Skip to main content

follow us

Mengelola satu blog lebih terawat dan fokus bagaimana pengembangannya


Dalam pencermatan saya dunia perbloggeran to money semakin ketat persaingannya, siapa yang kreatif dan kualitas akan memenangkan persaingan, memperhatikan algoritma mesin pencari google update hasil penelusuran dihalaman pertama lebih baik lagi. Hingga sering terdengar keluhan blogger mendapatkan halaman pertama bisa diraih tapi untuk mempertahankannya yang sulit.

Persaingan berikutnya adalah munculnya kegemaran baru netizen yaitu youtube, bagi yang malas membaca akan lebih memilih visual yaitu diyoutube, ditambah lagi konten creator youtube semakin banyak dan kreatif, karena memang konon katanya iming-iming penghasilan dari youtube lebih menjanjikan.

Meski demikian menurut saya tetap ikuti jalani sesuai passion jika menulis bertahan di blogger saja, di blogger juga masih bagus peluangnya, karena budaya cari informasi masih dengan cara googling, siapa tahu beruntung tulisan blog anda ada yang dihalaman pertama google dan kebanjiran trafik.

Ngomong-ngomong soal blog, dulu saya mengelola banyak blog dan akhirnya lelah dan kembali fokus satu blog, ternyata dengan satu blog lebih terawat dan optimal, terawat ini dalam hal update konten bisa lebih rutin, kemudian optimal secara teknis seperti kesehatan blog dari broken link bisa diatasi dengan mudah.

Dengan satu blog lebih mengerucut fokus yang dikerjakan yaitu bagaimana menyajikan konten rutin update dan bisa meningkatkan kualitas artikel yang dibuat.

Lalu bagaimana cara mengembangkannya, agar penghasilan dari blog bisa berkembang, harapannya ketika blog yang dikelola menghasilkan sebagaian bisa diinvestasikan dengan menggaji jasa penulis membuat blog baru lagi.

Jadi gunakan hasil dari blog yang dikelola untuk menambah jumlah blog tapi yang mengelola atau penulisnya orang lain, atau bisa digunakan untuk investasi lainnya.


You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk DONASI Klik disini
Buka Komentar