Berhenti Menggunakan Cotton Bud, Berikut 4 Cara Membersihkan Kotoran Telinga yang Benar dan Ampuh!

21:47:00 Storybookchildren Bahasa Indonesia 0 Comments

membersihkan-kotoran-telinga

Ternyata penggunaan contton bud untuk membersihkan telinga tidak dianjurkan oleh para dokter. Ada berbagai risiko  berbahaya penggunaan contton bud pada fungsi telinga Anda. Dari mulai terjadi infeksi, merusak gendang telinga. Resiko lainnya, membuat kotoran malah semakin dalam masuk ke lubang telinga, dan menganggu pendengaran. Lalu jika tidak boleh menggunakan contton bud, bagaimana cara membersihkan kotoran telinga yang benar?

1. Membersihkan dengan Baby oil
Bahan alami sangat dianjurkan untuk membersihkan kotoran telinga, salah satunya adalah baby oil. Produk bayi ini tidak memiliki efek samping dan sangat lembut. Caranya cukup dengan memberikan baby oil pada kapas, Kemudian, masukan kapas ke telinga dan tunggu minimal 5 menit, kemudian ambil kapas. Ulangi beberapa kali, hingga kotoran pada telinga bersih.

2. Membersihkan dengan Larutan Garam
Garam pastilah mudah untuk didapatkan di rumah Anda. Cara membersihkan telinga dengan larutan garam cukup mudah. Pertama larutkan 1 sendok teh garam pada 125 cc air hangat, kemudian masukan kapas ke dalam larutan hingga terendam. Keluarkan kapas kemudian peras sedikit, dan teteskan air garam dari kapas ke telinga. Biarkan air garam tersebut mengenangi liang telinga, namun pastikan air tidak masuk terlalu banyak. Setelah itu, miringkan kepala hingga air dalam telinga keluar.

3. Membersihkan dengan Bawang Putih
Bumbu dapur utama yang satu ini ternyata dapat digunakan untuk membersihkan telinga. Caranya bawang putih dihaluskan, lalu taruh di atas sendok dan panaskan dengan api lilin hingga hangat. Kemudian masukan ke dalam telingga, tunggu sekitar 5 menit dan keluarkan.

4. Membersihkan dengan Cuka Apel
Anda juga bisa membersihkan kotoran telinga dengan cuka apel. Sebelum meneteskan 2 sampai 3 tetes cuka apel, miringkan dulu kepala Anda ke arah samping. Lalu buatlah gulungan kapas dan masukan ke dalam telinga. Tunggu kurang lebih satu jam dan keluarkan kapas dari telinga.

Cara di atas pastilah sangat sederhana dan mudah untuk dicoba. Demikian penjelasan mengenai cara membersihkan kotoran telinga yang benar, semoga bermanfaat.


You Might Also Like

0 komentar: