Kalian Harus Tahu! Inilah Beberapa Penyebab Dari Terjadinya Penyakit Kanker Serviks Pada Wanita

Kalian Harus Tahu! Inilah Beberapa Penyebab Dari Terjadinya Penyakit Kanker Serviks Pada Wanita
Kalian Harus Tahu! Inilah Beberapa Penyebab Dari Terjadinya Penyakit Kanker Serviks Pada Wanita

Kanker serviks atau yang lebih dikenal dengan nama kanker leher rahim, merupakan salah satu jenis kanker yang dapat tumbuh dan berkembang pada leher rahim wanita. Serviks (leher rahim) itu sendiri berperan sebagai penghubung antara vagina ke bagian rahim. Berdasarkan dari hasil survey yang dilakukan pada pekan lalu, presentase kematian bagi wanita yang menderita penyakit kanker serviks ini masih terbilang cukup tinggi. Begitu juga yang terjadi di Negara Indonesia, dimana angka kematian wanita akibat penyakit yang satu ini cukup tinggi. Lantas, apa yang menjadi penyebab dari terjadinya penyakit kanker serviks tersebut? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang penyebab kanker serviks, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Berhubungan Intim Dengan Banyak Pasangan
Penyebab pertama dari terjadinya penyakit kanker serviks pada wanita, yakni karena sering berhubungan intim dengan banyak pasangan. Ya, pirus HVV ini akan mudah menyebar dengan aktifitas hubungan intim yang berganti-ganti pasangan, sehingga resiko terkena penyakitnya sangatlah tinggi. Maka dari itu, setia pada satu pasangan menjadi satu-satunya cara terbaik agar terhindar dari penyakit kanker serviks ini.

2. Infeksi Human Pavilloma Virus (HPV)
Seperti yang sudah disebutkan pada poin yang pertama tadi, bahwa penyebaran virus HPV ini akan terjadi sangat cepat melalui hubungan seks dengan banyak pasangan. Virus HPV ini akan menyerang bagian organ genital wanita seperti vaginda dan serviks, atau yang biasa disebut dengan leher rahim. Menurut para medis, HPV ini terdiri lebih dari 100 jenis virus lho. Cara penyebaran virus HPV ini yakni melalui sentuhan dari satu kulit ke kulit lainnya, saat melakukan hubungan intim. Selain itu, penyebaran virus yang satu ini juga bisa terjadi akibat penggunaan suntikan bekas dari orang yang mengidap virus HPV.

3. Genetika (Keturunan)
Penyebab berikutnya yang harus kalian ketahui dari terjadinya penyakit kanker serviks, yakni karena faktor genetika alias keturunan. Ya, misalkan saja ibu kamu memiliki penyakit kanker serviks, maka besar kemungkinan juga bahwa kamu akan tertular penyakit yang satu ini. Jika hal ini memang terjadi, maka sangat disarankan bagi kamu untuk melakukan pemeriksaan diri ke dokter secara intensif agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Kelebihan Berat Badan (Obesitas)
Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan para medis, wanita-wanita yang memiliki berat badan berlebihan itu sangat berpotensi terkena penyakit kanker serviks lho. Maka dari itu, kamu harus menjaga berat badan dengan menerapkan pola makan sehat yang disertai dengan berolahraga secara rutin dan teratur.

5. Melemahnya Sistem Kekebalan Tubuh
Kondisi system kekebalan tubuh yang melemah ini tentunya akan membuat tubuh kita menjadi rentan terhadapat beragam serangan penyakit, termasuk penyakit kanker serviks. Sebagai solusinya, kita diharuskan untuk memperbanyak konsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, folat, flavonoid, serat, dan lain sebagainya.

6. Wanita Yang Perokok
Hal terakhir yang menjadi penyebab dari terjadinya penyakit kanker serviks pada wanita, yakni karena kebiasaan merokok. Ya, selain dapat merusak jantung dan paru-paru, wanita perokok aktif memiliki peluang terkena penyakitnya lebih besar ketimbang wanita yang tidak merokok lho!
Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab dari terjadinya penyakit kanker serviks pada wanita. Untuk pencegahannya, hal itu bisa kamu lakukan dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Advertisement
Buka Komentar