logo blog

4 Tips Penting untuk Memilih Manhole Cover Pembangkit Listrik

4 Tips Penting untuk Memilih Manhole Cover Pembangkit Listrik




Sistem otomatisasi pembangkit listrik pasti berbeda-beda. Namun setiap pembangkit pasti memiliki manhole cover untuk menutup saluran drainase atau sebagai penutup akses ke saluran listrik yang ada di daerah pembangkit listrik. Kamu bisa memilih manhole berdasarkan fungsinya. Berikut tips memilih manhole yang bisa kamu coba.

1. Kekuatan Kelas Heavy Duty 
Tips pertama yang bisa kamu lakukan yaitu pilih manhole kelas heavy duty. Pembangkit listrik air, uap, maupun tenaga surya bisa menggunakan manhole cover jenis ini. Sebaiknya kamu menggunakan manhole cover ini yang berbahan FCD (dutile Iron).
Mengapa harus FCD? Karena area pembangkit listrik sering dilewati alat berat, sehingga dibutuhkan power kekuatan agar dapat menahan beban kendaraan tersebut. Tidak mungkin di area pembangkit listrik menjadi rusak hanya karena terdapat kendaraan berat melintas. Sehingga dutile Iron ini sangat penting.

2. Finishing Hot Dip Galvanize 
Proses ini yaitu menyelipkan produk yang terbuat dari besi dan baja ke dalam larutan zinc dengan tujuan menghindari korosi dan produk lebih tahan lama. Proses ini ada pada finishing. Setelah melewati proses ini, manhole cover akan tahan asam dan tidak berkarat.

3. Desain dengan Tanda Khusus 
Tanda khusus ini digunakan saat manhole cover digunakan untuk menutup akses ke saluran listrik utama. Tanda khusus ada bermacam-macam, misalnya tanda bahaya dengan kata "Danger" dan gambar tengkorak. Hal ini bertujuan agar orang berhati-hati saat berada di area tersebut. Karena pada area ini hanya orang tertentu saja yang diperbolehkan untuk masuk.

4. Memakai Karet pada Manhole Cover
Tips keempat yaitu kamu harus memakai karet pada manhole cover. Karet ini berguna agar air tidak masuk ke lubang saluran listrik tersebut. Hal ini tidak hanya digunakan pada pembangkit listrik tenaga uap saja tapi juga pada pembangkit listrik tenaga surya.

Itula 4 tips sebelum kamu menentukan manhole cover yang cocok. Lakukan tips tersebut dengan benar sehingga sistem otomatisasi pembangkit listrik tidak terganggu. Selain itu, pembangkit listrik bisa menggunakan manhole cover yang tepat.



BACA JUGA


Share this:

No comments