Skip to main content

follow us

Usaha Rumahan Jual Ikan Lele Cara Praktis

Pengetahuan baru yang akan admin bagikan kali ini adalah seputar usaha lele, sebelumnya hanya tahu usaha lele dengan membesarkan, kemudian memijahkan jual bibit lelenya, usaha seperti itu membutuhkan lahan dan modal yang tidak sedikit dan seringkali orang mengurungkan niatnya untuk usaha ikan lele ini.

Beberapa waktu yang lalu, melintas perjalanan ke pasar, melihat papan bertuliskan jual ikan lele segar, saat itu kepasar siangan dengan tujuan membeli ikan lele, ternyata sesampainya dipasar sudah habis, akhirnya putar balik membeli dirumah yang ada papan jual ikan lele.

Sesampainya dirumah penjual ikan lele tersebut, admin amati, ternyata caranya praktis juga dan tidak perlu menunggu panen, cara yang dilakukan adalah menyediakan kolam secukupnya, kolam tersebut berisi ikan lele bukan ternak sendiri, tapi berasal dari pengepul lele, dimana harganya tentunya lebih murah bisa dijual lagi.

Modal usaha rumahan Jual Ikan lele

Memperhatikan usaha rumahan jual lele bagus juga, modal yang diperlukan sebagai berikut :

1. Kolam Lele

2. Cari Pengepul atau supplier ikan lele, dengan begitu setiap hari selalu ada tinggal ngambil ikan lele dipengepul, lebih mudah lagi, kalau pengepul mau drop kerumah, sehingga tinggal jual saja.
Pengepul ini sudah punya jaringan dengan para petani lele, saya pernah membeli lele juga di petani atau peternak lele, keterangan dari pemiliknya kalau jualnya itu tidak ecer tapi diborong pengepul setiap panennya, dipengepul karena sudah dikenal, mudah pemasarannya didatangi orang diambil, tinggal bagi, bahkan dipengepul ini sudah besar ternaknya, bahkan setiap hari katanya bisa panen. bisa dibayangkan berapa banyak kolamnya.

3. Timbangan
Sasaran pembelinya adalah rumah tangga, jadi siapkan timbangan.

4. Bisa membersihkan kotoran lele.
Jadi prosesnya begitu ada pembeli, mengambil ikan dari kolam, ditimbang, lalu dibersihkan kotorannya dan diserahkan ke Pembeli.

Potensi usaha jualan lele

Menurut saya cukup bagus, karena lele ini merupakan salah satu lauk pauk sehari-hari, bosan dengan ayam, tempe, tahu alternatifnya ikan lele, karena paling mudah didapatkan dari jenis ikan yang ada, ikan lele, dan untuk cakupan desa saja bisa dihitung kebutuhan lelenya.

Jika usaha rumahannya yaitu jual ikan lele ini sudah ada pelanggannya, menjadi usaha tetap, tidak perlu inovasi baru seperti mie instan, setiap waktunya ada rasa baru, untuk usaha jual ikan lele dirumahan, tetap tinggal menjalankan saja, sedia kolam dan lele selalu ada setiap harinya.

Dari tempat lele yang saya datangi ini, juga seringkali kehabisan, cara menunjukkan kalau ada timbangan didepan rumahnya berarti jualan, kalau tidak ada timbangan didepan rumah berarti sedang kosong ikannya, tidak jualan.

Demikian sekilas usaha rumahan jualan ikan lele, simak juga referensi lainnya usaha dari rumah lainnya, usaha rumahan toko online celana legging anak

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk DONASI Klik disini
Buka Komentar