logo blog

Ternyata Menyalakan Lampu Saat Tidur itu Nggak Boleh! Ini 4 Bahayanya

Ternyata Menyalakan Lampu Saat Tidur itu Nggak Boleh! Ini 4 Bahayanya



Menyalakan-Lampu-Ketika-Tidur

Ada beberapa orang yang lelap ketika lampu dinyalakan, sebaliknya ada yang tidak bisa tidur ketika lampu dimatikan. Kebanyakan orang yang menyalakan lampu ketika tidur disebabkan perasaan takut atau phobia dengan gelap. Dan cahaya yang terang membuat perasaan lebih tenang sehingga dapat tidur. Namun, apakah Anda tahu ada bahaya menyalakan lampu saat tidur?

Studi terbaru menjelaskan bahwa menyalakan cahaya buatan atau lampu ketika tidur  menurunkan kerja tubuh. Sehingga membuat tubuh lebih mudah lelah. Selain itu masih ada bahaya lainnya. Ini dia bahaya menyalakan lampu saat tidur yang perlu Anda pertimbangkan.

Tubuh Menjadi Lebih Lemah
Ternyata selain hemat listrik, mematikan lampu ketika tidur sangat baik untuk tubuh. Sebaliknya, menyalakan lampu saat tidur akan membuat tubuh lebih lemah. Itu karena pengaruh cahaya buatan yang mengakibatkan tulang menjadi lebih rapuh dan otot layu. Apalagi untuk orang yang sudah manula lebih baik mematikan lampu agar terhindar dari osteoporosis.

Mata Menjadi Perih dan Pegal
Cahaya lampu yang terang mengakibatkan mata menjadi cepat lelah. Mata juga akan menjadi perih dan pegal ketika Anda mencoba terpejam atau membuka mata keesokan harinya. Ini disebabkan karena otot kelopak mata tegang dan tidak rileks. Karena itulah, lebih baik mematikan lampu ketika tidur.

Produksi Melatonin Terhambat
Enzim melatonin sangat berperan untuk menangkal pertumbuhan sel tumor dan kangker pada tubuh manusia. Dengan menyalakan lampu saat tidur, produksi melatonin menjadi terhambat.

Berisiko Berbahaya pada Manula
Bahaya menyalakan lampu saat tidur berisiko berbahaya pada manula. Peneliti mengatakan, sekitar 75 persen populasi dunia berada mendapatkan perawatan intensif disebabkan paparan cahaya lampu pada malam hari secara konstan. Jadi, lebih baik mengurangi risiko ini dengan mematikan lampu.


Jika Anda sudah terbiasa menyalakan lampu ketika tidur, lebih baik mulai sekarang membiasakan mematikan lampu. Gunakan lampu tidur yang cahaya yang lebih gelap, dan lama-kelamaan matikan lampu secara keseluruhan. Sehingga, bahaya menyalakan lampu saat tidur tidak akan menyerang Anda.


BACA JUGA


Share this:

No comments