Skip to main content

follow us

Lika-liku Menjalankan Toko Online

Semakin banyak kendala yang dirasakan semakin banyak pengalaman yang didapatkan, semakin luas pengetahuan yang diketahui kali ini dalam menjalankan toko online.

Ada saja yang mungkin terjadi ini menurut saya kendala dalam menjalankan toko online, saya rangkum sebagai berikut :

1. Cara Promosi di internet
Toko online pastinya menargetkan netizen pembeli didunia maya, kalau cara promosinya monoton tidak mau terus belajar bagaimana cara promosi di internet, apalagi kemudahan internet ini membuat persaingan semakin ketat, yang terjadi para pemula bosan tidak mendapatkan pembeli dan berhenti menjalankan toko online.

Kalau pengetahuan kita cukup, sebenarnya mudah ada layanan iklan berbayar seperti FB ads,  Iklan  Google yang cukup profesional dan fiturnya yang menarik, seperti menargetkan wilayah, jenis kelamin, keminatan, tetapi tetap saja kita harus punya strategi dan materi iklan yang menarik.

Dengan cara gratisan pun bisa dilakukan seperti misalnya bagaimana postingan halaman jualan kita kita mendapatkan posisi dihalaman pertama google. bagi pemula perlu belajar keras karena semakin banyak pebisnis online yang melakukan cara ini, sehingga persaingan yang ketat.

Kemudian cara lainnya ada media sosial, yang sekarang ini banyak yang memanfaatkan untuk mendisplay produk yang dijual online di akun pribadinya.

Namun demikian janganlah begitu mempermasalahkan kesulitan dalam promosi di internet, yang terpenting adalah terus belajar, mencoba, kreatif dan jangan menyerah, sebagaimana kita sering dengar manusia hanya bisa berusaha, urusan hasil tidak kita ketahui.

2. Ketersediaan Produk
Setelah tahu sedikit banyak cara promosi diinternet, kemudian mendapat pembeli, kendala lagi muncul yaitu ketersediaan stok, meski produk buatan sendiri, ada saja permasalahannya, misal saja ada orang mau beli dan mau menunggu atau pree order, ternyata produsen ada kendala sehingga produk terlambat jadinya, pembeli pun marah-marah, karena barang yang sudah dipesannya terlambat dikirim.

3. Waktu Pelayanan Penjualan Online
Ini juga seringkali menjadi kendala, karena urusan manusia yang juga punya keluarga, ketika memegang hanpdhone terus untuk melayani pembeli, secara tidak langsung perhatian kepada anak menjadi berkurang, dianggapnya orang tuanya pekerjaannya bermain handphone, tidak memperhatikan putar-putrinya. Kemudian mau mendelegasikan penjualan toko onlinenya belum mencukupi untuk menggaji karyawan.

Jadi menjalankan toko online ini terus belajar, dan selalu berdoa kepada Allah SWT semoga dilancarkan dimudahkan dalam mengelola toko online, karena kita hanya tahunya berusaha, tidak tahu hasil apa yang akan terjadi, dari ketiga kendala diatas perhatian saya adalah perlunya pengetahuan skill manajemen mengelola toko online yang baik, dengan begitu kendala-kendala yang ada bisa di meminimalisir, jika ada kendala bisa dihadapi dengan baik penyelesaiannya.

Ulasan ini sebagai catatan selama saya menjalankan toko online tas, toko online perlengkapan pmr dengan alamat situs di www.perlengkapan-pmr.com dan toko online grosir celana legging dengan alamat website www.celanalegging.online

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk DONASI Klik disini
Buka Komentar