Skip to main content

follow us

Alasan Bisnis Anda Harus Memakai Software HR


Kinerja HR dalam perusahaan seringkali dikaitkan dengan administrasi pegawai, pengelolaan cuti, lembur, BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan, atau pengelolaan payroll karyawan per bulan. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya tugas tim HR lebih dari itu. 

Tugas inti HR adalah meningkatkan kesejahteraan dan retensi karyawan agar semakin terampil dan produktif. Sementara, tugas-tugas tim HR yang bersifat “pengulangan” seperti sistem penggajian atau pengajuan izin cuti dan klaim reimbursement dapat diambil alih oleh software HR. Bukan konsep yang baru, jika pada abad ke-21, Software HR bisa menyelesaikan tugas HR dengan baik. Dengan menerapkan Software HR terbaik di Indonesia, perusahaan akan mendapat berbagai keuntungan, antara lain: 

1. Produktivitas Tim HR
Perangkat lunak atau Software HR akan membantu menyederhanakan tugas-tugas tim HR setiap bulan. Perusahaan akan memperoleh keuntungan dengan memangkas biaya rekrutmen tim HR baru. 
Menurut para pakar HR profesional, setidaknya 1 orang HR profesional seharusnya mampu mengatasi 100 orang karyawan. Jadi, jika perusahaan Anda memiliki 200 orang pegawai/ karyawan didukung software HR, maka hanya butuh 1 orang pegawai tetap HR dan 1 orang pegawai HR paruh waktu/ freelance. 

2. Produktivitas Administrasi
Tim HR yang bisa bekerja lebih efektif, tentunya bisa lebih mudah fokus dalam tugas – tugas inti. Proses pekerjaan administrasi dan personalia bisa lebih cepat selesai dalam hanya sekali klik dan tidak butuh waktu lama. 
Bahkan, sistem payroll yang biasanya rumit dan berbelit sudah bisa dilakukan secara otomatis. 

3. Akurasi dan Keamanan Data
Berbeda dengan sistem HR yang berbasis kertas atau input manual, masih bisa terjadi kesalahan pengetikan karena kelalaian atau faktor manusiawi. Tetapi, dengan data yang dilakukan secara otomatis, akurasi dan keamanan data lebih terjamin dengan software HR berbasis cloud yang modern. 
Sistem administrasi yang dilakukan setiap bulan juga lebih efektif dan tepat waktu karena semua fitur dan variabel telah bekerja otomatis untuk mengurangi tingkat kesalahan. 

4. Fleksibilitas Akses Data
Karyawan milenial sangat identik dengan teknologi dan gadget. Akan terasa lebih mudah jika urusan pengelolaan data karyawan diserahkan kembali ke masing-masing individu karyawan. 


Sebagai contoh, karyawan yang ingin mengajukan cuti atau lembur, bisa mengisi formulir secara online melalui software HR yang sudah disediakan. Dengan begitu, tidak perlu repot datang ke ruangan tim HR untuk mengajukan formulir. Demikian halnya, masalah catatan kehadiran. Karyawan yang berada di luar kantor atau luar kota, bisa dengan mudah absen secara online melalui smartphone.

Patut diperhatikan bahwa tim HR tidak sekadar mengurus administrasi kepegawaian. Tugas dan tanggungjawab tim HR lebih dari itu. Tim HR harus menyusun strategi untuk mendapatkan talenta terbaik bagi perusahaan. Termasuk bagaimana cara mempertahankan loyalitas mereka. 

LinovHR sebagai Software HR terbaik di Indonesia, dapat membantu tim HR mengurus administrasi pegawai dengan cara yang lebih praktis dan otomatis. Sistem penggajian, cuti, lembur, iuran BPJS, pajak PPH 21 semua dapat dikelola dengan mudah dalam sekali klik. 

Perusahaan bisa meningkatkan produktivitas kerja tim HR sekaligus menambah kesejahteraan karyawannya. Jika Anda berminat menguji coba Software HRD Indonesia, LinovHR, 

Jangan ragu untuk contact tim sales kami sekarang juga.dan Trial LinovHR tidak dipungut biaya apapun alias gratis. 

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar