Seluk Beluk Usaha Toko Sembako dari Rumah

Usaha toko kelontong kecil-kecilan dari rumah, dengan hasil yang belum seberapa, di evaluasi apakah perlu dilanjut atau sudahi saja ?

Setelah menjalani usaha toko sembako atau kelontong dari rumah ini tidak sekedar mendapatkan uang, tetapi ada hal lain yang didapatkan, berikut diantaranya :

1. Ketika jualan tiap harinya bersapa tetangga, karena ada keperluan kebutuhan harian datang ke toko, jadi sering ketemu bersapa ringan, ini memiliki nilai tersendiri silaturohim yang tidak semua orang merasakannya.
Sebaliknya jika tidak jualan, karena tidak ada keperluan kepentingan pada akhirnya jarang komunikasi dengan tetangga, kalaupun ada, seminggu sekali sebulan sekali.

2. Terdapat rantai jaringan, yaitu datang sales distributor ke toko untuk menawarkan stok barang, titip jual, sebagai pemilik toko bisa mengoptimalkan, tanpa modal bisa mencari laba dari produk titip jual ini.
Andai saja banyak yang ajak kerjasama ini sebuah hal positif sebagai modal untuk pengembangan toko, pemilik toko tinggal mengoptimalkan agar penjualan meningkat.

3. Kalau tidak jualan, kebutuhan keluarga agak ribet sudah terbiasa tinggal ambil ditoko, ketika sedang tipis dana kas, bisa ambil ditoko. terkadang kas ada untuk beli ke toko saja malas.


Tantangan usaha toko sembako

Dengan ketiga hal diatas terjawab sudah jawabanya menurut saya dilanjut, lalu berikutnya adalah agar proses dalam jualan sembako ini bisa menikmati, mengetahui tantangan usaha toko sembako, apa saja ? berikut diantaranya

1. Marketnya hanya lingkungan sekitar toko saja, kita ketahui toko sembako dari rumah ini lokasinya tidak jauh, dengan begitu bisa dihitung siapa saja pelanggannya.
Studi kasus ada beberapa toko yang melengkapi tokonya sehingga menjadi daya tarik orang untuk datang membeli dan berlangganan, tokonya pun berkembang dengan baik dengan profit yang menggembirakan.

Yang cukup dikenal seperti Indomart dan Alfamart, sudah dilokasi yang strategis, barangnya lengkap. dari sini mungkin kita sering lihat, orang memilih ke Indomart Alfamart dari pada ke toko tetangga, karena salah satu alasannya, sudah pasti ada, lengkap mau beli lainnya yang di toko tetangga tidak ada.

Bagaimana dengan toko dirumah jika keterbatasan modal ?

2. Berjualan di rumah karena ada kedekatan, pembeli seringkali ngutang atau ngebon, ini jika tidak ada aturan akan  mengrogoti modal, yang tadinya bisa buat kulakan modal mengendap di orang-orang yang berhutang.

3. Kebutuhan setiap keluarga ini cukup banyak jenisnya, bagi pemilik toko sembako dengan keterbatasan modal, seringkali tidak mungkin memenuhinya, akhirnya membeli ditoko lain.

4. Bagaimana mau berkembang, marketnya saja terbatas ?

Bagaimana dari tantangan itu ada komentar atau solusi ?

Perihal Modal
Disini dibutuhkan kecermatan dan data analisa untuk mengatur modal, produk mana yang sering dibeli harus selalu ada, sambil mengembangkan produk yang sering ditanyakan tapi belum ada ditoko, perlahan mulai stok meski jumlah stoknya sedikit.

Perihal market hanya lingkungan saja
Toko harus memiliki keunikan pembeda dari toko pada umumnya, kemudian promosikan via online, sasarannya adalah agar pembeli luar desa datang ke lokasi.

Hal ini dibutuhkan ketekunan dan konsistensi promosi untuk membangun toko, harapannya ketika sudah dikenal, pelanggannya tidak hanya lingkungan saja, tetapi dari berbagai wilayah, tetangga desa, bahkan dari kabupaten kota se Indonesia, karena teknologi internet sekarang ini sedang di optimalkan untuk jual beli, jika pembeli dari luar kota bisa dikirim menggunakan jasa ekspedisi pos, JNE, JNT dan lainnya.

Itulah yang saat ini sedang saya praktekan, dari toko sembako yang hanya menyasar lingkungan mencoba mengoptimasi dengan go online, melayani online dengan membuat media publikasi promosi online dengan alamat url www.lapakdigital.web.id disitu menyajikan katalog toko faiz, dimana kalau offline ini seperti umumnya jual sembako, pulsa dan lainnya, didunia online juga melayani dengan beberapa produk ready stok.

Jika anda ingin mempraktekan untuk toko sembako anda, membutuhkan referensi produk, anda bisa mengambil atau kulakan di toko faiz

Apa saja produknya cek disini katalog toko faiz

Demikian ulasan tentang Seluk Beluk Usaha toko kelontong dirumah, harapan admin pembaca memberikan tambahan, atau solusi seputar usaha sembako dari rumah dikolom komentar dibawah postingan ini, dengan begitu memperkaya isi postingan ini dan semoga memberikan manfaat untuk pembaca.

Baca juga postingan sebelumnya  : Daftar Catatan Barang Lengkap Warung Sembako



Terima kasih sudah berkunjung ke blog nulislagi.com, baca juga artikel postingan yang sedang diunggulkan, baca pada Peluang Usaha Online yang cocok untuk Blogger. jika bermanfaat dapatkan postingan terbaru blog ini dengan subscribe (ada diatas halaman ini), masukan email, get email notifications dan selanjutnya cek email verifikasi dan oke selanjutnya anda akan mendapatkan update postingan terbaru melalui email anda.



Comments

  1. Saingan sama minimarket dan bon tetangga itu yang jadi tantangan buka toko sembako. Belum lagi kalo dagangan habis dipakai sendiri, he, he.

    ReplyDelete
  2. toko kelontong rumahan pun sekarang harus inovatif yaa supaya pelanggan semakin bertambah, apalagi di era sekarang di mana tantangan terbesar adalah adanya toko ritel indo dan alfa yg menguasai market.. lalu tantangan sepanjang masa dari zaman dulu dan masih berlaku sampai sekarang yaa tetangga2 yg suka ngebon itu, ckckck..

    Sukses selalu tokonya mas..

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Daftar Catatan Barang Lengkap Warung Sembako

Contoh Peraturan Tata Tertib Karyawan

7 Alasan Kenapa Lebih Memilih Eskul PMR (Palang Merah Remaja)

Contoh Kalimat Promosi Ekskul PMR

6 Nama Dokter Kandungan di Pemalang dan Jadwal Prakteknya