Cara Bikin Serabi Khas Solo mudah

Pasti banyak orang yang menyangka kalo serabi ini hanya berasal dari bandung saja, ternyata serabi ini juga ada juga yang berasal dari solo. Padahal serabi solo ini juga cukup terkenal untuk di jadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke kota solo.  Serabi solo ini memiliki rasa yang berbeda dari serabi dari jawa barat, serabi solo ini memiliki cita rasanya yang manis, gurih, dan juga lembut. Jika kamu ingin mencoba makan serabi solo kamu bisa membuatnya sendiri dirumah . untuk bahan-bahan yang di butuhkan juga sangatlah mudah. Tanpa banyak basa-basi yuk langsung saja bahas resep serabi solo ini.

Bahan:

• 125 gram tepung beras

• 15 gram tepung tapioka

• 125 gram gula pasir

• 2,5 gram ragi instan

• garam secukupnya

• 200 ml santan encer hangat

• 50 ml santan kental, rebus sampai hangat

Cara Membuat Serabi Solo:

• Hal pertama yang harus dilakukan adalah campurkan tepung beras, gula pasir, ragi,tepung tapioka, garam.

• Langkah selanjutnya masukann santan sedikit demi sedikit ke adonan tepung tadi hingga merata dan diamkan adonan selama 20 menit. 

• Jika adonan sudah siap kemudian panaskan cetakan serabi dengan menggunakan api yang sedang, setelah itu masukkan adonan ke dalam cetakan.

• Masak serabi dengan menggunakan api sedang

• Jika adonan serabi sudah cukup matang, tuangkan 1 sendok sayur santan yang kental ke atas adonan. Kemudian tutup lagi adonan tadi dan tunggu hingga matang sempurna.

• Kemudian tambahkan kembali topping sesuai selera seperti pisang, nangka, coklat, meses, dan keju.

• Jika sudah matang sajikan serabi solo dan santap selagi masi hangat.

Nah itu dia cara bikin serabi khas solo yang mudah dan bisa kamu buat sendiri dirumah. Sebelum mencoba membuat serabi khas solo ketahui dulu yuk beberapa fakta tentang serabi solo ini:

1. Serabi solo ini memiliki tekstur yang renyah di pinggirnya dan tebal di tengah

Di indonesia terdapat berbagai jenis serabi, yang membedakan serabi solo dengan serabi lainnya  yaitu teksturnya yang tebal dan juga lembut di tengah namun tetap renyah di pinggir. Untuk para pecinta kuliner jangan sampai kelewatan untuk mencicipi cemilan serabi solo ini ya.

2. Serabi solo terbuat dari tepung beras dan santan sehingga memiliki cita rasa yang gurih

Surabi solo memiliki tekstur yang lembut, karena terbuat dari tepung beras yang dikombinasikan dengan santan kelapa, gula pasir dan juga daun pandan sehingga serabi solo ini mempunyai rasa yang gurih, manis dan juga legit. Jika kamu makan serabi solo ini sudah pasti tidak cukup satu saja karena rasanya sangat lezat.

3. Serabi ini dimasak di atas tungku supaya menciptakan aroma yang khas

Setiap adonan serabi solo ini dicetak degan menggunakan cetakan yang bulat dan dimasak di atas tungku tradisional. Cara memasak itu lah yang membuat aroma dari serabi solo menjadi khas. Jika kamu pergi ke solo, serabi solo ini harus menjadi salah satu oleh-oleh wajib ya. Serabi solo ini sangat cocok disajikan dengan teh yang hangat.

4. Serabi solo sangat mudah dijumpai di seluruh sudut kota Solo

Jika kamu ada di solo kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya, karena sudah banyak sekali produsen serabi solo yang tersebar di seluruh sudut kota solo yang menyajikan cemilan dengan banyak pilihan topping yang beraneka ragam.


Terima kasih sudah berkunjung ke blog nulislagi.com, baca juga artikel postingan yang sedang diunggulkan, baca pada Cara Membersihkan Kotoran Kerak keramik yang Membandel. jika bermanfaat dapatkan postingan terbaru blog ini dengan subscribe (ada diatas halaman ini), masukan email, get email notifications dan selanjutnya cek email verifikasi dan oke selanjutnya anda akan mendapatkan update postingan terbaru melalui email anda.



Comments

Popular posts from this blog

Contoh Peraturan Tata Tertib Karyawan

Daftar Catatan Barang Lengkap Warung Sembako

7 Alasan Kenapa Lebih Memilih Eskul PMR (Palang Merah Remaja)

Alasan Masuk Ekstrakurikuler PMR (PALANG MERAH REMAJA)

Viral!!! Formula 1000% Ampuh Penghilang Kerak pada keramik dan porcelain kamar Mandi