Berencana Perjalanan Jauh dengan Mobil ? Pastikan Perhatikan Dulu Hal Berikut Ini !

15:58:00 Agoes Supriyono 0 Comments


Melakukan perjalanan jauh saat ini bukan hal yang aneh lagi. Untuk melakukan perjalanan pun saat ini ada berbagai pilihan alat transportasi. Namun menggunakan mobil pribadi memang diklaim lebih memberikan kenyamanan, kemudahan dan irit biaya. Meski begitu mengingat Anda menggunakan mobil pribadi, maka semua tanggung jawab selama perjalanan tentu juga ada di pundak Anda sehingga semuanya harus dipersiapkan dengan baik agar tidak ada masalah sama sekali selama di perjalanan.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, ada baiknya jika Anda melakukan berbagai macam persiapan sehingga perjalanan bisa kian maksimal. Cek kondisi mobil terlebih dulu apakah dalam kondisi yang sehat atau tidak. Jangan sampai ketika perjalanannantinya Anda menemukan masalah sehingga menjadikan perjalanan terhambat dan terganggu. Berikut ini beberapa bagian mobil yang harus dicek sebelum putuskan untuk melakukan perjalanan jauh :

1. Oli mesin
Pengecekan yang pertama adalah dengan memeriksa oli mesin yang ada di mobil. Pastikan jika oli mesinnya penuh dan dalam jumlah cukup untuk bisa lakukan perjalanan. Jangan sampai oli mobilnya kurang sehingga di perjalanan bisa mogok. Cek batasan kilometernya juga sehingga bisa tahun kapan harus menambah lagi.

2. Air radiator
Pengecekan selanjutnya adalah bagian air radiator dimana menjadi bagian yang tak kalah penting. Air radiator ini kondisinya harus penuh dan diatas level tapi jangan sampai terlalu penuh juga. Cek juga selang air radiatornya dimana Anda wajib memastikan agar tidak adanya selang yang menggembung atau pun retak sehingga di perjalanan tetap aman dan tak ada kondisi selang pecah.

3. Selang bensin dan filter
Lanjut kebagian lain yakni pada bagian selang bensin dan juga filternya. Pastikan jika keduanya dalam kondisi yang baik dan tidak ada kebocoran sehingga bisa nyaman ketika berkendara. Untuk Anda yang sering servis rutin, umumnya filter akan selalu bersih sehingga bisa jadi keunggulan tersendiri.

4. Putaran kipas pendingin
Putaran kipas ini dilakukan belt dan juga motor listrik. Apabila kipas pendinginnya diputar belt maka belt-nya berarti dalam kondisi yang baik. Jika belt ini diputar motor listrik, maka kondisi motor listriknya juga harus layak. Jangan lupa selama perjalanan selalu melihat pointer temperatur juga.

5. Aki mobil
Bagian ini pun tak boleh terlewat untuk dicek karena aki adalah pusat kelistrikan yang ada di mobil.Level air aki harus diperiksa dan ada tidaknya kerak karena bisa kurangi kualitas dari aki itu sendiri.

Itulah beberapa komponen yang ada di mobil dan wajib sekali untuk Anda cek. Dengan melakukan pengecekan tersebut, maka Anda akan bisa lebih nyaman ketika berkendara sehingga bisa lebih aman dan tanpa hambatan di perjalanan.



You Might Also Like

0 komentar: