Tips Memilih Vitamin Anak di Apotik

Tips Memilih Vitamin Anak di Apotik
Tips Memilih Vitamin Anak di Apotik

Tips Memilih Vitamin Anak di Apotik

Ada banyak sekali vitamin anak di apotik yang bisa Ibu manfaatkan demi menunjang kesehatan si kecil. Vitamin yang dijual umumnya mengandung nutrisi serta vitamin yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan si buah hati. Beberapa vitamin yang dijual antara lain adalah vitamin peningkat nafsu makan, vitamin untuk mencerdaskan hingga vitamin untuk membantu tumbuh kembang.


Tips Dalam Membeli Vitamin Anak di Apotik

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Ibu memperhatikan dengan betul jenis vitamin apa yang akan dibeli. Beberapa hal yang perlu Ibu cermati antara lain adalah sebagai berikut :

1. Komposisi Vitamin Harus Sesuai Standar
Tips pertama sebelum membeli vitamin anak di apotik adalah dengan memperhatikan kandungan apa saja yang terdapat di dalam vitamin. Jangan memilih vitamin yang mengandung 100% kebutuhan vitamin serta mineral bagi anak. Suplemen yang demikian bisa saja memicu gangguan kesehatan karena vitamin serta mineral yang berlebihan tidak disarankan, terlebih untuk jenis vitamin A.
Selain hal di atas, perhatikan juga manfaat, dosis pemakaian, peringatan penggunaan produk hingga cara penyimpanan dari suplemen. Semakin Ibu memahami penggunaan serta komposisi dari vitamin dengan benar maka manfaat dari vitamin akan lebih terserap dengan baik.

2. Sesuaikan Dengan Tingkat Kebutuhan Si Anak
Tips membeli vitamin anak di apotik selanjutnya adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan si anak. Jika anak telah tercukupi vitamin serta nutrisinya melalui asupan sehat sehari-hari, maka penggunaan suplemen vitamin tidaklah diperlukan. Selain itu sesuaikan juga dengan usia si anak. Jangan sampai Ibu salah membeli vitamin yang tidak sesuai hingga menyebabkan gangguan kesehatan.
Sebelum membeli vitamin anak di apotik pastikan dulu apakah si kecil mengidap suatu penyakit. Jangan sampai vitamin yang akan Ibu beli menyebabkan kontraindikasi dengan gangguan kesehatan sibuah hati. Jika perlu diskusikan dahulu dengan ahli kesehatan.

3. Terdaftar di BPOM
Tips selanjutnya adalah dengan membeli jenis vitamin yang telah terdaftar di BPOM. Entah jenis vitamin apapun itu sebaiknya diperiksa terlebih dahulu apakah sudah lolos sertifikasi BPOM atau belum. Jika belum ada baiknya Ibu menghindarinya mengingat mutu serta kualitas suplemen yang tidak terjamin.

4. Jangan Beli Yang Bentuk Permen
Menghindari suplemen vitamin anak di apotik yang berbentuk permen merupakan tips yang sebaiknya Ibu coba. Suplemen yang berbentuk permen seringkali membuat si buah hati salah paham dan menganggapnya sebagai permen. Alhasil anak akan mengonsumsinya secara terus menerus. Jika sudah demikian, efek kelebihan vitamin bisa saja menganggu kesehatan si kecil.
Jikapun Ibu terlanjur atau memang berniat membeli vitamin dengan bentuk permen supaya anak mau mengonsumsinya, maka jauhkan vitamin tersebut dari jangkauan anak.

5. Konsultasikan Pada Dokter
Berkonsultasi pada Dokter merupakan salah satu tips sebelum membeli vitamin anak di apotik yang bisa Ibu lakukan. Dokter akan menyarankan jenis vitamin mana yang sesuai dengan kondisi serta usia si buah hati anda.

Hal penting yang perlu Ibu perhatikan adalah vitamin anak di apotik hanyalah tambahan saja bagi asupan si kecil. Adapun asupan yang utama berasal dari makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan yang dikosumsi. Jenis suplemen apapun itu, tidak bisa mengalahkan nutrisi serta vitamin asli yang ditemukan dalam produk alam berupa buah dan sayuran.
Advertisement