6 Cara Sedeherhana Untuk Tetap Sehat Pada Perempuan

6 Cara Sedeherhana Untuk Tetap Sehat Pada Perempuan
6 Cara Sedeherhana Untuk Tetap Sehat Pada Perempuan
Untuk terlihat lebih muda dan merasakan kesehatan tubuh yang terbaik di setiap usia, penting untuk membuat gaya hidup sehat untuk perempuan yang cerdas dengan pilihan kesehatan. Berikut adalah enam cara sederhana yang dapat dilakukan wanita setiap hari (atau dengan keteraturan) untuk memastikan kesehatan yang baik :

1. Makanan Yang Sehat
Makan yang sehat akan membantu anda mempertahankan berat badan yang sesuai dengan tinggi badan anda, yang penting karena kelebihan berat badan dapat menyebabkan sejumlah penyakit. Berbagai buah dan sayuran segar dan lebih sedikit makanan olahan. Cobalah untuk memakan beberapa sayuran mentah, seperti seledri, wortel, brokoli, mentimun, atau zucchini dengan saus yang terbuat dari yogurt rendah lemak. Jika anda tidak mendapatkan cukup vitamin dan nutrisi dalam diet anda, mungkin juga anda dapat memakan multivitamin dan suplemen kalsium untuk memastikan dan menjaga kesehatan yang baik.

2. Olahraga
Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian pada sebagian besar wanita di dunia, tetapi dengan banyak olahraga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Alangkah lebih baik untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari, lima hari seminggu, jika tidak setiap hari. Latihan aerobik (berjalan, berenang, joging, bersepeda, menari) baik untuk kesehatan wanita secara umum dan terutama untuk jantung anda.

3. Hindari Kebiasaan Buruk
Jauhi rokok dan orang yang merokok. Jangan menggunakan narkoba. Jika anda minum alkohol, lakukan dalam jumlah sedang. Sebagian besar studi kesehatan wanita menunjukkan bahwa wanita dapat dengan aman mengonsumsi satu gelas sehari (tergantung kadar alcohol)

4. Kurangi Stres Berlebihan
Tidak peduli apa tahap hidupnya - anak perempuan, ibu, nenek - seorang wanita sering berurusan dengan banyak tekanan dan stres. Luangkan beberapa menit setiap hari hanya untuk bersantai dan mendapatkan perspektif anda kembali agar pikiran lebih segar. Tidak butuh waktu lama, dan kesehatan mental penting untuk kesehatan fisik anda.  Anda juga dapat mengurangi stres dengan olahraga, teknik relaksasi, atau meditasi.

5. Jangan Berlama Lama Dibawah Terik Matahari
Paparan sinar matahari akan berbahaya jika berlebihan dan dapat menyebabkan kanker kulit yang bisa mematikan. Untuk melindungi dari kanker kulit, kenakan tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 15 jika Aada akan berada di luar ruangan selama lebih dari beberapa menit. Bahkan jika anda memakai tabir surya dengan rutin, anda harus memeriksa secara teratur tanda-tanda kanker kulit. Tanda-tanda peringatan termasuk perubahan dalam ukuran, bentuk, warna, atau nuansa tanda lahir, tahi lalat, atau bintik-bintik, atau baru, memperbesar, berpigmen, atau area kulit merah. Jika anda menemukan perubahan atau menemukan luka yang tidak sembuh, segera berkonsultasilah dengan dokter anda.

6. Periksa Kesehatan Payudara
The American Cancer Society tidak lagi merekomendasikan pemeriksaan payudara sendiri bulanan untuk wanita. Namun, itu masih menyarankan mereka sebagai "pilihan" bagi perempuan, mulai usia 20-an. Anda harus waspada terhadap segala perubahan pada payudara anda dan melaporkan segala kekhawatiran kepada dokter anda. Semua wanita berusia 40 tahun ke atas harus mendapatkan mammogram tahunan karena mammogram adalah cara paling efektif untuk mendeteksi kanker pada tahap paling awal, saat mammogram paling mudah diobati. Kesehatan wanita perlu berubah seiring bertambahnya usia, tetapi dasar-dasar kesehatan wanita tetap sama. Jika Anda mengikuti enam tips hidup sehat sederhana ini, Anda akan meningkatkan kualitas hidup Anda di tahun-tahun mendatang.

Advertisement