Manfaat Probiotik untuk Mengatasi Diare

Berbicara mengenai diare, pasti Anda akan langsung  berpikir ada masalah pada pencernaan. Ketahuilah, ada berbagai hal yang menyebabkan diare terjadi. Menurut para pakar, diare merupakan salah  satu gejala dari infeksi saluran usus oleh organisme seperti virus, bakteri, maupun parasit. Ketika diare, maka dapat terlihat bahwa feses yang keluar dari tubuh dalam bentuk lembek, bahkan bisa juga cair.

Ada dua jenis diare berdasarkan lama waktu berlangsungnya diantaranya diare akut yang berlangsung selama beberapa hari sampai seminggu dan juga diare kronis yang dapat berlangsung selama berminggu-minggu. Dalam hal tertentu, diare dapat menyebabkan dampak buruk, maka perlu solusi yang tepat untuk mengatasinya. Salah satunya dengan mengonsumsi  probiotik untuk kesehatan saluran cerna.

Bagi Anda yang belum tahu manfaat probiotik bagi saluran cerna, sebaiknya simak ulasan berikut ini dengan teliti ya. Sesuai namanya, probiotik adalah jenis bakteri baik dan berguna untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Ingat, tidak semua bakteri itu jahat dan mengganggu sistem cerna. Nah, supaya kinerja usus dapat berlangsung dengan baik, maka komposisi dari bakteri baik maupun jahat harus terjaga atau seimbang. Salah satu dampak dari ketidakseimbangan tersebut seperti kenaikan berat badan, masalah pada kulit, diare, konstipasi, dan penyakit kronis lainnya.

Secara alami, probiotik sudah ada dalam saluran cerna. Namun, Anda juga dapat mengonsumsinya dalam bentuk makanan seperti yogurt, keju, dan produk lain yang berbahan dasar susu mengandung Lactobacillus maupun kimchi. Lebih modern, kini probiotik juga diolah dalam bentuk suplemen dengan manfaat yang tidak berbeda.

Jika probiotik berguna menjaga kesehatan cerna dan melawan bakteri jahat, maka berbeda dengan zinc. Ketahuilah, saat diare berlangsung, tubuh akan kehilangan lebih banyak kadar zinc sehingga komposisi berkurang. Beberapa manfaat zinc diantarany menghambat kinerja enzim INOS yang berakibat hipersekresi pada epitel usus dan juga menjaga epitelisasi dinding usus yang rusak selama diare. Untuk itu, penting bagi Anda untuk segera mengonsumsi suplemen zinc. Pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare membantu mengurangi risiko diare supaya tidak lebih parah.

Support Blog ini dengan berkunjung dan berbelanja online di situs www.lapakdigital.web.id klik disini Informasi Produk Digital, produk rumahan, peluang usaha online



Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Catatan Barang Lengkap Warung Sembako

7 Alasan Kenapa Lebih Memilih Eskul PMR (Palang Merah Remaja)

Contoh Peraturan Tata Tertib Karyawan

Alasan Masuk Ekstrakurikuler PMR (PALANG MERAH REMAJA)

Letak Lambang Palang Merah Remaja Pada Seragam Sekolah