Skip to main content

follow us

Membuat Finger Painting Sendiri Dirumah

Bermain bersama-sama dengan anak memang sangat menyenangkan. Finger painting menjadi salah satu permainan yang harus dilakukan. Permainan ini memiliki banyak sekali manfaatnya. Termasuk, untuk perkembangan dari tubuh anak menjadi lebih terlihat. Ternyata, untuk membuat permainan ini sendiri dirumah tidaklah susah.

Mungkin, banyak orang tua yang hanya tahu bahwa permainan ini harus membeli. Padahal, anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah. Hanya dengan beberapa bahan khusus, bisa membuat permainan ini dirumah. Setelah itu, bisa digunakan untuk bermain bersama anak-anak. ingin tahu bagaimana cara membuat finger painting sendiri dirumah? Ketahui lebih lengkapnya pada artikel ini.

Cara Membuat Finger Painting Sendiri Dirumah

Membuat permainan ini bisa dilakukan dengan mudah dirumah. Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan:

Menggunakan Tepung

Tahukah anda, bahwa tepung bisa dimanfaatkan untuk pembuatan finger painting? Bahan alami memang sangat baik untuk permainan ini. Karena, saat digunakan nantinya tidak berbahaya. Berbeda dengan bahan lainnya yang tentunya akan sangat berbahaya. Karena itu, ada baiknya penggunaanya menggunakan tepung.

Caranya, siapkan tepung maizena secukupnya, air dingin, pewarna makanan, glitter, essence. Untuk pembuatannya juga sangatlah mudah. Yaitu, campurkan semua bahan tersebut secukupnya. Masukan pewarnanya pada cup khusus. Kemudian, buat warna yang lainnya. Jika sudah, diamkan beberapa saat dan siap untuk digunakan.

Menggunakan Tepung Jagung

Cara lainnya yang bisa digunakan yaitu menggunakan tepung jagung. Tepung ini sangat cocok untuk digunakan dalam pembuatan finger painting. Karena, aman dan nyaman saat digunakan. Serta, bisa dibersihkan saat nantinya menempel pada kulit anak. Untuk itu, penggunaanya juga sangat aman serta tidak merusak tubuh.

Untuk pembuatannya begitu mudah dibuat sendiri dirumah. Yaitu, siapkan tepung jagung 200 gram saja. Setelah itu, tambahkan air secukupnya dan aduk sampai dengan merata. Jika sudah, masukan pewarna makanan sesuai pada keperluannya. Cara ini sangat bisa dilakukan oleh anda yang memang ingin bermain finger painting dengan aman bersama anak-anak.

Menggunakan Pewarna Tidak Permanen

Cara yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu dengan menggunakan pewarna tidak permanen. Pewarna yang tidak permanen akan lebih mudah untuk dibersihkan. Terutama, pada bagian tubuh kulit dari anak. Karena, anak memang sangat susah untuk lebih rapi dalam bermain. Sebenarnya, hal ini sangatlah wajar.

Bagaimana untuk membuatnya? Siapkan terlebih dahulu pewarna yang tidak permanen. Kemudian, anda bisa mencampurkannya dengan air. Taruh setiap warna pada satu cup. Jika sudah, maka dapat dimainkan bersama-sama pada media untuk menggambarnya.

Menggunakan Crayon

Crayon yang sudah tidak terpakai bisa dimanfaatkan untuk bermain finger painting. Jadi, pertama siapkan terlebih dahulu crayon yang tidak terpakai. Kemudian, crayon ini bisa dipanaskan agar menjadi cair. Jika sudah, anda tambahkan sedikit air saja. Karena, jika terlalu banyak akan membuat warna dari crayon tersebut menjadi pudar.

Agar hasilnya lebih baik, disarankan menggunakan air yang dingin. Aduk sampai merata dan semua warna tersebut bercampur. Pastikan, untuk menggunakan cup saja agar lebih mudah dalam mencampurnya. Terakhir, sudah siap untuk digunakan!

Ternyata, sangat mudah ya untuk membuat finger painting sendiri dirumah? Dengan menggunakan bahan dan alat sederhana, bisa membuat permainan menyenangkan. Bagaimana dengan anda? Apakah tertarik untuk membuat permainan ini? Jangan lupa untuk menggunakan cara diatas dalam membuatnya. Semoga bermanfaat!

You Might Also Like:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk DONASI Klik disini
Buka Komentar