Skip to main content

follow us

Wisata Benowo Park Penggarit Pemalang

Wisata Benowo Park salah satu tempat wisata yang berlokasi di desa penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah, asal-usul wisata benowo park ini kalau dari pendapat saya sepertinya karena kawasan yang terletak di area makam pahlawan tersebut, sudah punya potensi wisata yang menarik perhatian, beberapa diantaranya yaitu ada monyet liar dari hutan, yang tidak takut dengan manusia, sebelum diresmikan menjadi wisata, seringkali pengunjung datang orang tua bersama anaknya untuk sekedar hiburan momong anak dengan memberi makan moyent-monyet itu.

Kemudian suasana yang nyaman, adem, semilir angin, pepohonan yang rindang, di area ini juga ada kolam ikan yang cukup besar, banyak ikannya, tempat ini pun menjadi hiburan, anak senang dengan memberi makan dengan ratusan ikan yang siap menyantapnya, penjual pakan ikan sudah ada yang menjualnya disekitar lokasi.

Kemudian area ini terdapat makam Pangeran Benowo, sebelum dibuka wisata benowo park ini, sudah banyak pengunjung dari berbagai kota untuk ziarah.

Memperhatikan potensi yang ada tersebut, area ini dijadikan Wisata Religi dan Budaya yang dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Penggarit sejak 2017

Berapa tiket masuk Benowo Park ?
Pertama kali masuk ke wisata benowo park saya mengeluarkan 2 ribu rupiah, tiket masuk terbaru benowo park pada bulan ramadhan 2019 tiket masuk menjadi 3 ribu rupiah, 3 ribu tersebut untuk parkir, tiket masuk diminta sebelum memasuki area parkir.

Ada apa di wisata benowo park ?
1. Seperti yang disebutkan diatas benowo park merupakan wisata religi, anda bisa ziarah Pangeran Benowo, Patih Sampun dan Mbah Jamur Apu, seperti yang sudah dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sudah mengunjungi tempat ini dan tidak melewatinya untuk berziarah, sebelum menimkati wisata yang lainnya.

2. Memberi makan monyet liar, perlu diketahui untuk monyet hutan ini terkadang tidak turun menyapa pengunjung, jadi sewaktu-waktu ada kalau monyet lapar, baru menyapa wisatawan minta kacang, pisang dan makanan lainnya, dari beberapa kali kelokasi seringnya monyet turun jam 15.00 wib jumlah nya cukup banyak ada puluhan dari bayi monyet sampai monyet besar berkumpul, berharap pengunjung memberikan makanan, diarea tersebut juga sudah tersedia kacang yang dijual memang untuk memberi makan monyet-monyet itu.

3. Memberi makan ikan di kolam, terdapat ratusan ikan, kalau ada yang memberi makan, ikan bermunculan berebutan menyantap makanan dengan cepat.

4. Benowo park ini terus melakukan kreasi dan pengambangan salah satu Wahana olahraga menembak dan memanah.

5. Aneka kuliner tradisional, ditempat ini terdapat berjejer-jejer warung menyediakan makanan dengan harga yang standar meskipun diarea wisata.

6. Untuk menunjang wisata yang ada di Desa Penggarit, Pemerintah desa juga aktif menggelar festival. Salah satunya yaitu festival mangga Pemalang. Festival itu digelar karena Penggarit punya lahan mangga yang luas dan sekitar ribuan pohon mangga, Festival ini pun sukses setiap tahunnya ramai pengunjung.

Festival lainnya di Benowo park adalah pasar tradisional Kamis Wage, yang ada sebulan sekali dan hanya hari pasaran Jawa Kamis Wage, uniknya dari pasar tradisonal sama seperti pasar tradisional lainnya, yang mana uang rupiah tidak berlaku disini. bagi yang mau membeli harus menukar uang rupiah ke uang klithik. Uang klithik adalah koin kayu yang digunakan untuk transaksi jual beli, di pasar kamis wage.

7. Bumdes terus melakukan pengembangan, kemarin yang saya lihat sedang dibuat taman bunga, dan pengembangan lainnya

Lokasi Benowo Park Pemalang
Taman Makam Pangeran Benowo Desa Penggarit, Kec. Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah

Akses bisa melalui utara yaitu dari pasar Beji Pemalang jl lingkar selatan lurus melwati desa banjadawa, desa jebed selatan, desa sungapan dan sampai ke Desa penggarit.

Kalau dari Selatan anda, bisa masuk melalu desa pegongsoran, desa sungapan dan masuk ke desa Penggarit

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar