Skip to main content

follow us

Mengoptimalkan Usaha Yang Ada

Usaha toko dirumah sudah berjalan kurang lebih 4 tahun tapi perkembangannya begitu-gitu saja, usaha ini adalah sambilan istri dirumah, niatnya memang tidak muluk-muluk, selain untuk kebutuhan sendiri biar tidak usah bolak-balik kewarung, selain itu biar sama tetangga ini kenal, bayangin tidak buka toko, sama tetangga bisa jarang komunikasi.

Waktu berjalan, saya hanya sebagai penonton saja, 100 persen saya biarkan biar istri yang mengelola, meski saya membantu juga, seperti kulakan dan juga melayani kalau ada pembeli, maksud saya tidak memperhatikan, ikut berpikir bagaimana mengembangkan tokonya.

Suatu saat ada celetuk teman, toko yang ada dikembangkan saja, tapi saya abaikan begitu saja, karena berpikir, market di kampung terbatas, hanya tetangga saja, sepertinya tidak bisa diandalkan, maka dari itulah salah satu pertimbangan yang membuat saya jadi penonton saja, tidak fokus omzet, tetapi mendapatkan manfaat seperti diatas yaitu untuk kebutuhan sehari-hari bisa ambil ditoko dan bisa srawung dengan tetangga.

Saya lebih memilih menikmati usaha jualan online dan sebagai blogger, jemput rezeki didunia maya, dan memang cukup menarik, penghasilan yang didapatkan berkali-kali lipat dari laba toko dirumah.

Sekilas dalam perjalanan sering teringat nasehat teman "yang ada dikembangkan" saya pun coba memberikan perhatian untuk ikut serta mengelola toko tersebut.

Disela-sela waktu coba saya tata layoutnya, komputer saya pindahkan ditoko untuk aktivitas blogging dan optimasi jualan online, dan saya jaga kebersihan tokonya.

Kemudian keuntungan dari jualan online, sebagian saya alihkan untuk pengembangan toko, seperti membeli menambah tabung gas, tambah galon, kemudian menambah usaha lainnya seperti PPOB all pembayaran.

Sampai disini saya belum begitu memikirkan toko secara penuh bagaimana caranya biar berkembang, karena memang kegiatan sebagai karyawan dan juga bisnis online sudah menguras waktu tenaga dan pikiran.

Hari ini saya terinspirasi sebuah tayangan di youtube wawancara pasutri dalam mengembangkan usahanya, suami yang mengolah mengoptimalkan produk istrinya, sang suami sibuk dengan bisnisnya sendiri yang juga sudah sukses.\

Waktu berjalan sang istri yang terus merayu agar produknya dioptimalkan, pada akhirnya disanggupi oleh suaminya yang sudah berpengalaman didunia digital marketing.

Hasilnya dari produknya yang nganggur tidak laku menjadi beromzet milyaran.

Dari sinilah saya terinspirasi dan mencoba mengoptimalkan usaha toko yang sudah ada, kalaupun lingkungan toko didesa terbatas, bisa dioptimalkan dengan promosi didunia maya.

Yang saya lakukan pun sama, saya buat konten promosi semenarik mungkin, lebih mengoptimalkan produk-produk ditoko yang bisa dipasarkan lebih luas lagi.

Targetnya adalah agar orang datang langsung ke toko saya, dan ternyata hasil promosi online ada juga yang datang ke toko dan Alhamudillah juga kembali membeli lagi repeat order, meski baru sedikit yang datang langsung ini memberikan semangat saya untuk mengoptimalkan toko usaha istri saya.

Meski lokasinya didesa, ternyata berpeluang juga didatangi orang untuk membeli barang yang kita promosikan, saya bisa manfaatkan grup facebook lokalan untuk mempromosikan produk ditoko saya.

Upaya saya lakukan untuk mengoptimalkan toko saya, salah satunya cari mitra langsung dari produsen, kemudian melihat peluang yang ada, digarap, seperti misalnya bulan ramadhan ini menarik perhatian dan menjadi kebutuhan adalah takjil, toko saya pun menerima pesanan itu dan takjilnya membuat sendiri, lalu saya promosikan.

Kemudian kondisi terkini lagi trend masker kain, saya pun berkerjasama dengan UMKM lalu memasarkan melalui toko saya.

Tokonya saya beri nama Toko Faiz Jebed Utara, Jebed Utara adalah nama desa, sehingga memudahkan orang untuk menuju alamat toko, untuk mengoptimalkan upaya lain saya lakukan adalah dengan membuat titik lokasi di google maps, dengan begitu ketika ada yang baru pertama kali ke toko faiz saya berikan link google mapsnya.

Kesimpulan

Mengoptimalkan usaha yang ada meski lokasi usaha berada di desa, sekarang ini sudah ada internet, dengan lokasi yang jelas bisa menjadi penguat dalam mempromosikan tokonya didunia maya, orang akan lebih percaya untuk membeli karena alamatnya sudah jelas tertera.

Upaya-upaya bisa dilakukan untuk mengoptimalkan usahanya yaitu dengan mempromosikan usaha  secara online contohnya di grup facebook lokal, kemudian membuat titik lokasi di google maps.

Mengoptimalkan Usaha Yang Ada toko yang saya miliki dengan mencari mitra langsung produsen selanjutnya setelah persediaan produk oke, saya bisa optimalkan dengan iklan facebook berbayar.

Kalau anda sendiri, adakah saran masukan bagaimana mengoptimalkan usaha yang ada agar tumbuh berkembang ?

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Blog Archive