Skip to main content

follow us

Cara Menjadi Relawan PMI

Berteman dengan komandan KSR (Korp sukarelawan) PMI, sedikit punya pengetahuan tentang relawan, yaitu tentang pertanyaan bagaimana cara menjadi relawan PMI.

Sebelum mengulasnya cara menjadi relawan PMI, ada pemahaman yang kurang pas sehingga sering orang bertanya berapa gaji relawan PMI, apakah relawan PMI digaji, bahkan motivasi menjadi relawan PMI ini karena ada yang diharapkan yaitu imbalan gaji.

Padahal kita bisa menafsirkan sendiri dengan logika kita, tentang kata relawan, rela yang berarti atas kemauan sendiri, insiatif sendiri yang tumbuh karena kesadarannya, jadi relawan itu memberi bukan menerima.

Kalau dikaitkan dengan relawan PMI, dimana PMI ini bertugas membantu Pemerintah dalam kegiatan sosial kemanusiaan seperti penanggulangan bencana alam, ketika ada bencana relawan PMI turun kelokasi dari mengirimkan distribusi bantuan, pelayanan dapur umum dan kegiatan lainnya, kemudian tugas sosial lainnya misalnya kegiatan pertolongan pertama even kegiatan, dimana petugas yang terlibat dalam kegiatan tersebut adalah relawan PMI.

Tugas lainnya seperti bakti lebaran relawan PMI berjaga dipos-pos siaga pelayanan pertolongan pertama dan ambulans kepada pemudik, dan tugas lainnya tidak hanya pada saat bencana, ada pelatihan, pembinaan PMR dan lainnya.

Jadi relawan PMI bisa dikatakan donatur dalam bentuk tenaga ketrampilan yang dimiliki, misalnya saja seorang dokter, karena tersentuh hatinya lalu ingin terjun ke lokasi bencana membantu sesama, lalu bisa masuk kelokasi bencana dengan menjadi relawan PMI.

Kemudian seorang perawat, bidan ingin ikut serta dalam kegiatan sosial kemanusiaan, bergabung menjadi relawan PMI bertugas menjadi Tim Pertolongan Pertama.

Jika sudah memiliki kompetensi atau ketrampilan, untuk menjadi relawan PMI hanya melalui orientasi kepalangmerahan, namun jika tidak memiliki ketrampilan, calon relawan akan diberikan pelatihan, relawan ini disebut Korp sukarela.

Jadi pertanyaan tentang apakah relawan digaji, berapa besarnya ? karena relawan yang berarti tidak ada ikatan dan tidak mendapatkan honor bulanan, namun demikian dalam setiap penugasan, biaya operasional yang dikeluarkan menjadi tanggungan PMI, seperti asuransi, akomodasi, transport besarnya sesuai kebijakan pengurus PMI disetiap tingkatan.

Cara menjadi relawan PMI

Berikut beberapa dapat saya merangkumnya

1. Konsultasikan terlebih dahulu kepada komandan KSR relawan yang ada di PMI setiap tingkatan, karena nantinya ketika diterima akan sering banyak berkumpul dengan relawan yang diketuai oleh komandan KSR, jadi menurut saya alangkah baiknya ada komunikasi pengantar dulu dengan komandan KSR anda bisa mendatangi sekretariat relawan di Posko KSR yang beralamat di Markas PMI Kabupaten / Kota.

2. Bertemu staf Bagian SDM dan relawan, kemukakan ingin bergabung menjadi anggota relawan PMI. setelah sebelumnya sudah kenal dengan komandan KSR kalau bisa minta diantar atau dari komandan KSR ada komunikasi dengan staf SDM sehingga pada saat bertemu, tidak canggung.

3. Mengisi form Registrasi relawan. berisi identitas calon relawan dan ketrampilan yang dimiliki.

4. Karena rekruitmen relawan tidak setiap waktu setiap tahun tapi sesuai kebutuhan, sementara pendaftaran diterima dan Pada saat PMI akan mengagendakan Program Rekruitmen KSR dan TSR akan dipanggil berdasarkan data yang sebelumnya sudah mengisi form registrasi relawan.

5. Pelaksanaan Program, pada saat dibuka rekruitmen Calon relawan, lolos seleksi selanjutnya akan diberikan pelatihan dasar KSR dan orientasi kepalangmerahan

6. Mengikuti pengembangan kapasitas relawan, dan penugasan. setelah bergabung menjadi anggota relawan, ketika tidak ada penugasan, diisi dengan kegiatan pengembangan kapasitas, mengikuti kegiatan-kegiatan pendalaman materi dan pelatihan.

Dengan ketrampilan dan pendidikan yang pernah diikuti nantinya menjadi bahan pertimbangan Markas PMI dalam penugasan.

Itu yang dapat saya rangkum pengetahuan tentang bagaimana menjadi relawan.

Hal yang mendasar yang perlu diketahui sebagai informasi tambahan bagi calon anggota relawan adalah Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional sebagai berikut :

PRINSIP - PRINSIP  DASAR GERAKAN PALANG MERAH DAN BULAN SABIT MERAH INTERNATIONAL


1. KEMANUSIAAN
Gerakan  Palang  Merah  dan  Bulan  Sabit  Merah  Internasional  didirikan  berdasarkan  keinginan  memberikan  pertolongan  tanpa  membedakan  korban  yang  terluka  di dalam  pertempuran,  berupaya  dalam  kemampuan  bangsa  dan  antar  bangsa,  mencegah  dan  mengatasi  penderitaan  sesama  manusia.  Palang  Merah  menumbuhkan  saling  pengertian,  persahabatan,  kerjasama,  dan  perdamaian abadi  bagi  sesama  manusia.

2. KESAMAAN
Gerakan  ini  tidak  membuat  perbedaan  atas  dasar  kebangsaan,  kesukuan,  agama  /  kepercayaan,  tingkatan,  atau  pandangan  politik.  Tujuannya  semata-mata  hanyalah  mengurangi  penderitaan  manusia  sesuai  dengan  kebutuhannya  dan  mendahulukan  keadaan  yang  paling  parah.

3. KENETRALAN
Agar  senantiasa  mendapatkan  kepercayaan  dari  semua  pihak,  Gerakan  ini  tidak  memihak  atau  melibatkan  diri  dalam  pertentangan  politik,  kesukuan,  agama,  atau  ideologi.

4. KEMANDIRIAN
Gerakan  ini  bersifat  mandiri.  Perhimpunan  nasional  disamping  membantu  Pemerintahnya  dalam  bidang  kemanusiaan  juga  harus  mentaati  peraturan  negaranya,  harus  selalu  menjaga  otonominya  sehingga  dapat  sejalan  dengan  prinsip-prinsip  gerakan  ini.

5. KESUKARELAAN
Gerakan  ini  adalah  gerakan  pemberi  bantuan  sukarela,  yang  tidak  didasari  oleh  keinginan  untuk  mencari  keuntungan  apapun.

6. KESATUAN
Di dalam  suatu  negara  hanya  ada  satu  Gerakan  Palang  Merah  atau  Bulan  Sabit  Merah  Internatsional  yang  terbuka  untuk  semua  orang  dan  melaksanakan  tugas  kemanusiaan  di  seluruh  wilayah.

7. KESEMESTAAN
Gerakan  Palang  Merah  dan  Bulan  Sabit  Merah  Internasional  adalan  bersifat  semesta.  Setiap  perhimpunan  mempunyai  hak  dan  tanggung  jawab  yang  sama  di  dalam  menolong  sesama  manusia.

Bagi anda yang berada di Pemalang, anda bisa mendatangi Markas PMI Kabupaten Pemalang dengan alamat di Jl. Gatot Subroto No 78 Bojongbata Pemalang (Depan RSUD M Ashari Pemalang) anda bisa ke sekretariat Posko Relawan dulu untuk berkomunikasi, atau anda bisa menghubungi via handphone sekretariat posko relawan pada nomor hp whatsapp 082314474474


You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk DONASI Klik disini
Buka Komentar