Beberapa Mainan yang Dapat Membatu Melatih Mototrik

Beberapa Mainan yang Dapat Membatu Melatih Mototrik
Beberapa Mainan yang Dapat Membatu Melatih Mototrik

Saraf motorik merupakan salah satu saraf yang mengirimkan sinyal listrik pada otot yang terdapat ditubuh sehingga menyebabkan otot berfungsi dengan baik. Saraf motorik merupakan kumpulan saraf di otak, tulang belakang, dan jaringan otot yang mengatur fungsi pergerakan otot tubuh. Kerja saraf motorik memungkinkan tubuh seseorang untuk melakukan berbagai aktivitas. Saraf motorik yang terdapat di tubuh harus dilatih terus menerus, apalagi bagi bayi yang baru lahir. 



Melatih refleks saraf motorik dengan baik dapat menggunakan mainan - mainan bayi. Banyak mainan-mainan yang sudah disediakan oleh para penjual untuk membantu para bunda menstimulasi perkembangan baik saraf sensorik atau motorik. Beberapa contoh dari mainan yang tidak mampu mestimulasi perkembangan saraf yaitu,

1. Softbook

Softbook untuk bayi memiliki aneka bentuk dan warna yang menarik, sehingga sangat baik untuk merangsang kemampuan bayi. Melalui buku ini, bayi dapat melatih indera penglihatan, peraba, dan perasa. Agar tetap bersih dan aman saat bayi memasukkannya ke mulut, maka rajinlah mencuci buku tersebut sehingga tidak ada bakteri atau jamur yang mungkin menempel pada mainan tersebut. Jamur atau bakteri dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada bayi yang ditandai dengan perut kembung. Meskipun perut bayi kembung tidak selalu berbahaya, akan tetapi lebih baik menghindari hal tersebut terjadi kepada bayi ya bunda.

2. Rattle

Rattle terdiri dari dua jenis, yaitu yang terbuat dari kain dan plastik. Ukurannya mungil dan bentuknya sangat pas di genggaman bayi, sehingga ia akan senang untuk terus memainkannya. Saat rattle digoyang atau diremas, maka akan ada suara yang dihasilkan. Selain itu, rattle merupakan mainan yang juga mudah dibersihkan untuk menghindari penyakit seperti perut bayi kembung maka mainan harus sering dibersihkan menggunakan sabun cuci botol bayi untuk membantu dengan efektif untuk menghilangkan bakteri, jamur, dan virus yang mungkin sempat menempel di mainan si bayi ya bunda.

3. Teether

Teether merupakan mainan yang biasanya digunakan untuk melatih mulut dan gigi bayi. Selain sebagai pelatih indera perasa, indera peraba bayi juga akan ikut terlatih saat memainkan teether. Fungsi teether juga bukan hanya sebagai mainan saat gigi bayi mulai muncul, teether dapat membantu meredakan rasa nyeri yang timbul dan sering membuat bayi menjadi rewel. 

Kemampuan sensorik ataupun motoriknya bayi sangat penting untuk distimulasi. Untuk itu berikanlah mainan bayi yang tidak hanya disukai oleh bayi tetapi juga memiliki manfaat melatih saraf-sarafnya ya bunda. Selain itu bunda dan ayah jangan lupa untuk ikut bermain bersamanya. Semoga bayi bunda tumbuh dan berkembang dengan baik, ya.


Advertisement