3 Kiat Mendongkrak omzet usaha sembako dari rumah


Usaha sembako dari rumah seringkali berpasrah diri dikarenakan target pasarnya hanya sekeliling rumah saja.

Sekiling rumah saja terkadang masih belum optimal, masih ada tetangga yang tidak membeli kebutuhan sehari-harinya di toko sembako yang dekat.

Berikut ini coba sharing kiat-kiat dalam mendongkrak omzet usaha warung atau toko sembako dari rumah.

1. Buat satu atau dua daya tarik

Maksudnya daya tarik adalah jual produk yang ditoko lain itu tidak ada, adanya hanya ditempat anda, jika kesulitan anda bisa jual salah satu produk yang murah dan stoknya banyak.

Dengan cara ini akan menarik pembeli, dengan begitu kemungkinannya orang yang membeli akan membeli produk lainnya ditoko sembako anda.

Karya seni anda bagaimana toko anda memiliki daya tarik atau hal yang menonjol yang membuat orang mau datang ke toko anda.

Contoh seperti yang saya lakukan toko dilingkungan saya belum ada yang jual es krim, saya jual es krim dan ternyata cukup laris, dan perhatian saya ketika satu laris produk lainnya pun ikut laku.

Kemudian contoh lain yaitu menganalisa kebutuhan sekitar yang pokok, misalnya beras sama telur, maka saya buat stok itu agak banyak dan harga kompetitif, hasilnya ada juga pembeli yang jarak rumah ke toko lumayan, memilih membeli ditoko saya, bahkan berpengaruh dari mulut ke mulut datang temennya ke toko saya untuk membeli telur.

Contoh lainnya dengan melengkapi pembayaran online, ini seringkali orang sayang modal untuk membeli print hanya untuk cetak struk pembayaran online, akhirnya hanya bisa jualan pulsa ditoko sembakonya, sedangkan kewajiban bulanan seperti listrik dan PAM ini sudah jelas targetnya dan repeat order, ketika diketahui ditoko kita melayani pembayaran online dan ada print out struk pembayaran orang akan memilih yang dekat.

Jadi kesimpulannya adalah toko memiliki daya tarik, ketika sudah ada yang dikenal maka produk lainnya juga akan laku dan imbasnya omzet toko sembako pun naik.

2. Jangkau pasar lebih luas

Tidak hanya dalam satu desa, antar desa bahkan sekabupaten sekota dimana toko sembako anda berada bisa dioptimalkan, caranya adalah dengan mempromosikan online di facebook, status whatsapp kemudian melayani layanan pesan antar.

Posting produk anda di medsos maka akan terlihat oleh orang-orang didunia maya, misalnya saja di grup facebook Pemalang, karena toko saya beralamat di Pemalang, digrup ini anggotanya ada seratus ribu orang lebih, cukup potensial mendatangkan pembeli dan mengenalkan toko anda.

Kemudian, onlinekan usaha anda, dengan cara buat halaman website seperti yang saya lakukan, sebelumnya sudah saya ulas dapat dibaca pada postingan sebelumnya berjudul Alasan toko sembako perlu dibuatkan Landingpage

3. Cermat menangkap peluang

Misalnya pada ramadhan permintaan jajanan ini kebutuhan meningkat, misalnya buat parcel lebaran, atau jajanan cemilan , karena sudah melakukan kiat nomor satu dan nomor dua, produk baru yang kita sediakan akan terlihat oleh pelanggan toko dan berpeluang sesuatu yang baru akan menarik untuk dibeli.

Contoh yang saya lakukan dengan menambah aneka cemilan dan membuat label sendiri dengan nama toko faiz snack.

Itulah ketiga kiat dalam upaya meningkatkan omzet usaha toko sembako, anda pun bisa menambahkan kiat lainnya di kolom komentar di bawah.

Support Blog ini dengan berkunjung dan berbelanja online di situs www.lapakdigital.web.id klik disini Informasi Produk Digital, produk rumahan, peluang usaha online



Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

7 Alasan Kenapa Lebih Memilih Eskul PMR (Palang Merah Remaja)

Daftar Catatan Barang Lengkap Warung Sembako

Alasan Masuk Ekstrakurikuler PMR (PALANG MERAH REMAJA)

Macam-macam Rokok yang dijual di Warung Sembako

Download Teks Pancasila