Skip to main content

follow us

4 Alasan Menyarankan Aktif Menulis di Blog

Tidak semua sepemahaman dan tidak semua bisa menikmatinya seperti yang akan saya sarankan yaitu aktif menulis di blog, karena saya dulu berawal dari tidak suka menulis sama sekali, saya menulis karena dipaksakan. Jadi ada motivasi sehingga saya harus paksakan belajar menulis,
Menulis itu memusingkan karena berpikir tulisannya bisa dipahami pembaca atau tidak, kemudian mental apakah tulisan bagus tidak, itu perasaan yang ada ketika awal belajar membuat sebuah tulisan. Media yang digunakan untuk menulis, saya gunakan blog, karena dari blog sendiri bisa online, bisa dikerjakan dimana tempat dan terdapat peluang-peluang yang menyenangkan. Dari apa yang saya rasakan, lalu kenapa menyarankan aktif menulis diblog adalah sebagai berikut :

1. Menulis untuk kesehatan otak pikiran.

Mengibaratkan aktivitas organ kita, yaitu makan masuk keperut, setiap hari makan, kalau tidak BAB menjadi terasa tidak nyaman, kemudian bisa menimbulkan penyakit, yang sehat adalah lancar sirkulasinya makan terus BAB pada waktunya, begitu terus setiap harinya, dari ibarat tersebut ada organ lainnya terdapat kesamaan yaitu otak, otak itu menyerap informasi, kalau tidak dituangkan dikeluarkan, nah dikeluarkannya ini dalam bentuk tulisan dan melengkapinya dengan membagikan informasi itu kepada orang lain, yang bertujuan jika informasinya bermanfaat, orang membaca senang dengan tulisan kita, menjadi sebuah kepuasan batin.
Jadi menulis ini sebuah aktifitas sirkulasi memori otak, menyerap informasi kemudian mengeluarkannya dalam bentuk tulisan kemudian dibagikan tulisan tersebut melalui blog, kalau zaman konvensional dibuat buku, jadi menurut saya ada pembelajaran  yang sama antara makan dan menulis.
Mungkin kita pernah merasakan kalau memori kita ini terbatas, terlalu banyak yang tersimpan diingat di memori otak kita menjadi tidak nyaman, dan ketika mencatatnya dalam sebuah buku, memori otak kita berasa sudah berkurang, kemudian bisa menerima informasi baru lainnya.

Kesimpulan Pertama, alasan menyarankan aktif menulis adalah untuk penyeimbang, kesehatan pikiran, karena fungsi kerja otak terasa ringan jika suka menulis.

2. Dengan suka menulis akan suka membaca

Setelah awal tadi menulis karena dipaksakan, kemudian merasakan manfaat dari menulis, otomatis akan sering membaca, karena kualitas tulisan dipengaruhi dari aktivitas membaca.

Membacanya seorang penulis ini juga berbeda, penulis bisa mendapatkan sebuah pemahaman dan kesimpulan, kemudian bisa mengungkapkan atau menulis ulang dengan bahasanya sendiri. maksudnya adalah ada sebagian orang yang bisa membaca tapi kesulitan mendapatkan pemahaman, sehingga membaca itu hal yang membosankan, bagi penulis ini yang saya rasakan, kita ketahui sumber ilmu salah satunya dari tulisan, karena kita sering membaca kemudian mudah memahami tulisan, pikiran kita menjadi bertambah wawasannya.

Kesimpulan kedua dengan menulis, akan menumbuhkan hal positif lainnya yaitu menjadi suka membaca, dan mendapatkan sesuatu dari apa yang dibacanya, menambah ilmu menambah wawasan.

3. Dengan menulis akan  bertambah wawasannya.

Bertambah wawasan akan mempengaruhi karir, saya perhatikan lingkungan sekitar, ada seorang manager perusahaan, orang tersebut bercerita sebelumnya seorang penulis yaitu wartawan, kemudian orang-orang yang menduduki jabatan penting diperusahaan organisasi backgroundnya seorang penulis yaitu jurnalis wartawan, tidak hanya itu Profil Presiden juga seperti itu ternyata menerbitkan sebuah tulisan yaitu buku, dari sini saya menyimpulkan seorang yang pintar, intelektual salah satu aktivitasnya sebagai penulis, kemudian penulis yang dimaksudkan ini bukan berarti harus jadi wartawan, menerbitkan buku, jadi blogger pun sama menurut saya yaitu aktivitasnya membuat sebuah tulisan.

Dengan bertambah wawasan, ketika misal diajak ngobrol orang mudah paham dan nyambung, kondisi seperti ini, mendukung sekali  menambah relasi, bisa menjadi modal untuk berbisnis, salah satunya pemasaran di internet, dibutuhkan keahlian membuat artikel, salah satu alasan lain kenapa saya memaksakan belajar menulis juga, karena kesimpulan saya sendiri bahwa seorang pemasar harus bisa berkata-kata tidak bisa dalam ucapan, bisa dengan tulisan, dulu saya memang termotivasi belajar pemasaran, kemudian pemasaran ini modalnya adalah komunikasi yang baik, dan komunikasi ini bisa berupa tulisan, maka dari itu saya paksakan belajar menulis, dan benar dengan menulis membuat artikel promosi produk, saya berhasil membuktikannya dengan modal tulisan di internet bisa menjual produk secara online.

Kesimpulan yang ketiga ini, menulis menambah wawasan dan menunjang karir.

4. Aktivitas menulis itu produktif, bisa memberikan hasil

Kali ini bukan bermaksud pamer tapi memberikan motivasi dan inspirasi yaitu saya sendiri merasakan dari aktivitas menulis di blog bisa mendapatkan uang yang lumayan, setelah sudah bertahun-tahun menulis, rasa syukur ada yang saya rasakan, bagaimana mengerjakan sesuatu dalam 10 menit diberi imbalan 100ribu - 300 ribu, itu salah satu pemasukan dari blog saya yaitu content placement dari sponsor, cara kerjanya sponsor sudah menyiapkan tulisan kemudian di posting diblog saya, dengan syarat ketentuan setelah artikel tulisan dipublikasikan sponsor tersebut memberikan fee. bersyukurnya adalah ketika dibandingkan dengan seorang yang bekerja 12 jam mendapatkan nominal yang sama, tanpa kepanasan kehujanan dikerjakan dari depan komputer.

Banyak cara memanfaatkan blog agar menghasilkan uang, tapi saya rasa ada tahapannya, jangan terlalu berharap menghasilkan uang dari penulis tidak instan, bisa bertahun-tahun, tetapi meski demikian ada kok manfaat selain yang saya rasakan selain uang, hingga saya masih aktif sampai sekarang sebagai penulis di blog, jadi yang pertama sukai menulis dulu tanpa ada embel-embel dapat uang, sebenarnya tidak apa-apa motivasinya dapat uang untuk penyemangat, kadang yang terjadi karena tidak mendapatkan uang, mengkontaminnasi pikiran lalu menyerah berhenti ditengah jalan.

Realitanya yang saya rasakan, meski saya sudah menunjukkan bukti-bukti menghasilkan uang dari blog, sebagian orang tidak tertarik, mungkin karena passion keminatannya lain, saya pun tidak memaksakan harus tertarik, niat saya cukup memberitahu karena peduli terhadap seseorang menyampaikan ayok menulis, karena kegiatan menulis ini positif, pengembangan diri banyak manfaat.

Kemungkinannya orang tertarik menghasilkan uang dari blog dengan menulis, pikirannya yang ada menghasilkan uang, tetapi ketika melakukannya, malas karena memusingkan, tidak suka menulis, sama seperti saya dulu, karena termotivasi mendapatkan penghasilan dari internet, akhirnya memaksakan belajar menulis seperti pada paragraf pertama diatas.

Kalau anda ingin belajar mulai menulis, kemudian tidak punya blog, blog ini menampung tulisan anda, silakan kirim tulisan dengan klik halaman hubungi kami diatas blog ini, kirimkan artikel anda, jika memenuhi syarat akan di publikasikan, syarat pertama adalah tulisan minimal 700 kata, original belum dipublikasikan dimanapun, diblog, media sosial dan lainnya.

Demikian, jika bermanfaat silakan share dengan mencantumkan link alamat url ini https://www.nulislagi.com/2019/04/4-alasan-menyarankan-aktif-menulis-di.html

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar