Skip to main content

follow us

Waspada Terhadap Luka Bakar

Luka bakar adalah cedera kulit yang disebabkan oleh paparan suhu atau benda panas, radiasi, radioaktif, listrik, atau bahan kimia. Tingkat keparahan kebanyakan luka bakar ditentukan berdasarkan ukuran dan kedalaman luka bakar. Namun demikian, luka bakar akibat sengatan listrik lebih sulit didiagnosis karena dapat menyebabkan cedera yang signifikan di bawah kulit tanpa menunjukkan tanda-tanda kerusakan apapun di permukaan. Penderita luka bakar rentan mengalami infeksi, karena kulit merupakan lapisan pertahanan awal tubuh untuk melawan infeksi. Oleh karena itu, diperlukan penanganan secepatnya.

Upaya penanganan luka bakar berbeda-beda, tergantung lokasi dan tingkat keparahan luka. Luka bakar yang ringan bisa ditangani secara mandiri di rumah. Namun, pada luka bakar yangd dalam atau luas, diperlukan penanganan khusus. Pertolongan pertama untuk mengatasi luka bakar adalah memadamkan api ataupun mengangkat benda yang masih membara dari penderita, yang dilanjutkan dengan pelepasan baju atau kain yang menempel pada kulit yang terbakar. Setelah itu Anda dapat mendinginkan luka bakar dengan air mengalir dan mengonsumsi parasetamol untuk meredakan sakit. Namun, jika luka bakar sudah parah, penderita disarankan untuk mendapatkan pengobatan lanjutan di rumah sakit.

Penggunaan salep pada luka bakar juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi luka bakar di kulit. Namun, jangan gunakan salep sembarangan. Pastikan jenis salep luka bakar yang digunakan sesuai dengan tingkat keparahan luka, agar hasil pengobatannya maksimal. Beberapa salep yang disarankan untuk mengatasi luka bakar pada kulit yaitu salep bacitracin. Salep ini dapat digunakan untuk mengatasi luka bakar yang ringan. Salep luka bakar ini mengandung antibiotic yang berguna untuk menghentikan, mencegah, dan mengobati infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Meski salep ini dijual bebas di pasaran, usahakan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya. Obat luka bakar lain yang dapat mengatasi luka bakar yaitu salep mafenide acetate. Salep ini dapat membunuh bakteri dan mengurangi risiko bakteri menyebar di kulit atau bisa sampai ke aliran darah. Sebagai tambahan informasi, Anda juga dapat mebaca referensi artikel : https://www.guesehat.com/penuhi-7-zat-gizi-ini-saat-hamil-jika-ingin-anak-cerdas/

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar