logo blog

Agar Uang Aman, Ketahuilah 5 Tips Terhindar dari Skimming ATM

Agar Uang Aman, Ketahuilah 5 Tips Terhindar dari Skimming ATM




tips-terhindar-dari-skimming-atm

Kasus kejahatan skimming ATM kembali marak di Indonesia. Bahkan di Kota Kediri, ada belasan nasabah melaporkan pada Bank BRI jika uang di rekening mereka raib. Padahal jelas-jelas mereka tidak melakukan transaksi. Tidak tanggung-tanggung, uang yang hilang sampai puluhan juta sampai ratusan juta. Berita ini begitu panas, membuat masyarakat tanah air was-was.
Karena itulah, agar uang Anda aman, ketahuilah 5 tips terhindar dari skimming ATM berikut ini.


Menjaga Kerahasian PIN ATM Anda ketika Bertransaksi

Ketika berada di dalam ATM dan akan bertransaksi, pastikan tidak ada yang mengetahui nomor pin Anda. Tutupilah dengan tangan satunya atau membungkuk ketika Anda sedang menekan nomor pin,  agar memastikan orang yang lain tidak melihat nomor PIN Anda. Ini juga menjadi cara untuk menghindari dari kamera tersembunyi yang dipasang pelaku di area ATM.

Jangan Memilih ATM yang Sepi

Mesin ATM yang tidak mengantri memang menyenangkan. Karena itulah banyak yang mencari ATM yang sepi. Padahal, ATM yang sepi sangat rawan kejahatan. Dengan penerangan yang redup juga pengawasan yang minim, mudah sekali bagi pelaku untu memasang alat skimming. Sehingga, lebih baik carilah ATM yang ramai atau dengan pengawasan yang baik.


Lebih Berhati-hati dengan Teratur Memeriksa Jumlah Saldo di Rekening

Melakukan pemeriksaan jumlah saldo pada rekening secara teratur akan membantu Anda untuk mengetahui ada atau tidaknya keanehan pada nominal yang dimiliki. Anda juga dapat mengetahui mengenai transaksi lewat mutasi. Jika ada transaksi yang tidak sesuai, segeralah lapor kepada pihak Bank, pastikan langsung ke Bank, sebab banyak sekali pelaku yang menyawar menjadi pegawai bank.

Minimumkan Mengakses Akun Bank Pribadi

Menimumkan mengakses akun bank pribadi ternyata cara yang ampuh untuk menjaga kerahasiaan ATM Anda. Sebab jika Anda terlalu sering mengakses akun bank pribadi, aktivitas tersebut ternyata rawan terjadi kejahatan skimming alias sangat mudah untuk dibobol.

Seringlah untuk Print Transaksi                    

Kebanyakan kita sering menggunakan ATM tetapi kurang menggunakan buku tabungan. Untuk berjaga-jaga, lebih baik print transaksi setiap bulan atau minggu agar Anda tahu debit dan kredit pada rekening Anda.
Nah, itulah 5 tips terhindar dari Skimming ATM. Semoga bermanfaat!



BACA JUGA


Share this:

No comments