Skip to main content

follow us

Pelajaran Mengelola Toko Online cermat di Pengiriman


Melakukan kesalahan, dengan kesalahan kita jadi lebih baik lagi salah satunya yang admin alami yaitu dalam mengelola toko online melakukan kesalahan di pengiriman, dengan kesalahan itu menjadi perhatian dan tidak terulang lagi, rugi pasti tapi tetap berpikir positif kejadian membuat kita lebih baik lagi.

Berikut admin catat kesalahannya, ada tiga, apa saja ?

1. Menjual lebih dari satu jenis harus cermat, jangan sampai salah, sudah diterima pembeli, ternyata tidak sesuai pesanan, kalau sampai salah dikirim balik, terus kirim lagi, bisa dihitung biaya kirim, mengurangi laba kadang juga rugi karena bentuk tanggungjawab penjual online, kesalahan biasanya ditanggung penjual.

Harus bisa memanejemen dalam packing sebelum pengiriman seperti misalnya konfirmasi fixed order kepada pembeli, membuat nota setelah itu baru packing dengan melihat sesuai di nota.

Kalau dalam satu hari hanya satu order mungkin tidak ada masalah, kalau ada beberapa packing ini seringkali salah karena mungkin faktor kelelahan dan pikiran yang kurang piknik.

2. Memilih Jasa Ekspedisi, ada beberapa pilihan, misalnya ketika kita menggunakan aplikasi raja ongkir, disitu tertera pilihan beberapa ekspedisi dengan tarif yang berbeda-beda dari yang murah sampai mahal.
Kesalahan saya karena waktu itu jasa ekspedisi yang  sudah ditunjuk tutup, beralih ke ekspedisi lain dan ternyata lebih mahal, saya lupa tidak terpikirkan itu, dan rugilah.

3. Punya timbangan, ini sebenarnya bisa dikira-kira, namun tidak selalu tepat, maka dari itu pebisnis toko online yang serius wajib punya timbangan, jadi dalam menentukan biaya kirim lebih akurat, dan meminimalisir resiko kesalahan mematok biaya kirim kepada pembeli.

Selain timbangan pada jasa ekspedisi juga ada biaya tambahan berdasarkan volume, jadi kalau packing jangan besar-besar biar kena tarif volume, timbangan 1 kilo tapi dikenakan 2 kilo.

Demikian catatan hari ini yang dapat saya share, ulasan ini ditulis dari pengalamannya mengelola toko online jual atribut PMR

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar