Skip to main content

follow us

Apakah Donor Darah Harus Rutin ?

Apakah Donor Darah Harus Rutin ?

Terinspirasi menulis ini karena pernah mengalami secara pribadi kalau donor darah pada saat dibutuhkan saja, rasanya ada kepuasan batin, darah langsung tersalurkan oleh yang membutuhkan, ternyata tidak demikian setelah ketemu dengan staf PMI, saya diberi penjelasan sedemikian rupa, hingga saya akhirnya paham setelah melihat kejadian orang yang sedang butuh darah, dari peristiwa ini saya paham, bahwa darah dibutuhkan sewaktu-waktu dan segera, padahal untuk bisa ditransfusi ke pasien membutuhkan proses yang memakan waktu.

Penjelasan ini mengait dari pertanyaan diatas yaitu "apakah donor darah harus rutin ?" kita bisa perhatikan, kalau semua orang rutin mendonorkan darahnya 3 bulan sekali, maka ketersediaan stok aman, dan orang yang membutuhkan darah bisa segera terpenuhi dan pasien selamat, tanpa harus menunggu pendonor, darahnya diambil, di cek dulu oleh PMI kemudian baru diberikan oleh rumah sakit.

Sebaliknya jika budaya donor darah hanya pada saat dibutuhkan saja, bisa dibayangkan saudara kita yang membutuhkan, ketika membutuhkan harus mencari pendonor dulu, dari saudara teman, setelah dapat pendonor menunggu, anda bisa bayangkan perasaan beban pikirannya.

Jadi apakah donor darah harus rutin jawabannya, tiap orang punya pemahaman sendiri, ada yang mau donor karena hanya ingin menolong saudaranya waktu itu, setelah itu sudah tidak donor lagi. tidak ada masalah jika tidak rutin donor darah.

Kemudian  jawaban kedua, apakah donor darah harus rutin dijawabnya "iya" dengan penjelasan karena mendapatkan wawasan manfaat dari donor darah itu sendiri, jika rutin dilakukan memberikan pengaruh positif, batin yang senang karena bisa membantu orang, dengan donor darah secara tidak langsung sudah memeriksakan kesehatan rutin, karena diketahui sebelum diambil darahnya harus melalui pengecekan tekanan darah dan HB, jika keduanya normal baru bisa diambil darahnya. karena banyak manfaat yang dirasakan dari donor darah ini orang mau rutin donor darah, bahkan ada yang sampai 100 kali.

Menjadi sebuah kebanggaan rutin donor darah, karena mendapatkan penghargaan juga dari Pemerintah, yaitu donor darah 25 kali mendapatkan piagam penghargaan dari Bupati/Walikota, donor darah ke 50 kali dan 75 kali mendapatkan penghargaan dari Gubernur, kemudian 100 kali mendapatkan penghargaan dari Presiden RI.

Banyak manfaat secara medis dengan rutin donor darah, simak pada postingan Berapa Batas Usia Donor Darah Bolehkah Usia 17 Tahun

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar