Skip to main content

follow us

Ngeblog Untuk Menghasilkan Uang Tak Sekedar bisa Menulis


Ada sebuah nasehat diantara sesama profesi yaitu blogger "yang penting tiap hari update konten blognya", ternyata dalam perkembangan ada perubahan, berlaku efektif pada zaman dahulu, belum tentu efektif di zaman sekarang ini, analisa saya zaman dulu penyaji informasi penulis blog belum sebanyak sekarang, jadi informasi yang diposting di blog berpeluang besar ditemukan lalu dibaca banyak orang, dalam perkembangannya tidaklah demikian semakin banyak penulis dalam pengamatan saya, google mempercanggih algoritma, dengan mesin robotnya berkemampuan memberikan hasil penelusuran yang selektif, berkualitas.

Sekilas saya cek, dengan kata kunci tertentu, hasilnya artikelnya yang nangkring dihalaman atas penelusuran google, artikel panjang dengan ribuan kata, informasi yang saya pernah dengar, konten yang diinginkan google, konten hasil ditulis oleh orang yang benar-benar menguasai materi itu. jadi selain original ada hal lain seperti penguasaan materi dalam menulis, ditambah lagi karena menguasai jumlah kata banyak, artikel menjadi panjang dalam satu halaman postingan blog. itu pendapat saya, benar tidaknya masih terus dalam pembelajaran saya.

Selama saya ngeblog berikut perkembangan yang terjadi dari awal sampai sekarang ini.

1. Blog copas
Saya rasakan tahun 2010 sampai 2013 ini ngeblog sepertinya bebas, asal copy paste blog masih bisa mendapatkan trafik, pernah mendengar orang berpenghasilan besar dari blog dengan cara membuat banyak blog, isi blognya kontennya copy paste, karena waktu dulu peluang menghasilkan dari blog belum seviral sekarang, orang itu pun seperti panen uang dari internet.

2. Blog Original Konten
Perkembangan  ini, banyak blog yang dihapus, karena copy paste dianggap google sebuah pelanggaran, dari aturan ini google menghapus banyak blog, bagi blogger yang menggunakan platform blogspot atau blogger, dengan isi konten terdeteksi copy paste, dari perkembangan ini viral salah satu blog dengan trafik tinggi dihapus.

Pada masa ini orang mulai membuat konten original, pada masa ini mendapatkan trafik juga tidak begitu sulit, asal rajin menulis konten original pertumbuhan blog bagus dimesin pencari. di masa ini karena blog gratisan viral banyak yang terhapus, blogger pun mulai serius dengan menyewa domain dan hosting sendiri, ngeblog menggunakan domain berbayar top level domain.

3. Blog dengan template responsive
Teknologi berubah dulu komputer dan laptop digunakan untuk mengakses informasi yang ada di internet, kini ada smartphone dengan sistem android, ikut serta merubah, blogger dituntut agar template blognya responsive jika diakses melalui handphone.

Blogger berorientasi uang, yang berusaha menghasilkan uang dari blog, mau tidak mau pun harus mengganti templatenya agar responsive, jika tidak mau tertinggal dan tersingkir menurun trafiknya khususnya trafik yang bersumber dari mesin pencari google, tampilan blog yang jika akses melalui dekstop sangat cantik pun harus rela dirubah agar tampilan jika diakses lewat hp rapih dan responsive.

Selain template responsive, persaingan kata kunci mulai menjadi fokus para blogger, berlomba-lomba mencari peluang kata kunci mana yang bisa dimenangi bersaing dengan blogger lainnya, selektif mencari kata kunci yang masih berpeluang dioptimalkan agar nangkring dihalaman pertama google dan mendatangkan trafik yang tinggi dari mesin pencari google

4. Blog ditekankan loading cepat
Dimasa sekarang ini blog-blog disarankan memiliki kecepatan loading, munculah template AMP, blog yang loadingnya lama pun menjadi tersingkirkan di persaingan mesin pencari google, membuat para blogger berpikir keras lalu mempertimbangkan menggunakan template AMP.

Dalam perkembangannya pencari informasi di internet, inginnya cepat, google pun mengikuti perkembangan itu dengan mengajak para blogger untuk memperhatikan kecepaatan blognya, dengan perubahan itu google penelusuran pun update algoritma dimana salah satunya penentuan ranking adalah kecepatan blog.

Blogger kali ini pun harus mengikuti trendnya, postingan blog yang sudah berjumlah ratusan pun, bersabar diedit satu persatu agar menyesuaikan template AMP atau pilihannya memulai ngeblog dari awal lagi.

Selain itu blogger pun harus berkenalan dengan google search console, untuk mengetahui kesehatan blog terkait dengan indek mesin pencari google, mau tidak mau harus belajar lagi tentang google search console.

Dari perjalanan ngeblog dari masa ke masa dapat saya menyimpulkan Ngeblog Untuk Menghasilkan Uang Tak Sekedar bisa Menulis, harus :
1. Mengikuti update algoritma mesin pencari
2. Lebih Baik lagi dalam berkarya membuat tulisan artikel lebih mengedepankan kualitas.
3. Struktur template Blog harus diperhatikan, seperti sekarang ini disarankan menggunakan template AMP karena lebih cepat jika dibandingkan dengan template non AMP.
4. Terus belajar setiap waktu update informasi.

Jadi ngeblog untuk menghasilkan uang sekarang ini tak sekedar bisa menulis, akan tetapi meski demikian karena  didasari kegiatan menulis ngeblog ini sesuatu hal yang sudah menyenangkan, menjadi kebiasaan atau hobi, blogging tetap berjalan dan menyenangkan. baca juga  : Mencoba Menikmati Ngeblog

Ternyata dibalik itu ada peluang lain, yaitu ada cara menghasilkan uang dari blog dari content placement dimana job tersebut fokusnya tidak trafik tapi backlink, jadi blog dengan trafik tidak tinggi pun bisa mendapatkan job ini, besarnya fee sekali mendapatkan job juga lumayan berkisar 50ribu sampai 500ribu, dari sini pun memperkuat mental blogger, bahwa rezeki ada dari mana saja, yang terpenting aktif dan terus berkarya melalui sebuah blog. baca juga menentukan tarif content placement di blog kita

Mungkin karena keterbatasan pengetahuan saya, ulasan diatas ada koreksi atau ada informasi pengetahuan yang salah memahaminya, yuk diskusi silakan tinggalkan komentar dibawah..sekian semoga ada poin-poin yang bermanfaat. terimakasih

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk DONASI Klik disini
Buka Komentar