logo blog

6 Tips Memilih Sekolah Desain Berkualitas

6 Tips Memilih Sekolah Desain Berkualitas




Sekolah desainer kini sudah semakin bertambah jumlahnya. Hal itu dikarenakan sudah banyak orang yang ingin bisa menjadi desainer, baik itu desain grafis maupun desain komunikasi visual (DKV). Dari sekian banyaknya sekolah yang ada, tentunya kamu ingin masuk ke sekolah terbaik bukan? Untuk itu, ada beberapa tips bagaimana menentukan sekolah itu tepat untuk dimasuki. Yuk, disimak informasinya.


1. Lihat Kurikulumnya
Kurikulum adalah hal pertama yang harus kamu ketahui sebelum memilih sekolah desain. Di dalamnya terdapat berbagai pelajaran dasar desain, seperti teori-teori desain, teknik-teknik menggambar, hingga pengetahuan mengenai software desain.

Sekolah desainer yang bagus akan memiliki kurikulum yang padat dan berisi. Kurikulum itu harus update dengan perkembangan keilmuan desain. Bila di suatu sekolah memiliki kurikulum yang usang, maka ilmunya tidak akan aplikatif. Sebab, dunia desain cukup cepat perkembangannya, baik itu dalam segi teknik maupun peranti yang digunakannya.

Di dalam kurikulum itu juga harus ada pelajaran praktik. Tanpa adanya itu, maka percuma saja mengetahui teorinya tanpa pernah mengaplikasikannya. Itu sama saja seperti sering baca buku masak tapi tidak pernah mencoba memasak.

2. Fasilitas yang Ada
Hal kedua yang harus kamu pertimbangkan ialah fasilitas sekolah itu. Fasilitas perlu dipertimbangkan karena erat kaitannya dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah tersebut.

Sekolah desain berkualitas tentunya memiliki fasilitas lengkap untuk siswa-siswanya. Tanpa adanya itu, proses pembelajaran akan menjadi terkendala dan menyulitkan saat melakukan praktik desain.

Adapun, bila di sekolah tersebut memiliki perpustakaan buku desain tersendiri, itu menjadi nilai plus untuk dipilih. Dengan adanya perpustakaan, kamu dapat dengan mudah menemukan referensi teori desain tanpa harus bersusah payah mencarinya. Kamu pun dapat mempelajari teori desain dengan mudah.

3. Alumni Sekolah Tersebut
Sekolah yang bagus tentunya menghasilkan alumni berprestasi. Kualitas alumni berprestasi  merupakan buah dari kurikulum yang diterapkan di sekolahnya. Sebab, seseorang tidak akan memiliki kualitas bagus tanpa ada proses belajar sebelumnya.

Selain itu, kamu bisa melihat seberapa banyak alumni dari suatu sekolah desain bekerja di perusahaan bonafit. Hal itu menandakan kalau kualitas alumni itu mampu menjawab kebutuhan standar kualitas perusahaan tersebut.

4. Banyaknya Siswa di Satu Sekolah
Sekolah desain yang berkualitas layakya gula bagi semut, yakni mampu menarik banyak siswa untuk belajar di instansi tersebut. Bila suatu sekolah desain memiliki siswa yang cukup banyak itu bisa saja menandakan kualitasnya bagus.

Meski demikian, bukan berarti itu bisa menjadi penentu utama ya guys. Untuk meyakinkannya ada baiknya kamu berbincang dengan beberapa siswa sekolah tersebut. Tanyakan berbagai proses pembelajaran dan lain sebagainya. Setelah yakin, kamu bisa memilih bersekolah di sana.

5. Banyaknya Siswa dalam Satu Kelas
Poin ini sedikit berbanding terbalik dengan poin sebelumnya. Kalau kamu mau belajar desain dengan suasana belajar yang baik, maka kelas sesi pelajarannya tidak berisi banyak orang. Jumlah orang yang sedikit dalam satu kelas dapat menciptakan konsentrasi belajar lebih baik ketimbang kelas dengan banyak orang.

Sekolah desain yang baik ialah memiliki banyak siswa, namun jumlah siswa perkelasnya tidak terlalu padat. Dengan begitu, proses pembelajarannya bisa lebih berkualitas dan kamu pastinya akan mudah menyerap materi pelajarannya.

6. Biaya
Tentunya, soal biaya perlu kamu pertimbangkan. Jangan sampai kamu sudah yakin dengan kualitas sekolahnya,namun dompetmu tak sanggup membiayai pendidikan desainmu. Pilihlah dengan bijak soal biaya pendidikan ini. Jangan sampai kamu belajar desain tapi pikiranmu tertambat pada persoalan pembiayaan pendidikanmu.

Soal biaya, kamu harus yakin bahwa terkadang biaya mahal belum tentu memberikan pendidikan terbaik. Adakalanya sekolah desain dengan biaya terjangkau mampu memberikan pengetahuan dan pendidikan desain yang berkualitas untukmu.

Bagaimana beberapa tips memilih sekolah desain tersebut? Cukup berguna bukan? Nah, dari semua itu hal utama yang harus kamu ingat dalam memilih sekolah desain ialah kamu tahu apa yang dibutuhkan dari sekolah itu. Jangan sekedar ikut-ikutan atau hanya coba-coba. Kamu harus tahu apa yang dituju dengan belajar di suatu sekolah desain.

IDS | International Design Schoolmemiliki 6 kriteria seperti yang dijelaskan diatas. Dengan masa kuliah singkat selama 20 bulan, Mahasiswa juga berkesempatan belajar bersama para praktisi professional, salah satunya Zinnia Nizar-Sompieyang pernah menjabat Ketua Umum ADGI (Asosiasi Desain Grafis Indonesia) 2014-2016. Ditambah lagi dengan aktivitas belajar yang menyenangkan dan fasilitas yang menunjang. IDS | International Design School mengantarkan kamu menjadi seorang Desainer Grafis profesional yang siap berkarya di industri kreatif. Selengkapnya bisa cek di http://www.idseducation.com/


Source:
1234







BACA JUGA


Share this:

No comments