4 Cara jika Video tidak bisa dikirim via whatsapp

4 Cara jika Video tidak bisa dikirim via whatsapp
4 Cara jika Video tidak bisa dikirim via whatsapp

Masa pendemi ini aktivitas online makin kenceng saja, dunia kerja pun beralih via online, salah satunya pengalaman kali ini yaitu kirim video praktisnya via whatsaap, video tidak bisa dikirim, dikarenakan file video terlalu besar.

Apakah diem saja ? tentunya cari cara solusi bagaimana agar video bisa terkirim.

Karena soal pekerjaan ini dituntut cepat, dan enak juga kalau kerjaan cepat selesai, beban pikiran berkurang, bisa mengisi waktu dengan menciptakan bahagia, menyalurkan hobi, ataupun ikhtiar dengan berbisnis selain jadi karyawan.

Penyebab video tidak bisa dikirim via whatsapp

Ini biasanya merekam terlalu lama, kurang lebih memakan memori mencapai satu giga, sehingga mengirim via whatsapp tidak bisa, harus menggunakan cara lain.

Pengalaman ini pernah saya rasakan saat bekerja sebagai editor seorang youtuber, videonya tidak bisa dikirim via whatsapp. sehingga harus gunakan cara lain.

Sebelum penyebab tersebut diatas, pastikan dulu koneksi internet memang tidak sedang bermasalah. coba tes dengan kirim teks keteman anda, kalau terkirim berarti koneksi tidak bermasalah, kalau masih tidak bisa kirim via whatsapp, cek kuotanya jika tidak bisa juga, berarti memang video tersebut kapasitasnya besar melebihi batas ketentuan whatsapp.

Baca juga tutorial lainnya : Cara Berlangganan Artikel Blog Via Email


Cara-cara yang bisa dilakukan jika mengirim video via whatsapp tidak bisa.

1. Pakai laptop, transfer data, pindahin pakai kabel yang biasa buat ngecahrge, pindah data video tersebut ke laptop, setelah itu dari laptop pindah ke HP lagi.

Jika cara ini dirasa ribet, tidak ada laptop, gunakan cara lainnya

2. Minta teman anda potong video itu dalam beberapa bagian, lalu coba kirim via whatsapp lagi.

3. Gunakan aplikasi android convert video, convert dulu video hingga berkurang kapasitasnya, setelah itu coba kirim kembali via whatsapp.

Aplikasi convert yang pernah saya gunakan Xrecorder, bisa buat mengconvert video.

4. Upload saja file tersebut ke youtube, setelah itu teman anda bisa mendownloadnya melalui https://id.savefrom.net/ tapi tentunya wifi anda harus punya kecepatan esktra, karena file yang di upload cukup besar.

Berdasarkan pengalaman itu, saya catat dan evaluasi untuk berikutnya, ketika merekam gambar, saya jeda agar bisa dikirim via whatsapp. jadi satu episode bisa terdiri dari potongan-potongan video.

Dari keempat cara diatas, menurut saya lebih praktis nomor satu pindahin ke laptop, namun bisa juga karena keadaan saya memilih dipotong videonya menjadi beberapa bagian lalu kirim.

Advertisement