Sudahkan Anda Mengenal Rubella? Penyakit Infeksi Virus ini Ternyata Mudah Sekali Menular

11:27:00 Storybookchildren Bahasa Indonesia 0 Comments

Mengenal-Rubella
Mengenal Rubella dengan baik akan menjauhkan Anda dari penyakit yang ternyata mudah menular ini. Soalnya data WHO tahun 2016, di Indonesia kasus rubella jumlahnya sudah lebih dari 800 kasus. Jumlah ini saja belum termasuk penderita yang belum terdata karena tidak memeriksakan dirinya ke laboratorium. Sebenarnya, Rubella itu penyakit seperti apa sih?

Rubella juga biasa disebut campak jerman. Ruam merah pada kulit menjadi penanda utama penyakit yang terjadi karena infeksi virus  rubella ini. Virus ini sangat mudah menyerang dan menular dari cairan yang keluar dari si penderita. Cairan tersebut dapat berupa air liur dan ingus. Bahkan ketika Anda menggunakan piring, sendok, atau gelas yang sama dengan penderita, kemungkinan Anda juga akan tertular jika menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Penyakit yang dapat menyerang anak-anak dan dewasa ini memiliki beberapa gejala. Gejala tersebut akan terlihat setelah 14 sampai 21 hari setelah virus ini menyerang. Gejala-gejala tersebut berupa deman, sakit kepala, hidung pilek atau tersumbat, tidak nafsu makan, kemudian mata memerah. Setelah itu akan terjadi pembekakan kelenjar limfa pada area telinga dan leher.

Penyakit ini jika tidak diatasi akan menimbulkan ruam merah, seperti bintik-bintik kemerahan. Bagian wajah yang pertama akan terkena, lalu menyebar ke bagian tangan, kaki, dan badan. Ketika Anda mengaruk-ngaruk, penyebaran ruam ini akan semakin parah. Selain itu, nyeri sendi pun akan penderita rasakan. Terkena penyakit ini, Anda akan menahan sakit tersebut kira-kira 1 sampai 3 hari.

Lalu, bagaimana cara sederhana untuk mengatasi Rubella?

Yang pertama Anda harus mengetikan pekerjaan Anda dan perbanyak istirahat. Ditambah lagi, minum air putih lebih banyak agar tidak dehidrasi. Untuk gejala demam dan nyeri sendi, Anda dapat mengkonsumsi obat penghilang deman seperti parasetamol. Untuk menghilangkan sakit sendi dan deman obat ibuprofen direkomendasikan untuk dikonsumsi.


Rubella juga akan menyakiti tenggorokan dan membuat flu, karena itu atasi dengan minum air hangat ditambah madu dan air perasan lemon. Itulah sedikit ulasan agar Anda mengenal rubella dan mengetahui cara mengatasinya.


Baca Juga

You Might Also Like

0 komentar: