Skip to main content

follow us

Setting dari HTTP ke HTTPS Pada domain Custom

"Mas bisa bantu website jaya trans saya tidak ada di google" dulu yang membuat websitenya saya email dan paswordnya lupa, sepertinya tersimpan di komputer, komputernya rusak, dibawahlah ke tukang service, saya cek hardisknya tidak ada.

"pak saya lupa email dan paswordnya buat login, di hardisk komputerku tidak ada" ternyata pemilik masih ingat, melalui putranya masih tahu email dan paswordnya.

Setelah dapat saya pun agak lega, bisa membantu memulihkan website usaha jasanya yaitu sewa mobil mewah disemarang.

Setelah bisa login ternyata domainnya sudah kelewatan tidak diperpanjang, saya pun menghubungi cs penyedia domain, apa yang terjadi, teryata bisa tetapi harus membayar 10 kali lipat, bagi sewa mobil mewah sepertinya tidak masalah, saya memperkuat juga untuk menjadi pertimbangan "domain sudah berusia, daripada branding dari awal lagi" perpanjangan domain pun selesai saya transfer dan domain bisa diakses lagi.

Ada kendala, hal baru yang baru saya ketahui yaitu soal keamanan htpps kok tidak bisa, coba setting berkali-kali ternyata tetap bisa, meski sudah bisa diakses websitenya bagi saya rasanya kurang mantap kalau belum bisa https, karena katanya juga tidak terindek google karena dianggapnya website setting http tidak aman diakses.

Baca juga : Domain lupa tidak diperpanjang dan keribetannya

Saya coba lagi, coba dikomputer lain tetap bisa, googling tidak menemukan tutorial, akhirnya bisa juga caranya seperti setting domain baru, yaitu :

1. Dari domain custom Kembalikan ke blogspot, dengan begitu otomatis akan tersetting https
2. Kemudian masukan setting dari blogspot ke domain seperti awal dulu.
3. Kelola DNS masuk login ke penyedia domain, sesuaikan setting Cname nya
4. Save pastikan sudah benar, setelah itu ditunggu proses propogansi, dan cek secara berkala, kalau dari pengalaman kurang lebih 2jam sudah bisa.

Setelah berhasil domain otomatis akan tersetting semula http://www.jaya-trans.com menjadi https://www.jaya-trans.com

Kalau dapat saya menyimpulkan permasalahan tidak bisa setting dari http ke https adalah ada perubahan pada setting cname, dikarenakan domainnya renewal setting baru lagi. caranya cukup simple tinggal dirubah disesuaikan dengan cname yang baru, tetapi harus dialihkan dulu ke blogspot.

Belum sempat melaporkan ke bos, sudah whatsapp duluan "bagaimana pak sudah bisa websitenya" dengan cepat saya pun  menjawabnya "sudah pak, nanti sambil berjalan tinggal diperbaiki yang hal-hal lainnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk DONASI Klik disini
Buka Komentar