logo blog

Pekerjaan Rumah yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil

Pekerjaan Rumah yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil



pekerjaan-rumah-tangga-tidak-boleh-dilakukan-ibu-hamil

Kehamilan merupakan anugrah dari Tuhan yang harus dijaga dengan betul. Ada banyak khasus keguguran yang disebabkan kekurang hati-hati sang ibu dalam masa kehamilan. Karena itulah, lebih baik bagi ibu hamil untuk mengurangi kerja-kerja yang berat, bahkan istirahat di rumah.
Tetapi, bagi seorang ibu tentu saja akan merasa gatal ketika melihat berbagai perkerjaan rumah menumpuk. Sehingga, sebagai suami harus peduli dan dapat membantu perkerjaan ibu di rumah. Pasangan suami-istri memang harusnya membagi tugas pekerjaan rumah. Berikut pekerjaan rumah yang tidak boleh dilakukan ibu hamil.

Tidak Boleh Mengangkat Barang yang Terlalu Berat
Benda berat seperti tabung gas, ember berisi air, dan benda-benda berat lainnya lebih baik tidak diangkat oleh ibu hamil. Sebab ini merupakan pekerjaan yang berat dan berisiko bagi wanita hamil, apalagi yang memiliki riwayat medis, misalnya plasenta previa.

Membuang Sampah Ataupun Berdekat-dekat Dengan Sampah
Risiko terserang toksoplasmosis dapat terjadi jika wanita hamil dekat-dekat dengan sampah. Virus tersebut akan berdampak buruk pada janin dan sering menyebabkan bayi lahir tidak sempurna. Karena itulah, sang ibu lebih baik jauh-jauh dari kegiata membuang sampah, menganti wadah sampah, membakar sampah, atau aktivitas berdekatan dengan sampah.

Pekerjaan yang Menggunakan Bahan Kimia Kuat
Bahan kimia dibutuhkan untuk membersihkan kamar mandi, dapur, maupun cat. Ciri dari bahan kimia kuat adalah baunya yang menyengat dan menusuk hidung. Selain itu, bahan kimia kuat juga terdapat dipenyemprot serangga. Sangat dianjurkan, ibu hamil menjauhinya karena bahan kimia akan berakibat tidak baik pada janin.

Pekerjaan yang Membersihkan Tempat yang Tinggi
Membersihkan langit-langit, mengantung tirai, dan berbagai aktivitas yang membuat ibu hamil berjijit lebih baik dihindari. Sebab kemungkinan ibu hamil jatuh sering terjadi karena aktivitas ini.

Mengepel dan Berdiri Terlalu Lama
Mengepel baik menggunakan tongkat maupun serbet tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Sebab itu merupakan aktivitas yang berat dan membuat perut tertekan serta mengakibatkan linu pinggul. Selain aktivitas yang membuat membungkuk yang harus dihindari, aktivitas berdiri terlalu lama seperti memasak juga berisiko terhadap kesehatan ibu hamil.

Itulah, pekerjaan rumah yang tidak boleh dilakukan ibu hamil. Semoga bermanfaat!


BACA JUGA


Share this:

No comments