Skip to main content

follow us

Cara Mengatasi Kunci Remote Kendaraan AEROX 155 VVA yang hilang

Pagi-pagi dapat informasi menarik yang menurut admin penting diketahui untuk menambah pengetahuan meski tidak memiliki motor AEROX 155 VVA siapa tahu bisa membantu teman yang memiliki motot tersebut, yaitu ketika kunci remote AEROX 155 VVA itu hilang ?

Motor keluaran terbaru, seringkali terdapat kendala seperti kunci hilang misalnya, bengkel pun tidak bisa mengatasinya, karena belum pernah menangani kasus ini, ditambah lagi kecanggihan teknologi diterapkan pada sepeda motor dalam perkembangannya semakin canggih.

Ini terjadi pada teman saya, kunci motornya hilang di Pekalongan, cara mengatasinya karena belum ada pengetahuan tentang itu dibawa kebengkel, ketika dibawa kebengkel sudah dibongkar-bongkar ternyata belum berhasil.

Langkah berikutnya karena sibengkel tidak bisa, teman saya pun mencoba membawa pulang dengan mobil Pick up, ternyata menolak semua, akhirnya mencari tahu di internet, kemudian tahu cara sistem kerja remote tersebut.

Pada motor Aerox 155 ini sudah diterapkan Teknologi Yamaha terbaru yakni Smart Key System (keyless). Dengan adanya Smart Key System, pengguna motor tidak harus memasukkan anak kunci untuk menghidupkan atau mengunci stang kendaraannya.

Dalam penggunaannya, pemilik kendaraan Aerox 155 yang sudah dilengkapi dengan Smart Key System akan mendapat kartu khusus yang isinya berupa nomor ID SKS.

Kode atau nomor tersebut ada pada setiap remote yang berada di dalam baterai saat membuka tutupnya. Untuk remote smart key sendiri, Yamaha hanya memberikan satu remote guna mengaktifkan fitur ini. kode tidak boleh diketahui atau diberikan ke orang lain karena bisa disalahgunakan.

Jadi Bagaimana Cara Mengatasi Kunci Remote AEROX 155 VVA yang hilang ?

Dengan Nomor ID SKS itulah kendaraan Aerox 155 bisa teratasi, solusi sementara caranya dengan melakukan langkah-langkah mode darurat sebagai berikut :

1. Posisikan knob ke posisi “OFF”

2. Tekan knob selama 5 detik hingga lampu indikator smart key di speedo meter berkedip satu kali, lalu lepaskan. Uangi langkah ini 3x ya, sampai lampu indikator smart key menyala selama 3 detik hal ini menandakan mode darurat siap dimulai

3. Setelah 3 detik lampu indikator smart key mati, dan saat itu waktunya kita memasukkan nomor ID

4. Untuk memasukkan ID kita tekan tahan knob sampai lampu indikator smart key berkedip sesuai dengan angka ID setelah itu dilepas. Langkan menekan tahan knob ini dilakukan sampai ID terakhir habis

5. Ketika ID terakhir sudah dimasukkan, setelah itu tekan knob satu kali dan lampu indikator smart key akan menyala kurang lebih 4 detik, hal tersebut menandakan kita berhasil memasukkan ID dan setelah itu putar knob ke posisi ON dan nyalaka motor, apabila tidak berhasil lampu indikator smart key akan blinking dan kita harus mengulangi lagi langkah-langkah dari nomor 1.

Jika masih belum jelas, butuh video tutorial anda bisa simak pada tutorial dalam bentuk video, berikut secara lengkap ada artikel yang mengulas pembahasan ini, bentuk teks dan video simak selengkapnya disini ( klik link disini tunggu beberapa saat iklan sampai muncul skipp dipojok kanan atas, klik skip dan akan mengarah ke artikel yang menjelaskan pembahasan tersebut)

Itulah cara sementara yang bisa dilakukan ketika kunci hilang.

Lalu saya tanya kepada teman, lalu kunci remotenya bagaimana ? asal tahu nomor pin nomor ID SKS kendaraan masih bisa digunakan, pin tersebut hanya diketahui teman saya dan anaknya.

Untuk solusi lainnya, jika kunci remote hilang dan sudah teratasi mode darurat diatas, kunci remote tersebut bisa didapatkan kembali dengan membeli di dealernya, teman saya menyebutkan harganya Rp.500.000 (lima ratus ribu rupiah)

Sepertinya cukup menarik perkembangan Teknologi yang ada pada kendaraan AEROX 155 VVA, sebagai informasi tambahan yuk simak spesifikasi detail dari kendaraan ini dikutip dari sumbernya:

Mesin
- Tipe mesin Liquid cooled 4-stroke, SOHC
- Susunan silinder Single cylinder
- Diameter X Langkah 58 x 58,7 mm
- Perbandingan kompresi 10,5 ± 0,4 : 1
- Volume silinder 155.1 cc
- Daya maksimum 11.0 kW / 8000 rpm
- Torsi maksimum : 13.8 Nm / 6250 rpm
- Sistem starter Electric starter
- Sistem pelumasan Wet sump
- Kapasitas oli mesin Total = 1,00 L ; Berkala = 0,90 L
- Tipe kopling Dry, Centrifugal Automatic Tipe
- transmisi V-belt automatic
- Sistem bahan bakar Fuel Injection

Dimensi
- P X L X T 1990mm X 700mm X 1125mm
- Jarak sumbu roda 1350mm
- Jarak terendah ke tanah 142mm
- Tinggi tempat duduk 790mm
- Kapasitas tangki bensin 4,6 L
- Berat isi 116 kg

Rangka
- Tipe rangka Underbone
- Suspensi depan Teleskopik
- Suspensi belakang Unit Swing
- Tipe ban Tubeless
- Ban depan 110/80-14M/C 53P
- Ban belakang 140/70-14M/C 62P
- Rem depan Disc brake
- Rem belakang Drum brake

Kelistrikan
- Sistem pengapian TCI
- Tipe battery YTZ7V
- Tipe busi NGK/CPR8EA9

Harga
OTR Jakarta
Rp. 23.920.000,-

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk DONASI Klik disini
Buka Komentar