logo blog

Inilah 3 Bahaya Makan Ati Ayam, Salah Satunya Penyebab Darah Tinggi

Inilah 3 Bahaya Makan Ati Ayam, Salah Satunya Penyebab Darah Tinggi



bahaya-makan-ati-ayam


Fungsi hati hewan termasuk ayam sama dengan hati manusia yaitu tempat menyaring racun pada tubuh. Fakta inilah yang membuat beberapa negara tidak menjadikan hati ayam sebagai kudapan. Melainkan dibuang begitu saja atau diberikan sebagai makanan ternak. Berbeda dengan negara kita, ada ati ayam merupakan bahan dasar dari berbagai kuliner. Mungkin Anda termasuk yang menyukai kuliner tersebut.
Sebenarnya, ati ayam memiliki berbagai kandungan baik seperti berbagai vitamin, folic acid, dan zat besi. Namun, memang benar ati ayam memiliki berbagai bahaya. Berikut 3 bahaya makan ati ayam yang perlu Anda ketahui.
1. Berisiko Membahayakan Janin dalam Kandungan
Ati ayam termasuk memiliki vitamin A yang tinggi, bernama retinol. Namun kebayakan retinon akan membahayakan janin dalam kandungan. Sehingga, sebagai ibu hamil perlu untuk mengatur porsi makan ati ayam, sehingga tidak berlebihan. Lebih baik lagi, kebutuhan vitamin A dapat digantikan dengan mengkonsumsi sayuran tinggi vitamin A, seperti brokoli dan wortel.
2. Berisiko Menghadirkan Penyakit Jantung
Semua jeroan, termasuk ati ayam terkenal dengan lemak jenuh serta kolesterol yang tinggi. Kedua kandungan tersebut merupakan pemicu utama penyumatan pada pembuluh darah yang mengalir ke jantung. Sehingga, darah yang mengadung oksigen tidak dapat mengalir sempurna ke seluruh tubuh. oleh karena itu, memakan ati ayam secara tidak terkontrol merupakan faktor utama hadirnya penyakit jantung pada seseorang.
3. Berisiko Menyebabkan Darah Tinggi
Kolesterol tinggi pada ati ayam merupakan kolestrol jenuh dan jahat. Mengkonsumsi ati ayam secara berlebihan dan terus menerus akan membuat kolesterol pada darah menumpuk dan kadarnya tinggi. Inilah faktor penyebab darah tinggi atau hipertensi. Bahkan lebih berbahaya lagi menyebabkan penyumbatan pembuluhan darah yang semakin lama akan pecah.
Menciptakan Perut Buncit dan Bergelambir
Sudah jelas ati ayam memiliki kolesterol tinggi dan lemak jenuh yang sulit dipecahkan. Dengan mengkonsumsi ati ayam dalam jumlah besar pastilah lemak akan terkumpul dalam tubuh, paling terlihat di perut. Perut akan tampak buncit dan bergelambir.

Kurang lebih itulah bahaya makan ati ayam. Namun sah-sah saja kok makan ati ayam, namun harus dikontrol dan dibarengi dengan olahraga dan mengkonsumsi makanan berserat. Sehingga, bahaya kandungan dalam ati ayam dapat dinetralisirkan.


BACA JUGA


Share this:

No comments