Tantangan Mengembangkan Usaha Kecil dari rumah, Berikut 6 Upaya yang Dilakukan

Beranggapan toko kelontong dirumah, marketnya hanya lingkungan saja, pesimis bisa berkembang, akhirnya mengelola usaha toko dirumah hanya agar bisa srawung dengan lingkungan, karena biasanya kalau tidak ada kepentingan tidak ketemu ngobrol silahturahim, melalui jual beli di Toko Faiz tetangga jadi sering kerumah.

Anggapan itu disarankan jangan diikuti, namanya usaha ya harus dikembangkan, jangan sia-siakan berjalannya waktu, baru berasa usaha begitu saja tidak ada perubahan.

Terinspirasi dari usaha-usaha dirumah yang berkembang, meski berlokasi didalam masuk gang namun omzet bagus orang mau mendatangi.

Dari situlah menjadi tantangan mengembangkan usaha di rumah yang saya beri nama Toko Faiz.

Kemudian usaha butuh proses terinspirasi teman saya 10 tahun lamanya baru merasakan usahanya maju, nasehatnya harus fokus terus dibangun , jangan mulai dari nol terus, usaha kalau sudah terkenal kuat, maka dari itu perlu adanya branding, sebaliknya kalau nama usahanya berganti-ganti terus, orang akan mengenalmu sebagai atau sosok apa.

Misalnya kamu putuskan jualan martabak, sepi ramai terus berusaha, sampai orang mengenal kalau mau beli martabak di si A.



Lalu apa yang saya lakukan ?

Saya tidak tahu harus berbuat apa, yang jelas saya merasa tertantang untuk berusaha mengembangkannya.

Yang saya lakukan adalah jalan pikiran saya, dimana pada prinsipnya ada upaya usaha yang dilakukan untuk melakukan perbaikan.

Ini beberapa yang saya lakukan :

1. Papan nama usaha dimantapkan dan diperjelas

Awal yang saya lakukan ini, awalnya toko tidak ada baner nama, kemudian saya buatkan baner nama toko dan terpasang.

Tiap hari saya pandang sepertinya kurang menarik, bahan saya ganti, menggunakan akrilik dan poster.

Papan nama sudah sesuai keinginan, apa lagi ya untuk mengembangkan ?

2. Mikir produk yang mempunyai ciri khas untuk pembeda

Setelah papan nama usaha sudah oke, memperhatikan produk yang dijual rasanya kurang menarik, sama dengan toko lainnya, tidak ada yang ditonjolkan untuk dipromosikan.

Pembeda disini produk yang tidak semua ada di toko kelontong pada umumnya, untuk tambahan saya tambah mengikuti perkembangan yang ramai, seperti pot tanaman hias.

Kemudian bekerjasama dengan produsen, agar produknya tersedia di toko faiz.

Produk-produkpun saya tambah, jadi kalau mempromosikan tidak mempromosikan sembako kebutuhan produk, tapi produk-produk yang belum pasaran , selain promosi produk tersebut juga untuk membranding nama toko.

3. Memadukan offline dan online.

Yang sebelumnya sebagai blogger, internet marketer saya pisahkan, maksudnya saya punya usaha online tapi bersifat masih saya sembunyikan, teman-teman yang kenal saya, tidak tahu usaha online saya itu apa saja.

Sekarang fokus saya padukan offline dan online dengan media domain lapakdigital.web.id

4. Branding Toko Faiz

Mempromosikan produk-produk toko faiz di media sosial dan blog lebih maksimal. membuat dan menyebarkan foto produk dengan tulisan toko faiz di media sosil whatsapp lebih konsisten.

Lingkupnya lebih dioptimalkan satu kota, memperkenalkan toko faiz dilingkup dalam kota desa dan kabupaten.

5. Membangun Jaringan

Beranggapan tak bisa bekerja sendiri apalagi dalam pemasaran, toko faiz juga sambil berjalan membangun tim pemasaran, anggota tim Toko Faiz atau Lapakdigital bisa memasarkan produk yang ada di toko faiz dengan sistem dropship dengan markup harga diserahkan ke member.

Membernya akan mendapatkan sharing pengalaman pemasaran di internet, belajar bersama tentang seputar bisnis online.

6. Perbaikan sarana dan terus mengevaluasi Produk Toko faiz

Menambah sarana berupa meja kerja, paket komputer dan printer untuk menjalankan promosi online dan memberikan bukti struk pembayaran hasil cetak printer.

Menambah printer bluotot untuk mencetak bukti pembelian PPOB, Pulsa, kuota dan pembayaran lainnya.

Memasang bell, karena meski dirumah seringkali bebarengan aktivitas lain, pembeli dibuatnya menunggu.

Demikian yang saya lakukan untuk upaya pengembangan toko faiz, mungkin ada yang berkenan menambahkan saran dan masukan, dengan senang hati silakan di toko faiz.

Toko Faiz yang berlokasi di desa ini juga udah terdaftar di google maps dengan mengetikan "Toko Faiz Jebed Utara"

Demikian sebuah catatan, berharap ada saran masukan sekaligus melalui postingan ini admin sedang membranding usaha sendiri he....he..

Sekian dan semoga ada hal yang bermanfaat.

Support Blog ini dengan berkunjung dan berbelanja online di situs www.lapakdigital.web.id klik disini Informasi Produk Digital, produk rumahan, peluang usaha online

Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Catatan Barang Lengkap Warung Sembako

Contoh Peraturan Tata Tertib Karyawan

Download Teks Pancasila

Macam-macam Rokok yang dijual di Warung Sembako

Showbox android aplikasi penghasil dollar selain whaff