4 Makanan Sumber Asam Folat Super Tinggi untuk Ibu Hamil dan Menyusui

18:30:00 Storybookchildren Bahasa Indonesia 0 Comments

makanan-sumber-asam-folat


Asam folat merupakan vitamin B yang sangat dibutuhkan untuk ibu hamil maupun menyusui. Dengan mengkonsumsi asam folat akan mengurangi berbagai penyakit pada ibu dan janin, serta bayi yang telah lahir. Seperti menghindari terjadinya cacat otak maupun tulang belakang pada bayi, kelainan jantung, dan berbagai kemungkinan cacat pada bayi lainnya.
Ada berbagai makanan seperti sayuran kaya asam folat yang mudah didapatkan di pasar maupun super market. Berikut 4 makanan sumber asam folat super tinggi dari sayuran:

1. Sayur Bayam
Selain kandungan kalori yang rendah, serat sayur bayam juga tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sebagai lauk. Selain itu, bayam juga berfungsi merendahkan kadar kolesterol pada tubuh. Selain itu, bayam juga kaya vitamin B komplek yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Asal folat paling banyak berada di daun bayam. Dengan mengkonsumsi bayam, bayi dan ibu akan lebih sehat.

2. Sayur Brokoli
Brokoli selain berguna untuk mensukseskan program diet, brokoli juga sangat berguna untuk kesehatan ibu hamil dan menyusui. Vitamin C pada sayuran hijau dan bebentuk seperti rambut kribo ini sangat tinggi. selain itu, kandungan kalsium dan asam folat pada brokoli juga sangat tinggi.

3. Sayur Kubis
Ada berbagai jenis kubis yang enak untuk dimakan sebagai salad atau lalapan. Ada kubis hijau, putih, dan ungu. Semua memiliki kandungan yang hampir sama dengan asam folat yang tinggi. Tak hanya menjaga kehatan ibu hamil dan menyusui, tenyata kubis juga ampuh untuk mencegah sel kanker. Selain itu, mineral, vitamin, dan serat pada kubis sangat tinggi, lho.

4. Jagung
Rasanya yang manis, pastilah membuat jagung menjadi pilihan menyenangkan untuk mendapatkan asam folat. Selain itu juga sangat mengenyangkan. Jagung mengandung vitamin yang lengkap, di antaranya vitamin A, B, dan E. Menakjubkannya, dengan memakan secangkir bulir jagung sudah melengkapi kebutuhan asam folat sebanyak 78 mcg.

Untuk mendapatkan manfaat dari sayuran, tentu pemilihan sayuran yang segar dan bebas petisida sangatlah penting, ya. Nah, itulah 4 makanan sumber asam folat super tinggi untuk ibu hamil dan menyusui. Semoga bermanfaat!





You Might Also Like

0 komentar: