Jangan Biarkan Plagiat Merajalela, Berikut 3 Aplikasi Pendeteksi Plagiat Terbagus dan Mudah Digunakan

20:49:00 Storybookchildren Bahasa Indonesia 0 Comments


aplikasi-pendeteksi-plagiat

Plagiat sama saja dengan pencuri. Bedanya pencuri dengan mudah dihukum dan masuk penjara. Sedangkan plagiat, sering tidak ditindak lewat hukum, walaupun sudah ada hukum dan UUD yang mengaturnya. Hal tersebut dikarenakan plagiat masih dianggap lumrah, dan cukup dengan pelaku meminta maaf, masalah sudah selesai.
Tetapi, bagi para pendidik, tidak boleh kecolongan kalau ternyata tugas siswa merupakan plagiat. Sebab peran guru adalah mendidik, termasuk mendidik agar siswa tidak plagiat. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk penerbit maupun koran, dan lomba-lomba menulis lainnya. Tenang, untuk memudahkan mendekteksi tugas siswa, Anda dapat menggunakan aplikasi pendeteksi plagiat berikut ini.

Menggunakan SmallsSEOtools

Aplikasi ini merupakan aplikasi pendeteksi gratis. Terdapat lima halaman untuk menaruh teks naskah yang ingin diketahui keasliaannya. Cukup dengan mengeklik tombol plagiarism chek, aplikasi akan berkerja. Tunggu beberapa saat, sampai hasil deteksi keluar. Akan diberitahukan berapa persen naskah tersebut terdekteksi plagiat.

Menggunakan Aplikasi Unplag

Aplikasi online ini memang perbayar. Namun, untuk sistem pendeteksinya sangat bagus bahkan hal-hal kecil sebuah naskah plagiat bisa diketahui. Apalagi, aplikasi ini dapat langsung mendekteksi banyak teks, sebanyak 16 milyar. Cocok sekali untuk mendeteksi sebuah buku yang tebal, seperti skripsi dan novel. Tentu untuk naskah pendek seperti artikel, cerpen, puisi, aplikasi ini sangat bisa diandalkan.

Menggunakan Aplikasi Quetext

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis maupun perbayar. Untuk penggunaan gratis, pengguna harus menyalin dan menempelkan naskah pada kolom yang tersedia, kemudian klik untuk chek plagiatarism. Sedangkan untuk penggunaan prabayar, pengguna tidak perlu menyalin dan menempel naskah, hanya perlu mengunggah maksimal 3 file dalam sekali chek plagiat.
Aplikasi ini akan mendeteksi berapa persen naskah tersebut plagiat, juga memperlihatkan website tempat pelaku melakukan plagiat.
Kita harus lebih pintar dibandingkan pelaku plagiat. Agar kita tidak dianggap bodoh karena telah meloloskan naskah pelaku plagiat begitu saja. Mari, matikan para plagiat dengan menggunakan aplikasi pendeteksi plagiat yang sudah diterangkan di atas. Semoga bermanfaat.




You Might Also Like

0 komentar: