Skip to main content

follow us

Atribut yang dikenakan PMR dan Kelengkapan lainnya

PMR (Palang Merah Remaja), apa saja atribut PMR yang dikenakannya, ternyata secara detail atribut PMR ini banyak macamnya ada topi, slayer, badge PMI yang terpasang di seragam, kemudian seragam lapangan Rompi PMR, Kaos selain itu ada beberapa peralatan penunjang yang perlu diketahui untuk proses belajar dan praktek seperti buku materi PMR, peralatan pertolongan pertama seperti tas PP, tandu lipat, Bidai, Mitela, berikut ulasan lengkapnya.

Sebelum mengulas atribut PMR yang dikenakan PMR, perlu kita ketahui Keanggotaan dan tingkatan PMR di Indonesia, ada 3 tingkatan PMR sesuai dengan tingkat pendidikan atau usia

1. PMR Mula adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Dasar (10-12 tahun). Warna slayer hijau muda.

2. PMR Madya adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Menengah Pertama (12-15 tahun). Warna slayer biru langit.

3. PMR Wira adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Menengah Atas (15-17 tahun). Warna slayer kuning cerah.

Dari sini kita perhatikan ada perbedaan pada slayer salah satu atribut PMR yang merupakan salah satu atribut yang dikenakan PMR.

Atribut PMR ini sering menjadi persoalan kegiatan PMR ketiga ada kegiatan bersama antar unit PMR, atribut PMR nya kok tidak sama, berikut dari sumbernya ternyata ada pedoman atribut yang dikenakan oleh PMR, dengan begitu pada saat kegiatan seragam dan atribut PMR semuanya seragam. simak juga 7 Alasan Kenapa Lebih Memilih Eskul PMR (Palang Merah Remaja)

Beberapa Atiribut yang dikenakan PMR dan Kelengkapan lainnya

Ada beberapa yang saya ulas yaitu seragam PMR harian (PDH), Seragam Lapangan (PDL) dan kelengkapan lainnya, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Seragam PMR Harian (PDH)

1. Badge PMR
Badge PMr ini terpasang di lengan baju sebelah kanan, tiap tingkatan berbeda warna pada tulisan palang merah remaja Mula Hijau, Madya biru, Wira kuning.
Namun demikian jika melihat pedoman yang ada tidak ada perbedaan warna semua sama pada tulisan palang merah remaja berwarna putih.

Jadi sepertinya untuk badge yang terpasang dilengan ini menjadi selera masing-masing, ada yang sesuai pedoman ada tambahan warna pada backgroundnya hijau, biru merah sesuai tingkatan.

Kemudian diatas saku terpasang logo PMI, dari beberapa badge yang ada, secara keseluruhan terlihat pada seragam PMR seperti gambar dibawah ini 
2. Topi PMR
Topi PMR sesuai pedoman yang ada berwarna biru dongker, bagian depan logo PMI dan bertuliskan Palang Merah Remaja, kemudian dibagian sisi bertuliskan PMR dan bagian sisi nya lagi bisa bertuliskan nama sekolah.

Ini topi standar yang dijual dipasaran
Topi PMR juga bisa dipesan dengan prinsip depan bertuliskan Palang Merah Indonesia disisinya bisa bertuliskan nama sekolah kemudian sisinya lagi bertuliskan nama pemilik topi.

Berikut contoh foto gambar topi PMR saat dikenakan

3. Slayer PMR
Atribut PMR selanjutnya slayer PMR juga memiliki perbedaan disetiap tingkatan dengan gambar sebagai berikut : PMR wira berwarna kuning, madya biru dan mula hijau dengan logo PMI, untuk logo PMI bisa dari sablon ada juga yang bordir. Berapa ukuran slayer PMR ? Berikut gambar ukuran slayer PMR 180 cm x 90 cm Berikut gambar slayer PMR saat dikenakan Itulah beberapa atribut yang melekat pada seragam PMR ada badge, Topi dan Slayer, simak juga ulasan sebelumnya : Toko Jual Online Topi PMR, Slayer PMR dan Badge PMR

Seragam PMR lapangan (PDL)
1. Rompi PMR
Untuk kegiatan PMR dilapangan seringkali yang digunakan lebih praktis menggunakan rompi PMR, untuk desainnya semua PMR sama ada pedomannya, yang membedakan hanya dibagian sisi sesuai dengan tingkatan yaitu mula berwarna hijau, madya berwarna biru, wira berwarna kuning.

2. Kaos PMR

Seragam PMR lapangan ini untuk desainnya dari perhatian saya tidak terpaku pada pedoman, bebas berkreasi hanya saja ada identitas seperti logo PMI kemudian nama sekolah.
Berikut contoh-contoh desain kaos lapangan PMR atau PDL PMR Jadi untuk PDL ini anda bisa menentukan desain sendiri, kalau di unit PMR atau sekolah dengan bermusyawarah dengan anggota PMR membahas desain kaos PMR sebelum ke percetakan untuk memesannya.

Kelengkapan PMR lainnya

Ada beberapa yang diperlukan oleh anggota PMR diantaranya :

1. Buku Materi

Dari PMR mula sampai PMR wira ada beberapa buku panduan sebagai berikut :
Berikut Materi Lengkap dari PMR Mula Madya dan Wira
-  Materi Ayo Siaga Mula - Materi PMR Mula
-. Gerakan PMR Mula Madya Wira
- Ayo Siaga Madya _ Materi PMR Madya
-. Materi Pertolongan Pertama untuk Mula
-  Materi Pertolongan Pertama untuk Madya
- Materi Pertolongan Pertama untuk Wira
- Materi Ayo Siaga Untuk Wira
- Materi Kepemimpinan PMR ( Mula, Madya dan Wira )
- Materi donor darah (untuk Mula, Madya dan Wira )
- Buku Saku Pembina PMR
- Materi Kesehatan Remaja PMR
- Materi Manajemen PMR
- Materi Pengurangan Resiko Berbasis Remaja untuk Mula
- Materi Pengurangan Resiko Berbasis Remaja untuk Madya
- Materi Pengurangan Resiko Berbasis Remaja untuk Wira
- Materi Remaja Sehat Peduli Sesama PMR

2. Peralatan Praktek
Ada beberapa peralatan yang sering digunakan untuk kegiatan praktek di lapangan, seperti :

1. Tas PP beserta obat-obatan
Jenis tas PP ini juga beragam dipasaran terdapat beberapa tas dari selempang, tas punggung dan tas persegi berikut gambar-gambar tas PP

2.  Bidai
Berikut contoh gambar bidai

3.  Mitela
Berikut contoh gambar mitela


4. Tandu
untuk tandu biasa yang sering digunakan dari perhatian saya yang terbuat dari aluminium diangkat lebih ringan

5. Pernak-pernik aksesoris
Muncul berbagai pernak-pernik yang digunakan anggota PMR dari gantungan kunci, Pin, ring slayer dan lainnya.

Dimana bisa mendapatkan atribut PMR dan kelengkapan itu?

Atribut PMR ini biasanya tersedia ditempat yang jual bordir atribut, bisa juga jual ditempat yang jual atribut pramuka, jika didaerah kesulitan mendapatkannya anda bisa membeli secara online di toko online terpercaya yang khusus menyediakan beraneka atribut PMR dan kelengkapnnya, rekomendasinya ada di www.perlengkapan-pmr.com toko online ini sudah lama beroperasi melayani penjualan online atribut PMR secara grosir dan eceran, membeli satuan pun dilayani, terdapat beberapa banyak testimoninya, anda juga bisa mengunjungi akun penjualannya di instagram follow @atribut_pmr

Demikian ulasan lengkap seputar atribut PMR dan kelengkapan lainnya semoga membantu.
Gambar : Dari berbagai sumber

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar