logo blog

Tanaman Bawang Putih untuk Masakan dan Menjaga Kesehatan Tubuh

Tanaman Bawang Putih untuk Masakan dan Menjaga Kesehatan Tubuh




Bawang putih adalah tanaman dari genus Allium yang merupakan jenis tanman umbi umbian. Sudah digunakan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun dan terutama tumbuh di Asia Tengah. Rasa getir atau angur yang timbul saat memakan bawang putih timbul dari senyawa sulfur yang terdapat di dalamnya juga termasuk zat kimia alliin. Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dari bawang putih untuk kesehatan dan masakan.

Senyawa sulfur bioaktif yang terdapat pada bawang putih diyakini dapat mempengaruhi proses biologis sehingga kanker tidak sempat dan tidak terbentuk karena kandungan PhIP yang dapat memicu kanker payudara pada perempuan akan dihambat perkembangannya serta diubah menjadi karsinogen yang dilakukan oleh zat diallyl sulfida. Infeksi paru mungkin dapat berkurang karena sifat anti bakteri dan anti mikroba yang akan melawan kuman, banteri, dan mikroba yang menjadi penyebab utama. Antioksidan dan allicin memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan melancarkan sistem peredaran darah dan juga menyehatkan arteri.

Insulin yang meningkat bisa diinduksid engan bawang putih yang juga memangkas kolestrol jahat atau LDL hingga 15%, angka yang cukup signifikan namun tidak perlu khawatir akan penurunan dari HDL atau kolestrol baik yang tidak terpengaruh. Sedikit orang yang mengetahui bahwa psoriasis dapat dikurangi dengan bawang putih. Psoriasis merupakan penyakit kulit yang terjadi karena peradangan seperti kulit mengelupas, gatal, dan disertai nyeri. Sifat anti inflamasi dari bawang putih dapat membantu mengobati peradangan itu.

Sebagai bahan masakan, bawang putih adalah bumbu wajib bagi ibu rumah tangga. Semua masakan terasa kurang sedap tanpa hadirnya bawang putih. Biasanya saat akan menumis sayuran, bawang putih akan ditumis terlebih dahulu bersama bumbu lainnya untuk memberi rasa yang khas pada masakan. Namun, masih sedikit pula yang tahu bahwa terdapat efek samping untuk penggunaan suplementasi bawang putih jangka panjang berupa produksi keringat berlebih. Jangan lupa menggunakan cleansing water wajah yang terbuat dari bahan dasar air. Pemakaian micellar water oil control terbaru juga penting agar kulit wajah tetap sehat sepanjang waktu. simak selengkapnya ulasan lebih lengkapnya disini https://www.nivea.co.id/article/face/dynamic-duo-untuk-wajah-bersih-dari-make-up



BACA JUGA


Share this:

No comments