Skip to main content

follow us

Usia Toko Online perlengkapan-pmr.com Sudah Setahun ini beberapa catatannya


Menjadi blogger dan internet marketer dihadapkan perubahan yang begitu cepat, peluang-peluang baru yang menggairahkan menggoda untuk dicobanya seringkali membuat beralih haluan tanpa berpikir panjang terlebih dahulu, pada akhirnya sulit fokus dan yang dihasilkan pun tidak maksimal.

Salah satunya dalam menjalankan toko online berganti-ganti produk, karena adanya beberapa hal faktor penghambat, menjadi bahan evaluasi, kemudian inginnya fokus disatu produk, nah pada ulasan kali ini coba berbagi tentang menjalankan toko online yang bertahan hingga satu tahun.

Situs dengan tampilan sederhana saya buat, karena saya akui memang keterbatasan skill membuat terbatas pula dalam berkreasi membuat halaman situs penjualan yang enak dipandang, karena keterbatasan, prinsip saya yang menurut saya penting pengunjung jelas paham apa yang saya tawarkan, dan cantumkan no hp sejelas-jelasnya jika ada pertanyaan tinggal whatsapp ke customer service dan kalau beruntung membeli, jadi optimis saja.

Email masuk berupa peringatan untuk memperpanjang domain toko online perlengkapan-pmr.com mengingatkan saya, ternyata toko online yang saya jalankan tak berasa sudah satu tahun, karena masih sering menerima order saya pun bergegas ambil hp, transfer sms banking untuk memperpanjang domain dan hosting situs toko online ini.

Sharing ini bisa dibilang catatan-catatan kecil dalam menjalankan toko online perlengkapan PMR, berikut saya rangkum diantaranya :

1. Penjualan Kadang sepi kadang Ramai
Jualan perlengkapan atribut PMR ini saya lakukan pencatatan, saya sempatkan membuat laporan, karena memang saya terus perbaiki cara menjalankan toko online, action evaluasi dan perbaiki, dari beberapa bulan dalam setahun ini, ada bulan yang ramai, ada yang dalam sebulan hanya transaksi penjualan satu dua saja, karena sudah beberapa kali mengalaminya tidak membuat semangat turun, tetap optimis menjalankan toko online atribut PMR yang menyediakan berbagai atribut PMR, baca juga Atribut yang dikenakan PMR dan kelengkapan lainnya 

Jadi dalam menjalankan toko online ini. mentalnya sudah semakin siap, menerima keadaan ketika sedang sepi, terus berusaha mengoptimalkan promosi toko online.

2. Dapat Kejutan
Meski usia toko online atribut PMR ini belum genap berusia satu tahun, sudah mendapatkan kepercayaan, selama satu tahun ini ada orang yang sekali order tertinggi total belanja 4 juta, ini diluar dugaan, gambaran saya orang order nilainnya dibawah 100 ribu, ternyata kebanyakan total belanja senilai lebih dari 500ribu rupiah. kalau dapat saya menyimpulkan sepertinya order banyak biat hemat biaya kirimnya.

Ini menurut saya yang menjadi salah satu hal membangun mental berbisnis toko online, dimana terkadang sepi, tetapi ketika sudah rezekinya dapat order yang menyenangkan hati dan menjadi semangat berusaha.

3. Dapat Testimoni
Mendapat balasan dari pembeli berupa memberikan informasi kalau pesannnya sudah diterima ini juga menjadi salah satu penyemangat berjualan online, balasan itu bisa dijadikan testimoni kemudian dipublis dimedia sosial ini menjadi sebuah kebanggaan sekaligus pencitraan kalau toko online yang sedang dikelola ini aktif ada penjualan dan menumbuhkan kepercayaan reputasi semakin baik.

Tidak hanya itu, seringkali pembeli setelah menerima pesannya, berucap juga kalau nanti akan order lagi, beberapa pembeli dalam setahun ini lumayan juga yang bilang "akan order lagi" sebuah pengharapan bagi pemilik toko online berjalan lancar dan langgeng. simak juga kumpulan testimoni perlengkapan-pmr.com

4. Memiliki Komunitas
Dengan memiliki toko online secara tidak langsung saya bangun komunitas orang-orang yang ada keminatan dengan produk yang saya jual, yang berarti dalam hal ini orang-orang yang saya bangun dalam komunitas adalah anggota PMR dan pembina PMR serta relawan PMI, saya buat halaman facebook untuk berinteraksi dengan orang yang pernah beli, belum beli dan ada keminatan ingin order tapi belum membutuhkan.

Cukup menyenangkan sekali update status dihalaman facebook yang saya buat untuk komunitas pelanggan calon pembeli atribut PMR, dalam sehari yang like postingan sampai 200 liker, dengan total pengikut sampai ditulisnya artikel ini ada 5000 orang.

5. Meningkatkan Daya Imajinasi
Dalam mempromosikan menuntut harus kreatif, dalam menjalankan toko online atribut pmr ini saya merasakan meningkatkan daya imajinasi, yaitu dalam hal membuat konten materi untuk promosi, dengan berjualan online saya belajar bagaimana edit foto agar menarik kemudian seni kreasi lainnya, sehingga membuat saya tidak bosan dalam promosi.

Saya gunakan aplikasi pendukung untuk edit video membuat konten promosi dengan gambar-gambar produk dengan ditambahi caption dan harga. sehingga ketika orang melihat gambar tersebut lalu tertarik, hanya melalui gambar tersebut bisa menciptakan penjualan.

6. Pengalaman packing dan biaya pengiriman
Ternyata menjalankan toko online simple tapi juga ribet, tidak hanya dapat transfer lalu kirim pesanannya, ada pengalaman yang saya dapat dari packing dan biaya pengiriman, yaitu harus teliti sebelum di kemas, dari apa yang saya alami pernah kurang teliti, karena waktu itu sedang ada kesibukan, buru-buru tidak fokus membaca apa saja yang diorder, beberapa hari kemudian dapat kabar barang yang sudah dikirim isinya salah tidak sesuai pesanan, ini merepotkan pembeli karena harus mengirim balik, kemudian bagi pemilik toko online juga ada tambahan biaya kirim lagi.

Demikian keenam catatan dalam menjalankan usaha toko online selama setahun, sekedar berbagi pengalaman menjalankan toko online atribut PMR, semoga ada inti sari yang memberikan pembelajaran dalam mengelola toko online, semoga bermanfaat bagi yang sedang atau baru belajar menjalankan bisnis dari internet menjalankan toko online.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar