4 Cara Jack Ma Membangun Bisnis Alibaba

00:34:00 Storybookchildren Bahasa Indonesia 0 Comments

Bisnis-Alibaba
Apa Anda sudah mengenal Jack Ma? Jack Ma memang kurang tenar dibandingkan Bill Gates atau Mark Zuckerberg, tapi jangan salah, dia termasuk jajaran teratas orang terkaya di dunia, lho. Dia adalah pemilik bisnis Alibaba sebuah tempat belanja online yang berdiri sejak 1999. Tak tanggung-tanggung bisnis Alibaba merauk keuntungan IPO sampai Rp. 289,9 triliun di tahun 2014. Penasaran, bukan? Bagaimana Jack Ma membangun bisnis Alibaba sampai sebesar itu?

Dapat dikatakan usaha Jack Ma berawal dari nol sebab Alibaba dulunya hanya tempat belanja online kecil. Berkat semangat pantang menyerah yang dimiliki Jack Ma, bisnis Alibaba semakin melejit dan menjadikannya orang terkaya di China bahkan 10 besar di dunia. Tentu saja, di balik kesuksesan pasti ada triknya. Nah, berikut 7 cara Jack Ma membangun Bisnis Alibaba.

1.      Targetkan Pasar Global
Memiliki target yang tinggi itu bagus untuk kesuksesan ke depannya. Itulah yang menjadi prinsip Jack Ma sehingga dia menargetkan Alibaba harus menembus pasar global, bukan hanya dalam negeri. Jack Ma yakin, bisnis global akan lebih bertahan lama. Peran intenet dimanfaatkan betul oleh Jack Ma untuk mengenalkan Alibaba kepada masyakarakat dunia.

2.      Selalu Mementingkan Pelanggan
Tanpa pelangan, pastilah sebuah bisnis akan hancur. Maka dari itu, Jack Ma selalu mementingkan pelangannya. Dari mulai meningkatkan palayanan Alibaba yang lebih baik agar pelanggan menjadi puas. Selain itu, bisnis Alibaba juga menomorsatukan kepercayaan pelanggannya. Dengan kenyamanan yang ditawarkan, tentu pelanggan tidak ingin melirik tempat belanja online yang lain.

3.      Menemukan Peluang dengan Jeli
Pengusaha di Cina pada tahun 1999 sulit berkembang. Peluang inilah yang ditemukan Jack Ma sehingga menciptakan Alibaba, sebagai wadah para pengusaha menjual produknya ke masyarakat dunia.

4.      Selalu Berpikir ke Depan
Untuk mencapai target pasar global, tentu saja Jack Ma selalu berpikir ke depan. Itu menjadi pola berpikir Jack Ma. Dia berpikir bagaimana cara Alibaba bisa merambah mancanegara. Kemudian, dia melakukan berbagai cara yang dia pikirkan.

Itulah 4 cara Jack Ma membangun bisnis Alibaba sampai sebesar ini. Anda dapat belajar dari cara tersebut untuk membuat bisnis Anda semakin maju. Tetap semangat!


You Might Also Like

0 komentar: