Eksotis dan Bercorak Unik, Ini jenis-jenis Ikan channa yang Cocok untuk Mempercantik Ruangan

Eksotis dan Bercorak Unik, Ini jenis-jenis Ikan channa yang Cocok untuk Mempercantik Ruangan
Eksotis dan Bercorak Unik, Ini jenis-jenis Ikan channa yang Cocok untuk Mempercantik Ruangan

Ikan channa atau ikan gabus populer sebagai ikan air tawar yang eksotis dan memiliki corak unik. Selain coraknya yang cantik, warnanya juga beragam sehingga cocok untuk mempercantik interior dalam ruangan. 

Di Indonesia, ikan gabus hias seperti Channa Limbata dan Channa Barca kerap dipelihara untuk mempercantik tampilan rumah.


Jenis-jenis Ikan Channa

Para pencinta ikan hias banyak memburu ikan cantik ini karena corak dan warnanya yang beragam.  Ukurannya yang bervariasi juga bisa disesuaikan dengan ukuran aquarium yang kamu punya dirumah.

Meski tergolong ikan predator air tawar, ikan ini bisa dikonsumsi karena memiliki rasa yang lezat dan bagus untuk kesehatan. Kamu tertarik memeliharanya? Yuk, ketahui jenis-jenis ikan gabus hias berikut ini!

1. Channa Barca

Pertama, ada Channa Barca yang bisa tumbuh hingga 90 cm dan panjang rata-ratanya 70-80 cm. Habitat asli ikan ini yaitu di lembah sungai Brahmaputra, tepatnya timur laut India dan juga Bangladesh. 

Ikan punya banyak penggemar baik di Indonesia dan di luar negeri ini menjadi salah satu jenis ikan gabus yang termahal di Tanah Air. Harga ikan Channa jenis ini bahkan mencapai puluhan juta.Dan untuk setiap sentimeternya dihargai dengan hitungan 1 juta. 

2. Channa Argus

Ikan yang biasa disebut dengan ikan gabus utara ini mempunyai ciri khas unik yaitu bercak hitam yang ada di bagian tubuhnya. Ikan yang bisa tumbuh hingga berukuran 1 meter ini dianggap sebagai spesies ikan yang invasif.

Habitat asli ikan  yang bisa ditemukan di Rusia, Korea Utara, Tiongkok dan Korea Selatan ini berada di Sungai Amur hingga ke Pulau Hainan. Harga Channa Argus mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

3. Channa Auranti

Ikan gabus ini berukuran sekitar 40 cm dengan warna tubuh coklat. Channa Auranti juga memiliki corak vertikal berupa garis-garis berwarna oranye. Sama seperti Channa Barca, Channa Auranti juga dibanderol dengan harga puluhan juta rupiah. 

Karena mirip dengan Channa Barca, beberapa penjual yang nakal menjual ikan ini sebagai Channa Barca. Namun perbedaan dari kedua ikan tetap bisa terlihat terutama dari bentuk kepala ikan Channa Auranti dan sirip ikan ini yang lebih besar 

4. Channa Bankanensis

Ikan yang satu ini memiliki warna tubuh coklat dan corak khusus berupa bercak-bercak berwarna hitam. Ikan ini cukup cantik untuk menghias aquarium dalam rumah. Channa Bankanensis memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil jika dibandingkan dengan spesies ikan gabus lainnya, yaitu hanya 20 cm saja dengan maksimal ukuran mencapai 24 cm. 

Ikan yang bisa ditemukan di perairan Malaysia dan Indonesia ini harga mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

5. Channa Andrao

Berikutnya ikan gabus hias yang tak kalah unik dan bisa dijadikan pilihan yaitu Channa Andrao.Jika kamu memiliki akuarium yang ukurannya relatif kecil, maka ikan mungil ini bisa menjadi pilihan tepat. 

Channa Andrao menjadi salah satu spesies ikan gabus hias yang terkecil karena ukurannya hanya 11 cm. Channa Andrao memiliki warna yang sangat unik, yaitu abu-abu kecoklatan dan juga memiliki sirip berwarna biru. Harganya mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

6. Channa Asiatica

Berikutnya, ada Channa Asiatica biasa yang disebut dengan chinese snakehead atau green snakehead. Sesuai namanya, habitat asli ikan yang satu ini yaitu di Tiongkok, tepatnya di lembah dari sungai Chang Jiang dan  sungai Xun. 

Corak khusus dari ikan ini yaitu red spot dan white spot yang bisa tumbuh hingga mencapai 35 cm. Hati-hati jika kamu memeliharanya di rumah, karena ikan ini cukup agresif terhadap spesies ikan yang lainnya. Jadi, sangat disarankan untuk mengeluarkan ikan ini saat proses pemijahan.

Beli Ikan Channa Terbaik di Shopee

Itulah 6 jenis ikan Channa yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mempercantik ruangan di dalam rumahmu. Dengan ukuran ikan Channa yang beragam, semua akan bisa disesuaikan dengan ukuran dari  akuarium yang kamu punya di rumah. 

Meski cantik dan bercorak unik, kamu perlu mengetahui sifat dan karakter spesies ini yang cukup agresif.  

Beli Ikan Channa di Promo 12.12 Shopee

Tertarik untuk membeli ikan Channa? Bagi kamu para pecinta ikan hias, kamu bisa membeli ikan Channa Limbata dan Channa Barca di Shopee. Kamu juga bisa mendapatkan pelet ikan dan berbagai perlengkapan akuarium di Shopee lho! Ikuti promo 12.12 di Shopee untuk membeli ikan Channa lebih hemat dengan diskon menarik dan voucher gratis ongkir!

Advertisement