Skip to main content

follow us

Prosedur Tata Cara Donor di Markas PMI Kabupaten Pemalang

Ditanya oleh saudara, Prosedur Tata Cara Donor di Markas PMI Kabupaten Pemalang seperti apa ya? dalam pikiran saya berimajinasi apakah yang dibayangkan penanya kalau donor darah langsung di markas PMI ini membingungkan alurnya atau ada hal yang meribetkan, atau nanti masuk kemana ruangan mana, untuk itu pada postingan kali ini coba mengulasnya.

Bagi yang biasa pendonor mungkin sebuah pertanyaan yang ringan, mungkin bisa dijawab datang saja, ada petugas tinggal tanya, tetapi seringkali mau berangkat karena informasi belum didapatkan timbul rasa malas untuk donor langsung di Markas PMI, bisa jadi mungkin pernah datang ke sebuah kantor pelayanan terlalu ribet antri lama dan lain sebagainya dimana pada intinya kurang menyenangkan.

Kembali ke pertanyaan diatas, saudara saya itu pernah donor darah disekolah jadi ada petugas dari PMI yang datang kesekolah, donor darah berikutnya ingin mencoba katanya di Kantor PMI Pemalang gedungnya bagus berlantai tiga sarana dan prasarannya lebih nyaman dan bagus, kemudian sering ada program bagi-bagi souvenir. simak pada postingan sebelumnya Kelebihan Donor Darah di Markas PMI Kab Pemalang

Berikut ini coba sharing pengalaman berdonor darah di Markas PMI Kabupaten Pemalang yang beralamat di Jl, Jenderal Gatot Subroto No 78 Bojongbata Pemalang atau di depan Rumah Sakit RSUD M Ashari Pemalang, alurnya adalah

1. Masuk saja, disitu ada petugas yang siap membantu, jika baru pertama kali donor darah, untuk pertama kalinya adalah isi form yang disediakan, ga sulit kok, isinya paling identitas biodata diri, kemudian riwayat apakah pernah sakit, dan lainnya, pokoknya mudah, jika masih bingung, ada petugas dengan sigap memberikan bantuan mengisikan form diakhir jangan lupa ditandatangani.

Serahkan Form donor darah tersebut kepada petugas, lalu menunggu nanti akan dipanggil untuk tahapan berikutnya, waktu menunggu diruangan juga tidak membosankan, fasilitas ada wifi gratis, tivi, minuman juga ada, jika baterai habis ada tempat charge hp disediakan memang untuk umum.

Jangan berpikir macam-macam misalnya menunggunya lama tidak, donor darah di markas justru lebih cepat, kalau lama biasanya kebetulan ada pendonor yang datang karena permintaan ada pasien yang butuh darah, stoknya kosong, dipanggilah saudara teman untuk datang ke Markas PMI untuk donor darah.

Donor darah di Markas PMI terlayani lebih cepat, karena donor darah panggilan kemanusiaan dimana tidak semua orang terpanggil hati dan jiwannya untuk mendonorkan darah.

2. Berikutnya akan di cek HBnya dan tensi, disini yang menentukan anda bisa diambil darahnya atau tidak, jika HB rendah, maka petugas akan memberikan penjelasan, dan donor darah ditunda, setelah HB juga ada tensi, jika tensi tidak normal juga tidak bisa diambil darahnya. petugas akan menyarankan istirahat cukup dan pola makan yang sehat, lalu datang kembali untuk beberapa waktu kemudian.

Pelajaran disini adalah, donor darah secara tidak langsung, anda sedang melakukan cek kesehatan, jika HB rendah tensi tinggi, berarti anda sedang tidak normal, dengan mengetahui kondisi tidak sehat kita pun bisa segara mengatasinya seperti banyak istirahat dan makan yang teratur dan bergizi, bisa melakukan tindakan pencegahan lebih dini sebelum sakit.

Untuk proses lamanya waktu ini juga tidak memakan waktu lama, kurang lebih 3 sampai 5 menit.

3. Setelah melalui proses, isi form, cek HB dan tensi, dan anda dinyatakan memenuhi syarat untuk diambil darahnya, berikutnya adalah menuju ruang aktaf yaitu proses pengambilan darah, sebelumnya pendonor diminta tangan dicuci dulu ditempat yang sudah disedikan, setelah itu petugas akan mengeksekusi donor darah, tunggu sebentar, hanya beberapa menit donor pun selesai, bagian yang ditusuk jarum akan diplaster, dan hati-hati ikuti arahan petugas, biasanya tangan ditekuk dulu untuk beberapa menit.

4. Setelah donor, pendonor istirahat duduk sebentar diruangan menu donor untuk menikmati menu donor yang sudah disediakan.

5. Selesai.

Itulah tahapan yang dapat saya bagikan tentang tata cara donor darah di PMI Kabupaten Pemalang, informasi terkait ulasan ini simak juga Keseruan PMR merayakan Ultah ke 17 tahun di PMI Kabupaten Pemalang

Kemudian ada pertanyaan, bagaimana kartu donor darahnya ? agar saya tahu saya sudah donor berapa kali, saat ini masih menggunakkan kartu manual, sebelum donor pada saat isi form salah satunya ada pertanyaan donor yang keberapa, jika baru donor tulis saja satu, nanti akan dibuatkan kartu donor, jika kedua tulis kedua dan seterusnya, nanti pada saat pengambilan darah, petugas akan mencatat di kartu donor. setelah dicatat kartu dikembalikan lagi.

Informasi yang saya dapatkan, pada tahun 2019 ini sedang diproses SIMDONDAR, jadi data pendonor nanti masuk sistem database, semua serba teknologi, dari kartu pendonor yang berbentuk seperti SIM ada barcodenya, yang berarti ketika donor berikutnya lebih canggih lagi, saat waktunya donor darah, akan diberitahu oleh sistem melalui pesan sms ke nomor handphone pendonor yang sudah waktunya donor darah, kata petugas menjelaskan.

Kemudian, isi form karena sudah menggunakan aplikasi, lebih praktis lagi, karena data sudah terekam di database, pendonor tidak berlama-lama mengisi form donor darah secara manual, tetapi tinggal tunjukkan kartu donor darah, maka sistem akan mendeteksinya, sehingga lebih memperingkas waktu beberapa menit.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar