Kamu Kpopers? Yuk Merapat Biar Bisa Ngobrol Sesama Kpopers di Fandom!



Tak bisa dipungkiri. Kehadiran Kpop menjadi daya tarik tersendiri di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. di tanah air, banyak sekali yang menjadi penggemar artis korea selatan. Mereka biasanya memiliki komunitas masing masing sesuai siapa yang diidolakan. Contohnya para fans grup boyband BTS, menyebut diri mereka ARMY dan lain lain. 


Para penggemar ini membentuk semacam komunitas Fans atau disebut Fandom. Mereka bisa saling berkomunikasi hingga berbagi informasi dan memperbincangkan idola mereka melalui berbagai platform.


Lalu  apa sih  sebenarnya makna Fandom sebenarnya bagi penggemar Kpop? berikut akan diulas lengkap apa itu fandom dan contohnya di Indonesia, simak selengkapnya berikut ini.

 


Fandom Kpopers

 

Fandom sendiri merupakan sebuah istilah yang memang erat kaitanya dengan Kpop. Fandom sederhananya diartikan sebagai Fans alias Kepenggemaran (bahasa Inggris).


Fandom juga diartikan basis atau himpunan dari fans atau penggemar. Bagi kalangan penggemar Kpop, istilah Fandom sedikit banyak sudah dipahami lebih luas. Penyebutanya abreviasi dari fan kingdom, yang mengacu pada kelompok fans artis korea. Untuk di korea selatan sendiri lazimnya tiap artis punya penyebutan sendiri sendiri.


Nah sekarang kamu sudah tahu apa itu fandom dan kaitanya dengan kpop serta artis korea. Berikut ini contoh nyata pemaknaan Fandom Kpop di Indonesia.


Fandom dari BTS adalah ARMY


Contoh Fandom pertama adalah Army. Army merupakan sebutan untuk para penggemar grup BTS. Army sendiri merupakan kepanjangan dari Adorable Representative M.C for Youth. para Fans BTS yang tergabung dalam Army konon jumlahnya mencapai 40 juta anggota sedunia. Mereka sangat loyal dan militan mendukung  sang idola, BTS.


Fandom dari Twice adalah Once


Contoh fandom kedua, adalah Once. Once adalah sebutan untuk para penggemar grup musik Kpop Twice. Di Indonesia banyak juga fandom Once.


Fandom Seventeen: Carat


Contoh Fandom ketiga, Carat. Carat adalah sebutan untuk para penggemar Seventeen. Dinamai Carat karena bagi Seventeen sendiri penggemarnya begitu berharga layaknya ukuran permata berharga. 


Panggilan Penggemar Monsta X: Monbebe


Contoh Fandom berikutnya, adalah Monbebe. Monbebe adalah sebutan untuk penggemar Monsta X. Berasal dari bahasa Perancis, Monbebe artinya cintaku. 


Penggemar dari TXT: M.O.A


Contoh fandom berikutnya adalah M.O.A atau Moments of Alwaysness. M.O.A merupakan sebutan bagi penggemar boyband Korsel bernama

Tomorrow by Together atau TXT. Grup ini berharap dengan nama M.O.A penggemar mereka bakal selamanya ada.


Aplikasi Untuk Para Fandom Kpop


Kalau kamu Kpopers sejati, pastinya sudah tahu aplikasi yang biasanya digunakan untuk 'terkoneksi' dengan artis korea idola kamu. Beberapa aplikasi berikut cukup populer digunakan oleh para fans Kpop. Diantaranya adalah aplikasi V – Live Broadcasting App, Naver, Dailymotion,KPOP, Soompi, Kakaotalk, SMTOWN official Aapplication, Mwave, 

KBS World dan aplikasi SBS On Demand.


Aplikasi ini bisa diunduh di playstore maupun Appstore. Prinsipnya sama. Disana terdapat berbagai menu dan fitur seperti live streaming idola kamu, jadwal panggung, hingga tersedia fitur fitur keren lainya seperti voting  dan masih banyak lagi. 


Nah itulah beberapa arti fandom, dan contoh fandom alias komunitas penggemar artis korea. Selain nama diatas, masih ada beberapa contoh nama fans artis korea di tanah air seperti Reveluv, yang merupakan Fans dari Red Velvet. 


Ada juga MIDZY, sebutan untuk penggemar ITZY, NCTzen untuk penggemar NCT dan Shawol, sebutan untuk penggemar grup idol korea bernama Shinee.


Biasanya, masing masing fandom (fans) membentuk semacam komunitasnya sendiri sendiri. Saling berkomunikasi sesama fans melalui berbagai cara dan platform. Hal hal yang biasanya didiskusikan oleh para fandom ini beragam. Utamanya seputar idola mereka.


Nah buat kamu nih para kpopers yang kepo-kepo tentang dunia kpop, jangan bingung dan jangan risau kalau ingin mencari tahu seputar kpop bisa nonton aja di goplay ada di channel https://goplay.co.id/profile/fandom.



Support Blog ini dengan berkunjung dan berbelanja online di situs www.lapakdigital.web.id klik disini Informasi Produk Digital, produk rumahan, peluang usaha online



Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Catatan Barang Lengkap Warung Sembako

Contoh Peraturan Tata Tertib Karyawan

Download Teks Pancasila

7 Alasan Kenapa Lebih Memilih Eskul PMR (Palang Merah Remaja)

Letak Lambang Palang Merah Remaja Pada Seragam Sekolah