Skip to main content

follow us

Kelebihan menggunakan Komentar Blog dari Blogger dan Disqus

Postingan lanjutan dari sharing pembahasan sebelumnya pada judul Manfaat Blogger Sering Blogwalking dan Postingan blog banyak komentarnya

Didalam blog kita bisa menyedikan form komentar, ada berbagai pilihan dari komentar menggunakan facebook, disqus dan blogger serta model form komentar lainnya.

Seringkali ditanyakan bagus mana, mudah mana dari beberapa pilihan form komentar yang ada ?

Kali ini coba membahasnya bukan kata dia atau mereka, ini dari sudah pandang saya sendiri, dari apa yang saya rasakan, kalau ada yang berbeda pendapat, jangan diperdebatkan, ikut saja rasamu, enak yang mana lakukan, bukankah begitu.

Pengalaman berkata, waktu itu saya ingin merubah form komentar dari facebook keblogger, coba konsultasikan ke pembuat template, jangan blogger belum valid untuk template AMP, template yang saya gunakan memang template AMP, dan karena belum valid saya pun urungkan niatnya mengganti form komentar ke pengaturan blogger.

Kenapa diganti gus ?

Sebelumnya komentar yang tepasang di template blog saya nulislagi.com tersetting menggunakan facebook, nah disini loadingnya waktu buka komentar "ampun lama", ga sabar, kemudian ada beberapa masukan dari teman-teman blogger, mau komentar kesulitan, akhirnya pada mengurungkan niat meninggalkan komentar dipostingan blog saya.

Lambat laun ga enak juga, postingan tanpa komentar, segeralah saya edit untuk merubahnya, keinginan waktu itu saya ingin ganti default blogger, karena sepertinya mudah, komentar menggunakan blogger, karena rata-rata pembaca punya akun gmail, jadi bisa turut serta berkomentar, pada intinya pembaca akan lebih mudah berkomentar di blog.

Coba browsing kesana kemari, baca artikel satu ke artikel lainnya tidak ada panduan yang bisa membuat saya paham mengaplikasikannya, akhirnya coba kirim email ke pembuat template Mas Adhy Suryadi, dijawablah disarankan "menggunakan disqus, kalau blogger belum support template AMP", katanya seperti itu

Setelah saya setting, berhasil dari komentar facebook sudah berubah menjadi komentar disqus, ternyata cukup mengasyikan juga menggunakan komentar disqus, meski tidak semua punya akun disqus, kelebihannya adalah terdapat notif jika ada balasan komentar, contohnya saya komentar di blog teman menggunakan disqus, ketika komentar saya ditanggapi saya bisa tahu ada pemberitahuan notif, ini penting sekali bermanfaat. jika dibandingkan dengan komentar blogger, kita harus balik lagi ke blog yang kita komentari, apakah komentar saya ditanggapi atau tidak.

Dengan begitu interaksi melalui komentar disqus ini lebih terjaga, komunikasi bisa lebih intens, seperti di media sosial ketika ada komentar ada notif pemberitahuan masuk.

Kesimpulan

1. Kelebihan menggunakan Komenter Blog dari Blogger, memudahkan pembaca meninggalkan komentar, karena pada umumnya kebanyakan teman-teman blogger dan pembaca umumnya memiliki akun gmail, sehingga lebih mudah memberikan komentar.

2. Kelebihan menggunakan Komenter Blog dari Disqus, lebih inteaktif saja, karena setiap ada tanggapan ataupun komenter, kita bisa tahu melalui notif yang masuk ke email, kekurangannya tidak semua punya akun disqus, tapi ini tidak masalah karena akun disqus bisa dibuat dalam beberapa menit saja, anda bisa lebih cepat membuat akun disqus dengan sig in menggunakan akun gmail, twitter ataupun akun facebook anda.

Demikian, semoga ada hal-hal yang bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Blog Archive