jika kita sudah yakin dengan kemampuan finansial kita maka silahkan upgrade ke level yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar pula.

3. Jangan Memaksa orang lain untuk menjadi downline anda.
Sesuatu di dunia ini bila dilakukan dengan terpaksa tanpa rasa ikhlas di hatinya maka hasilnya pasti tidak akan baik. Selain itu hal ini hanya akan membuang – buang waktu anda dalam mencari downline. Jika ada kemungkinan orang tersebut tertarik, bantu dia terus, berikan support dan juga berikan dia motivasi jika bisnis MLM bisa menghasilkan pundi – pundi rupiah. Jika dari awal nya sudah tidak mau langsung tinggalkan saja.

4. Jangan Malu bertanya.
Jika anda menemui kendala dalam berbisnis ini segera tanya hal tersebut kepada 2 orang yakni Upline dan Pemilik Bisnis MLM tersebut.

5. Perkuat skill anda dalam berpromosi [Belajarlah teknik Internet Marketting].
Kunci utama dalam bisnis online ini adalah downline. Tanpa downline bisnis ini tidak akan jalan. Maka dari itu seperti yang saya katakan di atas maka dibutuhkan teknik promosi yang tepat sasaran.

6. Gunakan Metode Newsletter.
Metode Newsletter adalah teknik membangun daftar nama yang sangat penting untuk keberhasilan pemasaran jaringan seperti MLM ini. Proses yang terus menerus mengirimkan update pelanggan dan feedback dalam newsletter yang pada akhirnya mendorong pelanggan untuk ikut program ini.

7. Buat Downline anda menghasikan seperti anda.
Mengasilkan itu penting. Namun tidak jauh lebih penting jika kita mampu membuat downline anda menghasilkan. Dan ini yang sampai saat ini menjadi tantangan bagi diri saya dan akan saya terus pelajari dan terus saya pelajari. Tujuan atau output dari kiat nomor tujuh ini adalah agar kita belajar menghilangkan sifat rakus dalam diri kita sekaligus belajar bersyukur atas segala pemberian dari Allah SWT.
Pada dasarnya Inti dari bisnis MLM adalah duplikasi, bagaimana menduplikasikan metode yang terbukti sukses dalam mengembangkan jaringan kepada seluruh downline Anda.

Kedua,  saya kutip dari way2diamond.biz berjudul Tips Sukses Membangun Bisnis MLM


Tips ke-1: Rutin Merekrut

Distributor/Leader MLM harus rajin merekrut anggota baru. Hampir semua distributor/leader sukses mengakui bahwa kunci sukses mencapai level penghasilan tinggi adalah dengan rajin mensponsori anggota baru. Kita bisa mengkalkulasi berapa penghasilan yang ingin kita dapatkan dengan mencapainya sesuai jumlah anggota baru. Sekalipun kita sudah mencapai level penghasilan tinggi kita tetap harus merekrut anggota baru.

Tips ke-2: Membina Leader

Meskipun rutin merekrut, yang lebih penting lagi adalah menemukan anggota (member) yang bakat sebagai seorang leader. Pemimpin inilah yang kelak dapat kita andalkan untuk membantu jaringan MLM yang kita kembangkan. Dalam kenyataannya, banyak distributor baru yang hanya puas sebagai pelanggan namun tidak berniat mengembangkan bisnis. Binalah calon leader ini dengan baik agar dapat bekerjasama dengan kita.

Tips ke-3: Persistensi dan konsistensi

Distributor MLM harus memiliki persistensi (kegigihan) dan konsistensi (ketekunan) di bidangnya. Dalam menjalankannya pasti banyak halangan maupun rintangan. Perbedaan antara leader yg sukses dan yang biasa saja adalah sikap mereka dalam menghadapi tantangan maupun hambatan. Leader yang sukses adalah leader yang tahan banting dan tidak mudah menyerah.

Tips ke-4: Serius Berbisnis

Seorang leader yang sukses tidak menganggap bisnisnya sebagai pekerjaan sambilan. Mereka betul-betul serius menjalankan bisnis, dan mau mebekali bisnisnya dengan berbagai peralatan yang dibutuhkan seperti: telepon, komputer, kartu nama, flyer, website atau blog. Mereka tidak suka terlalu bergantung pada upline. Mereka layaknya seperti pengusaha mandiri yang memiliki perusahaan sendiri atau seperti para penerima waralaba (franchise).

Tips ke-5: Mitra Tepat

Carilah downline yang mau memakai produk kita, mau melakukan pertemuan rutin, mau membuat daftar prospek, mau menuliskan tujuan. Mau menetukan jumlah jam aktif, dan benar-benar mau menjalankan bisnisnya.

Tips ke-6: Pengetahuan Produk

Pengetahuan produk diperlukan bagi distributor MLM yang ingin memperluas jaringan pemasaran. Hal yang paling mendasar adalah kita harus menguasai dengan baik pengetahuan tentang produk dan sistem bisnis yang kita tawarkan. Orang akan mundur jika menganggap sistem bisnis kita terlalu rumit atau terlalu sulit untuk diaplikasikan.

Tips ke-7: Beri Penghargaan

Distributor MLM harus pandai pula memberi penghargaan kepada downline-downlinenya agar mereka terpacu untuk mengembangkan usaha. Inilah celah yang dapat kita gunakan untuk memotivasi mereka agar semakin bersemangat untuk mengembangkan usaha. Penghargaan tersebut dapat kita berikan berupa barang atau pujian.

Tips ke-8: Duplikasi

Ini merupakan syarat mutlak bagi kesuksesan bisnis MLM. Semakin baik kita melakukan duplikasi, semakin besar jaringan kita berkembang. Tanpa duplikasi, efek penggandaan di dalam bisnis network marketing seperti MLM tidak akan berjalan lancar.

Tips ke-9: Solid

Kesuksesan jangan membuat kita lengah. Kita tidak boleh berhenti. Kita harus terus bekerja keras untuk memperkuat jaringan. Sudah umum terjadi dalam bisnis MLM setiap dua langkah maju ke depan selalu diikuti satu langkah mundur ke belakang. Jadi, milikilah target pribadi untuk berprestasi. Contoh: jika kita butuh 10 member baru maka kita harus mampu memprospek 15 – 25 orang calon member.

Tips ke-10: Keyakinan

Kita harus yakin sepenuhnya terhadap perusahaan MLM yang kita pilih untuk mewujudkan mimpi kebebasan finansial.

Sumber: Buku Multilevel Marketing, Money Game & Skema Piramid


KUNCI UNTUK SUKSES
1. BELAJAR
Konsultasi, ikut home sharing, menghadiri OPP, mengikuti Training

2. MELAKUKAN
Membuat daftar nama calon prospekan, melakukan presentasi, follow up, mengundang ke pertemuan OPP, melakukan edifikasi

3. MENGAJARKAN/MENDUPLIKASIKAN
Membina jaringan




Ketiga, saya kutip dari sayaagel88  yang berjudul  6 Strategi Membangun Jaringan MLM yang Kuat untuk Kunci Kesuksesan Anda

1. Membangun Impian Bersama

Membangun impian adalah pertama yang selalu dianjurkan ketika mulai menjalankan bisnis MLM , tetapi hal yang tidak kalah pentingnya adalah membangun impian bersama. Pertemukan bersama impian anggota jaringan anda. Satukan langkah dan coba semakan visi dan presepsi dulu , baru kemudian bangun jaringan bisnis MLM anda.

2. Lakukan Duplikasi

Ingin jaringan bisnis anda berkembang baik ? Lakukan duplikasi dengan benar dan bertahap. Di network marketing , tanpa ada duplikasi , bisnis MLM anda akan berjalan lambat dan kurang gairah. Anda harus meniru langkah orang yang sudah sukses di bisnis MLM anda , dan kembangkan keahlian itu dalam diri anda. Sesudah menguasai hal itu ajarkan kepada downline anda dengan sabar dan tekun tahap demi tahap sesuai dengan kemampuan dari downline anda. Anda harus siap membayar harganya jika ingin mencapai sukses , dengan bekerja keras dan menyediakan waktu untuk bisa membentuk jaringan yang besar.

3. Terus Belajar dan Inovatif

Banyak leader – leader MLM yang sukses dan cepat meraih keberhasilan karena banyak belajar. Tentunya anda harus belajar dari upline atau leader anda , lakukan sharing , Tanya jawab dan solusi pemecahan masalah. Belajar juga bisa dilakukan dengan menghadiri acara presentasi bisnis. Dengarkan dan catat semua tips dan kiat – kiat sukses dari para leader untuk membangun semangat anda. Yang juga penting adalah membaca buku , mendengarkan kaset dan vcd yang bermanfaat buat pengembangan diri dan pengembangan bisnis MLM anda. Jika anda punya akses internet , anda juga bisa belajar website motivasi dan website belajar online.

4. Jadilah Pelaku Sekaligus User

Sebagai distributor MLM tidak hanya bisa menjual , tetapi wajib menggunakan produk dari MLM yang anda jalani, sehingga manfaat dan kegunaan dari produk tersebut benar – benar anda rasakan sendiri. Pada saat menawarkan kepada calon pembeli atau member baru , anda dengan mudah dan percaya diri bisa mempresentasikannya. Jadi , pergunakan produk MLM anda untuk diri anda sendiri , baru kemudian ditawarkan kepada orang lain.

5. Pergunakan Tehnik Edifikasi

Jika anda baru memulai , anda mungkin belum mahir untuk melakukan presentasi. Lagipula kebanyakan orang yang dipresentasi selalu bertanya apa yang sudah anda capai, sementara anda belum mencapai sukses. Gunakan edifikasi , suatu langkah menawarkan sebuah bisnis MLM anda dengan memberitahukan leader yang sudah sukses di bisnis MLM tersebut. Tujuannya memotivasi calon downline. Mintalah upline leader anda yang sudah sukses untuk membantu anda melakukan presentasi.

6. Lakukan Team Work

Bisnis Network Marketing adalah bisnis kepercayaan, erat sekali kaitannya berbisnis secara gotong royong. Usahakan membentuk Teamwork yang solid. Jalin komunikasi yang baik dengan Leader , upline dan downline anda secara terus menerus, ini penting sebab tanpa berkomunikasi , anda akan terlambat memonitor informasi terbaru, terlambat bergerak dan terlambat untuk melakukan percepatan bisnis.

Di era internet , buatlah blog atau website bisnis sendiri , lalu promosikan blog / web anda di media website yang khusus mengulas tentang bisnis MLM. Dengan begitu peluang mendapatkan downline / prospek melalui internet sangat besar.

Sumber : Majalah Motivation edisi maret 2008

LALU BISNIS MLM JARINGAN APA YANG DIREKOMENDASIKAN KLIK DISINI





Cari Tool Internet Marketing, Tool Facebook, Tool Instagram, Tool Youtuber dan Informasi Produk Digital Indonesia Terbaru Lainnya Selengkapnya disini Blog Review Produk Digital Indonesia

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sukses Menjalankan Bisnis Online MLM Jaringan

6 komentar:

  1. Sekarang Berbisnis MLM Sudah Tidak Melelahkan Lagi.. Bagaimana Mendapatkan 375 Prospek dan 29 Downline dalam 30 Hari.. Tanpa Presentasi, Jualan, atau Bahkan Mengejar-Ngejar Prospek! Pelajari ilmunya di: http://bit.ly/1fZ6olz

    ReplyDelete
  2. Bisnisnya bagus min.
    ada juga nih produk yang lagi booming
    chek well => www.kiostiket.com

    ReplyDelete
  3. Bagi Anda Khusus nya Perokok ,,, Kami menawarkan sebuah produk yang sangat luar biasa pemasaran nya di indonesia, yaitu produk “ROKOK SIN herbal gurah dan terapi” dari PT. TRIDAYA SINERGI INDONESIA. sebuah konsep bisnis dari kebiasaan, merubah polusi menjadi terapi, dan merubah pemborosan menjadi penghasilan.. alangkah indah nya apabila anda sudah terbiasa mengkonsumsi produk ini, Selain anda tetap aman dan sehat dalam mengkonsumsinya, juga anda akan mendapat kan berbagai macam bonus bonus yang di tawarkan oleh perusahan… seperti bonus cash back (pembelanjaan pribadi minimal 1 bks perhariatau 30 bks perbulan), bonus sponsor, bonus level (hingga kedalaman level 10) , bonus belanja mitra/downline (hingga kedalaman level 10), dan puncak nya yaitu bonus royalti nasional. peraih royalti nasional diantaranya :
    - UM Rp 50/bks x omzet nasional
    - GM Rp 50/bks x omzet nasional
    - SM Rp. 75/bks x omzet nasional
    - Director 175/bks x omzet nasional
    - Presdir 225/bks x omzet nasional

    bagi anda yang berminat silah kan menghubungi 0878-2805-8567 pin 74193cb4
    untuk info lebih jelas di http://www.tridayasinergi.com

    ReplyDelete
  4. Sangat memberikan pencerahan buat pemula seperti saya... Berkunjung ke rumah kita juga yaa,,, http://pebisnisonlinemarketing.blogspot.com Semoga sukses selalu
    http://syariah-e-miracle.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. sangat bagus dan dapat menginfirasi buat calon hebat pembisnis mlm.thaks,

    ReplyDelete
  6. no downline no money kaka

    http://jildhuz.com/2016/03/20/kutu-loncat-mlm/

    ReplyDelete

loading...