Jumbara Pemalang 2023 PMR Dilatih Jurnalistik

Jumbara Pemalang 2023 PMR Dilatih Jurnalistik
Jumbara Pemalang 2023 PMR Dilatih Jurnalistik

 


ANGGOTA PMR KABUPATEN PEMALANG, TUNAS MUDA JURNALISTIK

Workshop Jurnalistik Remaja dilaksanakan pada Hari Kamis-Jumat, 21-22 Desember 2023 yang diikuti oleh 94 anggota PMR Madya dan PMR Wira. Jurnalistik remaja menghadirkan 3 (tiga) orang narasumber dengan materi berbeda, yaitu Vega Viditama sebagai narasumber materi fotografi, videografi, dan pengelolaan media sosial pada hari pertama. Hari kedua terdapat materi reportasi dan wawancara dengan narasumber Eriko Garda Demokrasi, serta materi Penulisan Berita yang diberikan oleh Agus Pratikno.


Workshop Jurnalistik Remaja bertujuan memahami teknik fotografi dan videografi dengan menggunakan gadget, memahami teknik penulisan berita dan artikel, memahami teknik reportase dan wawancara. Penyampaian materi diberikan dengan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga peserta bisa mengulik informasi dari narasumber secara maksimal dan menyeluruh. Peserta juga nampak antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan karena banyak yang mengajukan pertanyaan serta rasa ingin tahu yang tinggi terhadap jurnalistik.


Agus Pratikno selaku narasumber penulisan berita berpesan kepada seluruh peserta untuk terus belajar dan belajar jika ingin maju dalam menggeluti ilmu jurnalistik, “Tidak ada yang sulit jika ada niat dan kemauan serta minat belajar,” ujarnya. Jumbara PMR XI Tingkat Kabupaten Pemalang tentunya akan menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi peserta dan juga jadi kesempatan narasumber untuk berbagi pengalaman dan pembelajaran tentang Jurnalistik. Eriko selaku narasumber reportase dan wawancara berharap, semoga ilmu dan keterampilan yang didapatkan bermanfaat untuk seluruh peserta dan lingkungannya. Lewat tunas muda peserta jurnalistik, PMI Kabupaten Pemalang ke depan akan semakin kuat dan selalu tanggap untuk hadir di tengah masyarakat, bergerak dalam misi sosial kemanusiaan dan mencapai misi Palang Merah Indonesia yaitu dicintai masyarakat.


“Saat ditugaskan di bagian jurnalistik, saya merasa semua itu sulit untuk dilaksanakan, tapi pada saat yang sama, saya berfikir bahwa ini adalah kesempatan saya untuk belajar dan mengembangkan keterampilan di bidang fotografi, videografi, hingga penulisan berita,” Ujar Fara salah seorang peserta jurnalistik Jumbara PMR XI. Fara juga berpesan, bagi teman-teman yang ingin terjun dalam bidang jurnalistik, keputusan tersebut adalah langkah awal, jadikan kesempatan tersebut untuk memperdalam ilmu serta pengetahuan sekaligus mengasah kemampuan, dan jangan pernah ragu untuk mencoba hal baru, karena yang kita lakukan pasti ada manfaatnya. Harapan dari Fira, setelah ini PMI Kabupaten Pemalang dapat menyelenggarakan berbagai event yang lebih memperluas dan memperdalam minat serta bakat anggota PMR, sehingga dapat menjadi wadah penunjang kreatifitas dengan tetap mengedepankan Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, serta Tri Bakti PMR.


Advertisement
Next
This Is The Current Newest Page