Cara Mengetahui Stok Darah di PMI yang benar.

Seringkali begitu sedang membutuhkan darah, bertanya kepada orang yang didekatnya "Pak Stok darah di PMI ada tidak ya ?"

Bagaimana cara mengetahui stok darah yang benar atau valid datanya.

Berikut ini admin akan sharing sebatas pengetahuan, kurang lebihnya begini.

1. Kalau ditingkatan Provinsi Khususnya Jawa Tengah ada halaman khusus update stok darah anda bisa cek stok darah kabupaten/kota se Jawa Tengah, halamannya disini http://udd.pmi-jateng.or.id/index.php/StokDarah/goldarah_site.html

2. Koran / Media Cetak
Tiap PMI Kabupaten Kota Se Indonesia memiliki kewenangan berbeda-beda dalam mempublikasikan stok darah diwilayahnya.

Admin contohkan, kalau di PMI Kabupaten Pemalang, secara rutin sudah bekerjasama dengan koran lokal diwilayahnya yaitu mempublikasi informasi stok darah di koran radar tegal, dengan data stok yang diambil update pada pukul antara jam 17.00- 21.00 wib pada waktu-waktu tersebut kemungkinan terdapat perubahan untuk esok harinya tidak begitu besar, masih relevan.

Akan tetapi data stok bisa berubah dengan cepat, karena di Pemalang sendiri melayani kurang lebih 8 rumah sakit yang ada di Pemalang, diantaranya RSUD M Ashari Pemalang, Rumah Sakit Santa Maria Pemalang, Rumah Sakit Prima Medika Pemalang, Rumah Sakit Siaga Medika Pemalang, rumah Sakit Prima Medika Pemalang, Rumah Sakit Islam Moga, Rumah Sakit Mardhotilah Randudongkal, Rumah Sakit Harapan sehat, data ini akan bertambah ada beberapa rumah sakit baru yang dalam proses pembangunan.

3. Papan Info Stok darah di PMI 
Dari data info stok darah yang terpampang, kalau di PMI Kabupaten Pemalang menggunakan layar monitor TV, yang sudah terintegrasi dengan sistem dengan nama simdondar, dari data ini diera media sosial, ada petugas yang menyebarluaskan melalui Posko PMI, dari grup whatsapp misalnya, dengan sendirinya info stok darah akan tersebar ke masyarakat.

Meski sudah dapat informasi dari papan di PMI langsung, tetap saja, kita tidak mengetahui kebutuhan darah yang keluar, sehingga seringkali begitu ada yang membutuhkan, "stok darah kosong" dan harus mencari pendonor darah untuk mencukupinya

Info Stok darah yang didapat, tidak sesuai yang dipublikasikan

"Pak saya dapat informasi stok darah sekian, tetapi setelah datang ke PMI tidak terlayani atau stok kosong" dalam keadaan panik karena keluarganya membutuhkan darah seringkali menampakkan emosi kemudian berkesan menyalahkan petugas PMI,

Perlu dipahami juga stok darah di PMI itu dari uluran para dermawan yang mau dengan sukarela mendonorkan darahnya di PMI. tidak ada pabrik yang memproduksi darah sampai sekarang ini he...he..

PMI selain menunggu di markas untuk melayani pendonor, ada cara lain yaitu untuk yang tidak bisa ke markas PMI, setiap bulannya berupaya dengan sistem jemput bola mendatangi diwilayah-wilayah untuk kegiatan donor darah, namun demikian tetap saja jika kebutuhan darah sedang banyak, stok darah bisa kosong sewaktu-waktu. baca juga Cara Mengadakan Kegiatan Donor Darah

Dicontohkan untuk Pemalang sendiri, upaya lain selain melayani pendonor darah di Markas 24 jam, kemudian Mobil Unit ke wilayah jemput bola untuk pendonor yang tidak bisa ke markas PMI, setiap peringatan hari besar nasional, PMI mengumpulkan pendonor darah sukarela sehingga setiap event bisa terkumpul berkisar 100 - 250 kantong dalam waktu  7 jam yang dimulai dari jam 08.00 -15.00 . seperti misalnya hari relawan PMI, HUT PMI, Hari Palang Meah Remaja dan peringatan hari lainnya.

Butuh darah stok kosong apa yang harus dilakukan ?

Jika secara kebetulan stok darah di PMI kosong sedangkan kita sedang membutuhkan untuk keluarga, apa yang harus dilakukan ?

Di Pemalang untuk kebutuhan darah dilayani dari Pihak Rumah sakit langsung ke PMI, keluarga dilibatkan biasanya jika stok darah kosong, pihak keluarga diberitahu untuk mencari pendonor.

Kalau stok darah di PMI ada, pihak rumah sakit yang akan ke PMI, tanpa melibatkan keluarga untuk mencari pendonor darah.

Jika membutuhkan darah bisa menghubungi PMI memastikan stok darah, jika kosong anda bisa berkomunikasi dengan aktivis PMI atau relawan PMI, biasanya relawan akan menggerakan dengan cara menghubungi para relawan donor darah, jika tidak punya relasi atau teman aktivis PMI, optimalkam media sosial.

Diera media sosial sekarang ini, informasi dapat dengan mudah dan cepat tersebar, memperhatikan ini kita bisa coba share atau update status dimedia sosial seperti misalnya "membutuhkan golongan darah A untuk saudara saya yang dirawat dirumah sakit ..." sharing bisa dilakukan ke grup whatsapp, atau jika di pemalang bisa melalui facebook grup "Harian Pemalang" dengan begitu ada peluang dibaca banyak orang, kemudian berpeluang viral dalam hitungan menit informasi kebutuhan darah tersebar luas, hasil dari publikasi media sosial tersebut ada saja orang-orang yang terpanggil hatinya untuk membantu, kemudian datang ke PMI untuk donor darah.

Kasus seperti ini sering begitu stok darah kosong, markas PMI ramai didatangi para pendonor darah ketika ditanya "dapat informasi dari facebook ada yang membutuhkan darah".

Baca juga : Masih Malas donor darah simak ulasan ini

Demikian ulasan ini saya akhiri dengan berdoa semoga kita semua diberi sehat, dan jika terjadi hal yang tidak diinginkan tetap ingat kepada Tuhan yang maha kuasa, ALLAH SWT agar dimudahkan dilancarkan dalam penanganan yang membutuhkan darah, dengan begitu ada saja yang membantu banyak orang yang rela mau mendonorkan darahnya.


Terima kasih sudah berkunjung ke blog nulislagi.com, baca juga artikel postingan yang sedang diunggulkan, baca pada Peluang Usaha Online yang cocok untuk Blogger. jika bermanfaat dapatkan postingan terbaru blog ini dengan subscribe (ada diatas halaman ini), masukan email, get email notifications dan selanjutnya cek email verifikasi dan oke selanjutnya anda akan mendapatkan update postingan terbaru melalui email anda.



Comments

Popular posts from this blog

Daftar Catatan Barang Lengkap Warung Sembako

Contoh Peraturan Tata Tertib Karyawan

7 Alasan Kenapa Lebih Memilih Eskul PMR (Palang Merah Remaja)

Contoh Kalimat Promosi Ekskul PMR

6 Nama Dokter Kandungan di Pemalang dan Jadwal Prakteknya