Skip to main content

follow us

Evaluasi Kenapa Jualan Online Sepi bagi Pemula

Sesekali merenungi untuk mengevaluasi jualan online, apakah langkah atau usaha yang dilakukan sudah benar, kalau sudah benar, apakah efektif hasilnya, jika sudah efektif berarti tinggal konsisten dan jika belum sepertinya perlu berpikir cara lain menemukan agar jualan onlineya ada pembeli, itulah sekilas evaluasi jualan online yang sedang sepi.

Berikut ini coba berbagi pengalaman berjualan online dengan produk yang berbeda-beda, yang ini dapat pembeli yang ini sulit, setelah saya evaluasi berikut yang menjadi catatan jualan online yang saya pernah jalanakan :

1. Jika jualan online sepi dari pengalaman saya adalah karena produk yang sudah pasaran dijual secara online, contohnya busana wanita, gamis, busana muslim, celana legging. sebenarnya produk tersebut sangat potensial menghasilkan penjualan yang besar, akan tetapi karena persaingannya begitu ketat, kita ketahui jualan online di internet itu mudah, tanpa stok produk orang bisa jualan online.

Yang minat banyak yang jual juga banyak, kalau dari sudut pandang saya permasalahannya adalah ada pada skill pemasaran dan modal, bagi yang punya modal besar, bisa menggunakan layanan berbayar menargetkan pembeli melalui fb ads atau iklan google, bagi yang sayang dengan uangnya untuk iklan memilih cara-cara gratisan, bisa anda bayangkan.

Cara gratis bisa berhasil seperti mengandalkan mesin pencari google, yaitu bagaimana agar halaman website toko online anda berada dihalaman pertama google, dalam kenyataannya para pebisnis melakukan hal yang sama sehingga bagi pemula untuk mencapai puncak halaman pertama pun, kesulitan.

Tantangan yang harus dihadapi pemula berikutnya adalah muncul situs market place, dimana situs-stus ini menganggarkan iklan yang luar biasa, ketika mengetikan kata kunci baju di mesin pencari google yang muncul teratas adalah situs-situs marketplace seperti bukalapak dan sejenisnya.

Akan tetapi tetap semangat tidak boleh pesimis, yang dibutuhkan hanya konsisten dan ketekunan terus berusaha, terus belajar memperbaiki cara, nyatanya saya sendiri tetap bisa closing, karena kembali kita pada keyakinan kepada Allah SWT yang memberi rezeki kita, kita hanya diwajibkan berusaha, jadi jangan menyerah terus berusaha.

2. Jika jualan online masih sepi, padahal produk sudah potensial jarang penjual onlinenya tidak seramai busana wanita, bisa dimungkinkan cara promosi diinternet yang belum efektif atau kurang kreatif, kita bisa perhatikan para pengiklan ini kreatif seperti dalam membuat baner iklan bagus dan menarik, kemudian untuk menjangkau banyak orang pengguna internet memasang iklan tertarget berbayar baik di facebook maupun di google.

Kemudian kurang konsisten dalam promosi, hari ini promosi sebar link jualan semangat banyak kemana-kemana, esok harinya tidak melakukan promosi, karena kemungkinan calon pembeli hari ini tidak butuh produk anda, tapi lain waktu membutuhkan produk anda tetapi tidak lihat promosi produk anda, akhirnya membeli ditempat lain.

Jualan online ini makin dilirik banyak orang, pemilik modal besar bisa saja menguasai pangsa pasar, maka dari itu menjadi tantangan bagi pemasar online untuk lebih cerdas lagi dalam mempromosikan, kreatif dan inovatif, berpengalaman menjadi modal yang sangat penting untuk menjalani persaingan beriwirausaha online.

Demikian semoga membantu, bagi anda yang sedang ikhtiar berwirausaha online, tetap pada keyakinan siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil. salam sukses

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk DONASI Klik disini
Buka Komentar