3 Sosok Inspiratif Pengusaha Indonesia Yang Sukses Memulai Usaha Dari Nol

3 Sosok Inspiratif Pengusaha Indonesia Yang Sukses Memulai Usaha Dari Nol
3 Sosok Inspiratif Pengusaha Indonesia Yang Sukses Memulai Usaha Dari Nol
sosok-inspiratif-pengusaha-indonesia

Tidak ada yang tidak mungkin jika kita berusaha, termasuk ketika memulai menjadi pengusaha. Sayangnya, kadang sebelum memulai, kita sudah diselimuti sikap pesimistis yang ternyata adalah faktor utama perusak impian menjadi pembisnis sukses. Untuk mengikis rasa pesimistis tersebut, mari kita baca kisah dari 3 sosok inspiratif pengusaha Indonesia yang sukses memulai usaha dari nol berikut ini.

1.    Pembisnis Chairil Tanjung
Nama Chairil Tanjung tidak asing lagi di telinga kita. Dia merupakan sosok inspiratif yang menceritakan kisah pejuangannya dari nol sampai menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia melalui bukunya berjudul Chairil Tanjung, Anak Singkong. Konglomerat yang tetap sederhana ini adalah pemilik CT Corp, yang membawahi PT Bank Mega, Trans TV, Trans7, Transmart Carrefour, dan masih banyak lagi.
Dia memulai bisnis dari nol ketika kuliah, karena dia bukan berasal dari keluarga kaya. Dia berjuang dari menjual buku-buku, kemudian memulai berbagai bisnis kontraktor namun dia gagal dan bangkrut. Dia bangkit lagi berjuang kembali sampai akhirnya seperti sekarang.

2.    Ciputra
Ciputra pada tahun 2016 masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Tetapi untuk menjadi sesukses sekarang, jalan yang dilakui Ciputra tidaklah mudah. Sejak usia 12 tahun dia sudah sangat lekat dengan kehidupan prihatin sebagai anak yatim. Namun dengan berbagai kesulitan, dia tidak pernah berhenti berjuang untuk menyelesaikan pendidikannya. Dia berhasil diwisuda oleh ITB sebagai lulusan jurusan arsitektur.
Setelah lulus, dia mencari proyek-proyek pembangunan di Jakarta, selain itu untuk melancarkan proyeknya, dia mencari para inverstor untuk meyakinkan gubenur Jakarta dan Pemda untuk mempercayakan dirinya mendapatkan proyek pembangunan di Jakarta. Dari itu, dia mulai mengembangkan PT Pembangunan Jaya pada proyek-proyek pembuatan Taman Jaya Ancol. Dan masih banyak lagi proyek yang dikerjakannya.

3.    Mohammad Boedowy
Ternyata menjadi pengusaha bisa dimulai dari hal-hal kecil. seperti Mohammad Boedowy yang memulai dari limbah plastik dan sekarang dia menjadi pengusaha limbah plastik dengan keuntungan miliyar rupiah per tahun.

Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses memang tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Semoga kisah dari 3 sosok inspiratif pengusaha Indonesia yang sukses memulai usaha dari nol di atas dapat membuat Anda lebih bersemangat memulai menjadi pengusaha.
Advertisement