Pengadaan Software Untuk Perusahaan Pemborosan atau Penghematan

Pengalaman bekerja disebuah lembaga dimana setiap tahunnya diaudit oleh akuntan publik, sebagai petugas akuntan publik sepertinya secara tidak langsung bertanggungjawab dalam tumbuh kembangnya perusahaan, tidak hanya catatan pembukuan yang sudah wajar sesuai dengan ketentuan.
Tahapan demi tahapan ketika laporan keuangan sudah disusun dengan baik, selanjutnya adalah melakukan evaluasi kinerja perusahaan, mana yang kurang auditor akan memberikan saran masukan kepada  pimpinan perusahaan tersebut.

Seperti yang saya alami juga demikian, ketika pembuatan laporan keuangan sudah sesuai, merambah ke hal-hal dipandang perlu perbaikan.

Salah satu yang dilakukan auditor tersebut adalah melakukan pencatatan berbasis teknologi harapannya lebih cepat dalam penyusunan keuangan dan akurat yaitu dengan menggunakan software.
Software tersebut pun tidak ditawarkan gratis, kemudian pertanyaan saya apakah software untuk perkantoran seperti software keuangan, software absensi, software payroll ini pemborosan atau penghematan.

Setelah audit itu mempresentasikan salah satu softwarenya penangkapan saya, software tersebut diperuntukkan agar pekerjaan lebih cepat sehingga hemat waktu dan hasilnya lebih bagus.
Bisa dimungkinkan lebih hemat, jika diaplikasikan lebih optimal didukung SDM yang memadai, yang awalnya ada biaya lembur, karena dengan bantuan software pekerjaan lebih cepat, terdapat penghematan biaya lembur.

Sebaliknya jika software tersebut bagus tapi SDM tidak memadai, sehingga penggunaan tidak optimal hasilnya tidak lebih baik, maka pengadaan software ini bisa jadi pemborosan.
Akan tetapi dalam perkembangannya serba teknologi, SDM harus mengikuti perkembangan jaman, mau tidak mau harus ahli mengoperasionalkan software untuk mendukung pekerjaan kantoran.
Untuk menambah wawasan tentang software perkantoran berikut ada beberapa software yang perlu kita ketahui dan perlu untuk diaplikasikan di perusahaan

1. Software Payroll

Software payroll adalah program sistem penggajian yang memudahkan perusahaan, khususnya bagian HRD dalam melakukan penghitungan dan pembayaran gaji kepada sejumlah karyawan diperusahaannya

Manfaat dari software ini sendiri Dengan software penggajian ini, perusahaan dapat dengan mudah dan cepat menghitung take home pay yang harus dibayarkan kepada karyawan berdasarkan perhitungan data absensi atau kehadiran pegawai, lembur karyawan, tunjangan, iuran, insentif, dan bonus. Selain itu, software ini juga mampu menghitung pajak penghasilan, potongan pinjaman dan potongan-potongan lainnya,

Jadi dengan bantuan software payroll SDM yang bertanggungjawab dalam hal penggajian ini bisa meminimalisir kesalahan penghitungan

Kemudian ada pertanyaan, apa software payroll terbaik?
Referensinya ada Krishand Payroll,  dengan software ini anda bisa mengelola proses penggajian karyawan, mulai dari pencatatan data pegawai, transaksi lembur, rangkuman absensi, transaksi medical (pengobatan), potongan pinjaman, perhitungan PPh 21 bulanan, sampai proses pelaporan SPT Tahunan PPh 21. Aplikasi Krishand Payroll dapat mengeluarkan e-PaySlip, file transfer gaji untuk diupload di sistem e-banking, e-SPT, dan lain-lain.

Program Krishand Payroll sudah familiar di berbagai perusahaan dari berbagai jenis bidang usaha, mulai dari perusahaan jasa, dagang dan manufaktur. Dengan dukungan harga software payroll yang murah dan dilengkapi oleh fitur-fitur bagus dan handal, hal ini menjadikan software Krishand Payroll sebagai pilihan utama bagi banyak staff HRD perusahaan saat memutuskan untuk membeli sistem payroll.

Dengan bantuan software krishand payroll ini akan mempermudah pekerjaan, hasilnya adalah
- Slip Gaji (user defined).
- Daftar Penghasilan Bulanan/Tahunan (user defined).
- Daftar Transfer Bank (user defined).
- Bukti Pemotongan PPh 21/26, 21 Final.
- SPT Masa PPh 21/26 dan Daftar Bukti Pemotingan PPh 21/26.
- Formulir pelaporan PPh 21 (formulir 1721, 1721-I, 1721-II, 1721-III, 1721-IV, 1721 A1).
- Laporan Jurnal Gaji
- Laporan Saldo Pinjaman pegawai.
- Laporan Rincian lembur pegawai.
- Laporan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan
- Laporan Man Power untuk keperluan analisa sumber daya manusia (SDM)
- Laporan rincian perhitungan PPh 21 Ditanggung Pemerintah
- Sebagian laporan dapat disajikan dalam format Excel
- Dan laporan-laporan pelengkap lain untuk keperluan internal.
Jadi bisa disimpulkan jika penggunaan software payroll ini akan terjadi penghematan, karena proses kerja lebih cepat

2. Software Absensi

Salah satu kedisiplinan kehadiran karyawan ini memang perlu diperhatikan, kalau dulu masih konvensional keakuratannya masih diragukan, dengan bantuan software absensi akan menghasilkan pelaporan absensi karyawan yang lebih canggih.

Berikut sekilas review tentang software absensi, Apa itu software absensi ?
Software absensi adalah suatu sistem komputer yang digunakan oleh HRD perusahaan untuk melacak jam kerja pegawai meliputi jam datang, jam pulang, lama telat, lama lembur, cuti, shift kerja, dan lain-lain. Data kehadiran yang didokumentasikan akan digunakan dalam perhitungan gaji.

Jadi bisa dibilang software ini terkai dengan software payroll diatas dan rekomendasinya untuk memudahkan menggunakan Software Krishand Absensi.

Kesimpulan

Dapat saya menyimpulkan pengadaan software untuk perkantoran perusahaan ini perlu untuk sebuah kemajuan perusahaan, dari sisi keuangan pendapat saya penghematan, dengan penggunaan software ini harapannya tidak ada masalah lagi dalam hal penggajian karyawan, sehingga perusahaan bisa lebih fokus lagi dalam pengembangan perusahaannya.


Terima kasih sudah berkunjung ke blog nulislagi.com, baca juga artikel postingan yang sedang diunggulkan, baca pada Cara Membersihkan Kotoran Kerak keramik yang Membandel. jika bermanfaat dapatkan postingan terbaru blog ini dengan subscribe (ada diatas halaman ini), masukan email, get email notifications dan selanjutnya cek email verifikasi dan oke selanjutnya anda akan mendapatkan update postingan terbaru melalui email anda.



Comments

Popular posts from this blog

Contoh Peraturan Tata Tertib Karyawan

Daftar Catatan Barang Lengkap Warung Sembako

7 Alasan Kenapa Lebih Memilih Eskul PMR (Palang Merah Remaja)

Alasan Masuk Ekstrakurikuler PMR (PALANG MERAH REMAJA)

Contoh Kalimat Promosi Ekskul PMR